Cara Audit Website dengan Google Lighthouse


Selain menjelaskan tentang cara melakukan audit website menggunakan Google Lighthouse, artikel ini juga akan membahas secara lengkap tentang tools audit website gratis dari Google. Selamat membaca!

Penjelasan dan Cara Audit Website dengan Google Lighthouse


Google Lighthouse adalah tools audit website yang bersifat opensource milik Google yang berguna untuk mengetahui kualitas website dari segi teknikal onpage & meningkatkan kualitas website Anda.

Bagaimana Cara Audit Website menggunakan Lighthouse?

Anda bisa menjalankannya sebagai Ekstensi Chrome, caranya pun sangat mudah. Saat logo Lighthouse Anda klik, maka Lighthouse menjalankan serangkaian pengujian terhadap website Anda, kemudian dalam beberapa saat Lighthouse akan menampilkan sebuah laporan mengenai seberapa bagus website Anda beserta Score website Anda. Dari data-data & rekomendasi yang muncul pada laporan/report tersebut Anda bisa gunakan sebagai indikator atau referensi yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas website Anda terutama dari sisi SEO juga nantinya.

1. Buka Browser Google Chrome
2. Buka Chrome Web Store, Cari & Pasang ekstensi Google Lighthouse. Jika malas mencari, klik link ini untuk langsung menuju ke Ekstensi Google Lighthouse.

Add Extensions : Google Lighthouse - Leafcoder.org

3. Setelah ekstensi terpasang, maka akan muncul icon Lighthouse (Mercusuar warna orange putih) pada browser chrome Anda di pojok kanan atas.

4. Cara melakukan audit website :
  • Ketikkan URL Website Anda di address bar Browser, tekan enter (buka website Anda)
  • Setelah Website terbuka, posisikan pada Homepage / Halaman Utama.
  • Klik Icon Lighthouse, lalu klik Generate Report. Secara otomatis akan terbuka tab baru dan akan muncul tampilan seperti dibawah :
Tampilan Lighthouse saat Generate Report - Leafcoder.org

  • Tunggu sampai proses generating data selesai, silakan sruput kopi atau stretching sebentar hingga proses selesai.

BACA JUGA :

5. Report generated! Akan tampil laporan seperti berikut ini setelah proses generate report selesai :
Detail laporan & scoring dari Google Lighthouse - Leafcoder.org

Contoh laporan Audit website Leafcoder menggunakan Google Lighthouse bisa Anda lihat pada URL ini.

Ada 5 poin yang di analisa saat proses audit yaitu :
  • Performance, Score akhir diperkirakan dan dapat bervariasi. Score performance hanya didasarkan pada metrik ini.
  • Accessibility
  • Best Practices
  • SEO, Pemeriksaan ini memastikan bahwa halaman Anda dioptimalkan untuk peringkat hasil mesin pencari. Ada beberapa faktor tambahan yang tidak diperiksa oleh Lighthouse yang dapat memengaruhi peringkat pencarian Anda. Pelajari Lebih Lanjut Disini.
  • Progressive Web App
Selain mendapatkan score, Anda juga akan mendapatkan rekomendasi yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki Website sehingga bisa mendapatkan Score yang lebih tinggi dari sebelumnya bahkan bisa mencapai sempurna (score 100 ~ Hijau).

Rekomendasi Google Lighthouse kepada Website yang di Audit - Leafcoder.org


Nah itu dia Penjelasan lengkap & Cara Audit Website dengan Google Lighthouse, jika ada pertanyaan atau ingin memulai diskusi silakan tinggalkan pesan Anda pada kolom komentar dibawah ya. Semoga bermanfaat!



Keyword : Cara Audit Website dengan Google Lighthouse, Penjelasan lengkap tentang Google Lighthouse, Tools Audit Website Lighthouse Google.





Belum ada Komentar untuk "Cara Audit Website dengan Google Lighthouse"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel



Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel