Tentang Internet of Things dan Manfaatnya


Sering mendengar kata Internet of Things tapi belum tahu artinya? Simak informasi berikut ini seputar Internet of Things  secara detail. Internet of Things(IoT) merupakan keterkaitan antar perangkat elektronik guna saling berkomunikasi melalui jaringan internet. IoT pada awalnya dikenalkan oleh Kevin Ashton pada tahun 1999.

Tentang Internet of Things dan Manfaatnya


A. Manfaat Internet of Things

Manfaat apa saja yang didapatkan dengan menggunakan teknologi IoT?

1. Meningkatkan Produktifitas dan Mengurangi Beban Kerja

Teknologi ini dapat diterapkan pada berbagai bidang sektor usaha, baik bidang pertanian, peternakan, perikanan, dll. Sebelum menggunakan teknologi ini, peternat hanya mampu memberi pakan ikan sehari sekali. Hal tersebut disebabkan keterbatasan sumber daya manusia. Namun, setelah menerapkan teknologi IoT dalam sisten peternakan, kini peternak dapat melakukkan pemberian pakan ikan dengan durasi waktu sehari dua kali dan mengkombinasikan sensor untuk melakukan pemberian pakan ikan secara otomatis berdasarkan waktu yang optimal untuk ikan makan, jumlah pakan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan. 

2. Mengurangi Cost

Teknologi IoT terbukti dapat memangkas cost secara signifikan. Cost disini tidak terbatas hanya pada masalah cost produksi saja, namun cost operasional dapat dikontrol secara berkala. 

BACA JUGA :

3. Real-time Marketing

Sistem perekaman data akan mencatat semua aktivitas yang dilakukkan oleh sistem. Hasil data yang diperoleh dapat digunakan sebagai acuan, apakah terjadi kesalahan atau ketidaksesuaian hasil dengan tujuan awal. Selain itu hasil dari evaluasi tadi antar pengguna dapat melakukukkan transfer data secara real-time. 

B. Cara kerja Internet of Things (IoT)

Cara kerja yang dilakukkan oleh IoT dengan perintah pemrograman dimana setiap argumen menghasilkan interaksi antar perangkat dengan bantuan internet, jadi tidak ada ada istilah jarak pemisah antar perangkat untuk saling berinteraksi. 


Cara kerja internet of things - leafcoder.org

Peran users disini sebagai pengatur serta pengawas apakah alat yang digunakan dapat bekerja dengan baik. Terdapat tantangan dalam menerapkan teknologi IoT yaitu dalam pengaturan jaringan komunikasi, dimana selain kompleks juga membutuhkan dukungan kemanan yang cukup kuat. Selain itu biaya yang digunakan juga besar dalam pengadaan teknologi IoT. 

Nah, itu dia penjelasan singkat Tentang Internet of Things dan Manfaatnya. Semoga bermanfaat!



Belum ada Komentar untuk "Tentang Internet of Things dan Manfaatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel



Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel