Pro dan Kontra Teknologi 5G


Sudah bukan rahasia umum lagi jika Teknologi Jaringan 5G ini adalah teknologi terbaru yang memiliki kecepatan yang paling tinggi, telah diklaim mempunyai kecepatan 10 kali lipat lebih cepat dari 4G yang kita pakai sekarang.

Tapi, apakah Anda sudah tahu? Ternyata terdapat beberapa Pro dan Kontra menyangkut teknologi jaringan yang digadang-gadang akan menggantikan 4G ini. Lalu apa saja Pro dan Kontra Teknologi 5G ini? Baca artikel ini sampai habis untuk mengetahuinya!

Pro dan Kontra Teknologi 5G

Berdasarkan penjelasan yang Saya dapatkan dari Digital Trends disebutkan bahwa kecepatan internet menggunakan teknologi 4G bisa mencapai 1Gbps (Gigabit per detik), sementara itu 5G mempunyai kecepatan 10 kali lipat dari kecepatan 4G. Tentu saja ini akan semakin mempercepat proses download file Anda meski memiliki ukuran ekstra besar sekalipun.

Agar lebih jelas melihat perbandingan antara 2G sampai 5G, silakan lihat tabel perbandingan dibawah ini :

Tabel perbandingan jaringan 2G, 3G, 4G, dan 5G - Leafcoder.org

Keunggulan (Pro) Teknologi 5G


Tentu saja, semua teknologi dikembangkan untuk mengatasi kekurangan dari teknologi sebelumnya. Dibawah ini adalah beberapa Keunggulan dari Teknologi 5G yang wajib Anda ketahui. 

1. Kecepatan diklaim lebih cepat 10 kali lipat dibanding 4G

Untuk Anda yang hobi download,streaming, ataupun aktivitas lain di Internet yang membutuhkan kecepatan tinggi,inilah jawaban yang Anda nantikan. Dengan teknologi 5G, hanya butuh beberapa detik saja untuk menyelesaikan proses download sebuah film kualitas HD. So fast.

2. Tingkat latensi waktu lebih cepat

Sebelumnya, saat Anda menggunakan jaringan internet 4G, tingkat latensi waktu yang dimiliki adalah sekitar 10 detik, berbeda dengan 5G yang mempunyai latensi hanya 1 detik saja.

3. Koneksi yang lebih stabil

Jika saat menggunakan 4G, Anda pernah merasakan sinyal kurang stabil, kecepatan menurun, atau bahkan sinyal hilang, maka dengan 5G masalah-masalah tersebut tidak akan Anda rasakan kembali. 

Teknologi 5G menggunakan spektrum frekuensi super tinggi. Spektrum ini mempunyai jangkauan lebih pendek,tapi kapasitanya lebih besar. Ini yang membuat 5G lebih cepat dan lebih stabil daripada teknologi pendahulunya.

Agar lebih jelas lagi tentang perbandingan spektrum 5G pada perangkat sehari-hari, silakan lihat tabel dibawah ini.

Tabel perbandingan spektrum 5G pada perangkat sehari-hari - Leafcoder.org


Ada dua rentang frekuensi yang digunakan di 5G.Rentang pertama di bawah 6GHz atau sama seperti 4G LTE saat ini. Sementara rentang kedua di atas 6GHz, atau tepatnya 24-86 GHz yang disebut millimeter wave. 


Nah, setelah tahu tentang Keunggulan dari teknologi 5G diatas, selanjutnya adalah Kekurangan (Kontra) dari teknologi 5G akan segera Anda ketahui.

Kekurangan (Kontra) Teknologi 5G

Dampak langsung yang ditimbulkan dari teknologi 5G ini berhubungan dengan kesehatan pada tubuh manusia, seperti yang sudah dijelaskan oleh beberapa ilmuwan yang melakukan riset terhadap teknologi 5G ini. Hasil penelitian dari dampak yang bisa ditimbulkan dari teknologi 5G ini menyebutkan bahwa :

1. Sinyal 5G bisa mengakibatkan terjadinya pemutusan rangkaian DNA untai tunggal dan untai ganda (yang mengarah pada kanker) 

2. Terjadinya kerusakan oksidatif (yang menyebabkan kerusakan jaringan dan penuaan dini) dalam tubuh manusia 

3. Menyebabkan gangguan metabolisme sel tubuh

4. Berpotensi memicu kebocoran darah dalam otak 

5. Pengurangan melatonin (menyebabkan insomnia dan meningkatnya risiko kanker) 

6. Gangguan metabolisme glukosa otak 

7. Tubuh menghasilkan protein stres (mengarah ke berbagai penyakit)

Tentu saja, sangat berimplikasi dari manfaat yang sudah saya sebutkan diatas. Oleh karena itu, pengembangan teknologi 5G ini sampai saat ini masih berada di garis abu-abu. Pro dan kontra teknologi 5G dengan berbagai alasannya.


Nah itu dia sedikit informasi tentang Keunggulan dan Kekurangan Teknologi 5G (Pro dan Kontra) yang perlu Anda tahu. Jika ada pertanyaan atau ingin sekedar berdiskusi tentang artikel diatas, silakan tinggalkan pada kolom komentar dibawah ya. Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman jika dirasa Bermanfaat. 






Belum ada Komentar untuk "Pro dan Kontra Teknologi 5G"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel



Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel