Penjelasan lengkap tentang SSL / HTTPS


Artikel tentang Penjelasan lengkap tentang SSL / HTTPS ini sangat berguna sebagai informasi dasar kalian berselancar di dunia internet. SSL (Secure Socket Layer) adalah protokol / algoritma keamanan yang mengamankan segala bentuk transaksi yang ada didalam website kita. Dengan adanya SSL juga akan meningkatkan kepercayaan pengunjung terhadap website.


Penjelasan lengkap tentang SSL / HTTPS

Dalam dunia internet / website, SSL lebih dikenal dengan nama HTTPS. Sebenarnya HTTPS adalah pengembangan dari protokol HTTP. Seperti yang telah kita ketahui bersama ketika kita membuka Browser untuk sekedar berselancar di internet, dengan menulis google.com misalnya. Maka di layar browser akan tertulis secara otomatis menjadi http://www.google.com.  Kenapa tiba tiba muncul http:// meskipun kita tidak mengetiknya? 

Jawabannya adalah karena HTTP adalah merupakan protokol utama komunikasi didunia internet.

HTTPS adalah HTTP versi Secure yang menggunakan protokol / algoritma SSL tadi. Dengan adanya protokol HTTPS ini akan memungkinkan pemilik website mendapatkan tingkat keamanan yang lebih baik.

Fungsi utama dari HTTPS / SSL ini adalah sebagai 'satpam' terutama untuk website yang berjenis E-commerce, Online Shop, dan website lain yang memiliki proses transaksi uang didalamnya.

Selain berfungsi sebagai 'satpam', dengan memasan HTTPS pada website juga akan meminimalisir kemungkinan terjadinya aktifitas Hacking,Phising,ataupun Defacing terhadap konten website.

Dengan adanya fitur HTTPS / SSL juga akan sedikit membantu SEO onpage website dan meningkatkan kepercayaan pengunjung terhadap website kita.

Informasi tambahan :

Setelah saya membahas tentang HTTPS / SSL diatas, tidak berarti situs yang masih menggunakan protokol HTTP tidak aman. Mengingat dengan adanya update informasi dari pihak Google yang isinya tentang sosialisasi penggunaan HTTPS / SSL pada website yang muncul di Search Engine Result Page Google Engine, maka tidak ada salahnya mulai berbenah untuk menggunakan Secure Socket Layer HTTPS ini.


Nah itu dia informasi tentang Penjelasan lengkap tentang SSL / HTTPS. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Penjelasan lengkap tentang SSL / HTTPS"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel



Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel