Perbedaan antara Kereta Api Eksekutif Argo dan Satwa


Ada berapa jenis kereta api eksekutif yang beroperasi di Indonesia? Apa bedanya kereta api eksekutif argo dan kereta api eksekutif satwa? Pertanyaan ini akan Saya jawab sekarang juga, temukan jawabannya dengan membaca artikel ini sampai selesai. 

Kereta api merupakan angkutan transportasi darat berbasis rel dengan bantuan lokomotif diesel yang digunakan sebagai penggerak. Lokomotif diesel yang beroperasi di Indonesia seperti CC 201, CC 203, CC 204, CC 206.

Perbedaan antara Kereta Api Eksekutif Argo dan Satwa


A. Sekilas tentang PT Kereta Api Indonesia (PT. KAI)

PT Kereta Api Indonesia (KAI) pada awalnya merupakan perusahaan umum dengan sebutan Perumka pada tahun 1999. PT Kereta Api Indonesia dari tahun ke tahun mengalami kemajuan yang pesat pada tahun 1994, pengembangan kereta api secara komersil kelas eksekutif seperti argo bromo, argo gede, parahyangan sukses dengan pencapaian laba keuntungan yang terus meningkat pada tahun 1998. 

B. Perbedaan antara Kereta Api Argo dan Kereta Api Satwa


  • Kereta Api Eksekutif Argo

Kelas argo merupakan kereta penumpang kelas tertinggi dengan kapasitas penumpang 50 orang per kereta.

  • Contoh Kereta Api Argo

Berikut ini kereta api ekskutif argo seperti, argo bromo anggrek, argo lawu, argo muria, argo sindoro dan argo wilis. Asal mula penamaan argo menggunakan nama-nama gunung yang dilalui kereta tersebut. Seperti kereta api wilis relasi gambir – Surabaya gubeng PP, kereta ini melewati kota madiun yang jaraknya dekat dengan gunung wilis.

Interior tempat duduk pada kereta api eksekutif argo - Leafcoder.org
Eksterior kereta api eksekutif argo - Leafcoder.org


Armada yang digunakan saat ini untuk kelas argo, yaitu kereta steinless steel tahun 2018 - 2019 buatan PT INKA Madiun. Fasilitas yang tersedia disetiap kereta eksekutif yaitu, pijakan kaki (footrest), lampu baca, tirai gulung, stopkontak tersedia dua buah terletak dibawah jendela, kursi kulit yang ergonomis, reclining seat yang dapat diatur dengan sudut kemiringan hingga 50 derajat, meja lipat yang terletak pada arm rest  bagian kanan atau kiri, lubang audio jack 3,5 mm merupakan fasilitas tambahan yang tersedia pada kereta api tahun pembuatan 2018 keatas, bantal, penumpang kereta api kelas ekskutif dimanjakan dengan fasilitas selimut yang hanya bisa didapatkan pada perjalanan kereta malam hari, serta layanan entertainment berupa TV.

  • Kereta Api Eksekutif Satwa

Berbeda dengan jenis kereta api kelas argo, pada saat itu kereta api kelas satwa memiliki ciri khas yaitu jumlah penumpang 52 orang pada setiap kereta, namun tidak berlaku untuk saat ini kereta api satwa menampung 50 penumpang jadi jumlah penumpang kereta argo dan satwa jumlah penumpang setiap kereta sama.

  • Contoh Kereta Api Satwa

Berikut ini jenis kereta api satwa seperti kereta api gajayana, sembrani, turangga, bima, taksaka, dan bangunkarta.

Interior tempat duduk kereta api eksekutif satwa - Leafcoder.org
Eksterior kereta api eksekutif satwa - Leafcoder.org


Tambahan :

Selain Kereta Api Argo dan Satwa, ada satu jenis kereta yaitu kereta api eksekutif campuran, kelas ini merupakan kelas paling bawah dari argo dan satwa. Selain itu, sesuai namanya, kereta api kelas campuran dirangkai beberapa kelas menjadi satu rangkaian, seperti kelas bisnis atau ekonomi. Pada awalnya kereta ini memiliki target pasar pada kalangan menengah namun saat ini kereta tersebut menjadi opsi kedua jika penumpang kehabisan tempat duduk pada kelas argo/satwa. Durasi waktu perjalanan yang singkat dan tingkat kenyamanan yang tinggi merupakan keistimewaan dari kereta api eksekutif.

Untuk mendapatkan tiket Kereta Api Indonesia dengan mudah, kini Anda bisa mendapatkan dari berbagai website dan aplikasi smartphone, contohnya di website resmi KAI.id ataupun dengan menggunakan KAI Access di Smartphone Android dan KAI Access di Smartphone iOS Anda.


Itu dia penjelasan tentang Perbedaan antara Kereta Api Eksekutif Argo dan Satwa yang wajib Anda tahu. Liburan? Ingat Transportasi Kereta Api Indonesia siap membawa Anda ke destinasi pilihan.



Belum ada Komentar untuk "Perbedaan antara Kereta Api Eksekutif Argo dan Satwa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel



Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel