Tips Aman Berselancar di Internet


Tips Aman Berselancar di Internet, bagaimana agar aman browsing di internet? Dibawah ini adalah aneka tips aman menggunakan internet versi leafcoder.org yang wajib kamu tahu. Internet adalah tempat dimana kita bisa mengunjungi berbagai jenis website, sosial media, dan hal lain yang dilakukan didalam jaringan komunikasi global. Kita bisa mengakses internet menggunakan berbagai jenis device seperti komputer, laptop, smartphone dan mempunyai fitur jaringan didalamnya.

Tips Aman Berselancar di Internet



Sebelum mengetahui lebih jauh tentang tips aman berselancar di internet, akan dibahas terlebih dahulu tentang jenis-jenis website & social media yang ada di internet.

Website & Social Media pada Internet :

A. Blog & Microblog, contohnya : Blogger, Wordpress, dan Twitter
B. WIKI Site, contohnya : Wikipedia, Liquidpedia
C. Forum, contohnya : Kaskus, Bodybuilding
D. Video, contohnya : Youtube, Crunchyroll
E. Foto, contohnya : Flickr, Picasa, Freepik
F. Social Networking, contohnya : Facebook
G. Social Bookmarking, contohnya : Digg, Reddit, dan Delicious
H. Virtual Game, contohnya : Dota 2, Ragnarok
I. Chatting Apps : Whatsapp, Line, dan Telegram
J. Ecommerce : Lazada, Tokopedia, dan Shoppe

Pada website & social media diatas, kamu wajib melakukan registrasi / register, untuk beberapa aplikasi datamu tidak langsung diverifikasi tingkat validitasnya, banyak oknum yang membuat profil palsu dengan tujuan jahat, artinya tetap saja ada website & social media yang memiliki akuntabilitas 100%. Oknum ini adalah pembajak identitas yang menyalahgunakan website & social media dengan mencuri identitas yang pastinya akan merugikan.

Bagaimana cara melindungi diri agar tidak menjadi korban oknum ini? Ketahui beberapa kebiasaan penjahat online dibawah ini :

1. Email Hack
Cara paling mudah oknum penjahat online adalah dengan membajak / hacking emailmu. Setelah itu, mereka akan login ke website / social media dengan menggunakan emailmu dan menggunakan fasilitas “ Forgot password “ untuk mendapatkan password yang dikirim ke emailmu.
SOLUSI : Selalu amankan akun emailmu. Cara termudah adalah dengan rutin mengganti password emailmu. Jika ada email masuk dan meminta penggantian password dari pihak lain yang tidak kamu ketahui asal usulnya, jangan pernah menyetujuinya.

2. Stalking your life
Cara lain yang dilakukan oknum penjahat online adalah dengan menebak passwordmu dengan memonitor info spesifikmu di internet. Hal sederhana seperti menautkan nama pasanganmu, tanggal lahirmu, tempat lahir, ataupun hal lain yang menarik di profil social mediamu sebagai dasar menebak password akunmu.
SOLUSI : Jangan gunakan hal yang gampang ditebak sebagai password akunmu. Gunakan kombinasi yang susah ditebak. Cara terbaik adalah membuat password dengan kombinasi huruf besar, huruf kecil, dan symbol atau angka pada passwordmu.

3. Spyware
Penjahat online / penjahat internet akan mengirimkan program yang menarik / link untuk kamu kunjungi atau kamu download ke perangkatmu. Email tersebut bisa berisi program jahat yang disebut dengan keylogger. Program ini akan membuat apapun yang kamu ketikkan pada perangkat ( computer,laptop,ataupun smarphonemu) diketahui oleh mereka.
SOLUSI : Jangan pernah klik link apapun yang terlihat asing dan masuk kedalam inbox emailmu. Gunakan antivirus dan program keamanan internet yang sudah teruji baik / program bawaan sistem operasi dengan update terbaru. Aktifkan juga fitur keamanan pada browsermu untuk mengantisipasi terjangkitnya spyware.

4. Phising
Oknum penjahat internet juga akan mengirimkan junk email / email sampah yang isinya link menuju website lain yang mirip dengan website resmi ( misal website BANK, ataupun website lain yang memiliki proses transaksi ), mereka akan memintamu untuk login dengan data asli sensitive dan bisa mereka gunakan untuk melancarkan aksi kejahatan internetnya.
SOLUSI : Hindari melakukan klik pada link apapun yang masuk kedalam JUNK FOLDER pada emailmu. Selalu waspada.

TIPS AMAN BERSELANCAR DI INTERNET


1. Pakailah kombinasi yang sulit untuk semua passwordmu di internet. Gunakan kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan symbol.

2. Ketika login, utamakan website dengan fitur HTTPS daripada HTTP. Jika kamu belum tahu tentang HTTPS, silakan baca artikel tentang HTTPS disini. Website dengan protokol HTTPS lebih aman secara teknikal.

3. Jangan sekali-kali klik link yang mencurigakan.

4. Jika ada seseorang yang mengirim pesan ke akunmu, selalu selidiki terlebih dahulu sebelum melakukan aksi lanjutan.

5. Jika ada pilihan membuat pertanyaan bantuan untuk pemulihan akun ketika lupa password, pakailah pertanyaan dan jawaban yang susah ditebak orang lain.

6. Hindarilah mengakses website & social media menggunakan computer yang kurang aman & terjamin tingkat keamanannya, misalnya warnet yang reputasi dan sistem keamanannya kurang baik. Selalu gunakan personal computer / personal gadgets.

Mencegah lebih baik daripada mengobati, sedia paying sebelum hujan. Ingat, penjahat tidak hanya ada di dunia nyata saja. Di internet juga banyak oknum yang berencana untuk merugikanmu. Semoga bermanfaat dan share artikel ini ke keluargamu agar lebih bijak & lebih aman lagi dalam berselancar di internet.



Baca artikel ini di Kompasiana : 6 Tips Aman Berselancar di Internet leafcoder.org

Posting Komentar

0 Komentar