Pengertian dan Manfaat SEO (Search Engine Optimization) - Digital Solutions by Leafcoder

Pengertian dan Manfaat SEO (Search Engine Optimization)


Selamat malam,
Banyak request dari beberapa teman yang ingin tahu arti dari SEO dan apa kegunaan dari SEO itu didalam dunia website.

Oke, langsung saja saja jelaskan.

A. Apasih SEO itu?

SEO (Search Engine Optimization) adalah suatu cara untuk membuat situs atau blog kita berada pada halaman / posisi teratas di mesin pencarian (search engine) seperti Google, Yahoo, dan sejenisnya.


Pengertian dari SEO juga sangat luas tetapi semuanya mencakup hal yang sama yaitu mengoptimisasi suatu halaman website / blog agar berada pada halaman / posisi teratas di search engine dengan kata kunci yang ditarget.

B. Contoh SEO

Dibawah ini adalah contoh SEO dari website Leafcoder.
Ketika diketikkan "leafcoder" pada searchbox google, maka google langsung mengarahkan link tersebut kehalaman website Leafcoder. (Hal ini dikarenakan saya telah mengoptimalisasi website menggunakan teknik SEO smart link.



C. Keuntungan Melakukan SEO

Banyak sekali keuntungan dari melakukan SEO pada website/blog kita , diantaranya yaitu :

1. Mendatangkan Traffic yang Banyak
Kita semua pasti tahu jika situs atau blog berada pada halaman satu Search Engine pasti akan mendatangkan pengunjung (Traffic) yang sangat besar, tergantung pada keyword yang kita target dan besar kecilnya data hasil pencarian dari Google Planner.

2. Meningkatkan Penjualan

Jika suatu situs menjual suatu produk atau barang seperti laza*a.co.id yang menjual aneka barang seperti laptop atau lainnya, maka jika ada orang mencari di google dengan keyword "jual keyboard game murah" kemudian situs tersebut ranking 1, maka sudah 95% lazada akan mendapatkan penjualan dari hasil SEO tersebut.

3. Meningkatkan Daya Saing

Mudah saja untuk keuntungan SEO yang satu ini, jika posisi suatu situs lebih tinggi maka secara otomatis daya saingnya pun akan lebih tinggi. Masih banyak lagi keuntungan dari SEO ini yang tidak saya sebutkan semua, karena saya yakin dengan 3 hal diatas saja pasti anda sudah mengerti mengenai keuntungan SEO.

Yap, itulah Pengertian dan manfaat dari Search Engine Optimization / SEO pada website. Jika masih kurang jelas, silahkan tambahkan di kolom komentar. Sebisa mungkin akan saya jawab :)

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

10 Komentar

  1. seo memang dibutuhkan kalau mau cari penghasilan dari blog, tapi kendala yang tersulit adalah membuat blog kita benar benar menjadi SEO :3

    BalasHapus
  2. mantap! thanks infonya brooo!

    BalasHapus
  3. Nice artikel untuk pemula :)

    BalasHapus
  4. butuh usaha yang lebih nih, untuk membuat blog saya SEO, manfaatnya sangat besar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangat dan selalu optimis disertai usaha bro :)

      Hapus
  5. Benar sekali hal yang anda kemukakan diatas, dimana manfaat dari seo itu telah kami rasakan di website 2.0 yang kami buat. Meskipun banyak catatan kekurangan atas penerapan seo yang sedang kami gunakan. Tapi tetap bersyukur, karena masih ada 1, 2, 3 visitor yang berkunjung ke website kami.

    tq mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama pak :) hehe, sekarang sudah banyak tools SEO yang bisa kita gunakan pak.. Salah satu yang paling terkenal yaitu yoast (untuk website dengan platform wordpress). Semisal bapak menggunakan platform tersebut, mungkin bisa menjadi solusi pak :)

      Semoga bermanfaat.

      Hapus




Contact us

Jasa SEO Leafcoder
Support Leafcoder.org
Hi there! We accept any donation via PayPal, hope the articles we provide can always be helpful.