Perbedaan Black Hat dan White Hat SEO - Digital Solutions by Leafcoder

Perbedaan Black Hat dan White Hat SEO



Selamat siang, artikel kali ini adalah seputar perbedaan antara Black Hat dan White Hat SEO (Search Engine Optimization). Dimulai dari pengertian White Hat SEO, Teknik White Hat SEO, pengertian Black Hat SEO, dan Teknik Black Hat SEO. Selamat membaca! 

1. Teknik White Hat SEO

White hat SEO adalah usaha optimasi SEO yang baik dan benar serta tidak melanggar TOS yang telah ditetapkan oleh search engine. Untuk semua blogger yang ingin memperoleh hasil yang baik di halaman SERP disarankan untuk menerapkan teknik SEO yang satu ini. Tujuan utama White hat SEO yaitu menaikkan page rank blog menuju halaman satu di search engine. Memang teknik ini membutuhkan waktu lama, akan tetapi lebih aman dan sobat bisa menaruh kepercayaan kepada Mesin Pencari.

Bukankah menyenangkan bila blog atau situs sobat sering di kunjungi oleh Mesin Pencari? Selain itu, pengunjung Blog sobat akan ramai dan stabil apabila sobat berhasil mengoptimalkan suatu halaman di Mesin Pencari.

Teknik yang di pakai oleh seorang White hat SEO sangatlah sederhana asalkan tekun dan memiliki keinginan untuk update postingan setiap hari (bukan seperti blog ini). Merangkai kata atau menulis di blog memang tidaklah mudah seperti yang sobat bayangkan, akan tetapi search engine sangatlah senang dengan konten yang original.

Berikut beberapa teknik white hat SEO, diantaranya :


# Optimasi Konten Blog

Meningkatkan kualitas blog dengan selalu menyajikan konten yang berkualitas dan original.


# Optimasi Kata Kunci

Melakukan berbagai optimasi kata kunci yang benar tanpa memanipulasi warna maupun ukuran huruf dengan keyword density satu konten yang tidak lebih dari 3.5% atau 5%.


# Optimasi pada URL Blog

Tidak membuat redirect url tertentu ke halaman lain ketika seorang pengunjung membuka tautan tersebut dan tentunya memperkuat optimasi seo dengan cara memasukkan kata kunci blog ke dalam url.


# Melakukan link building

Melakukan link bulding yang benar dan tidak keluar dari jalur seperti membangun link building secara alami dan bukan dengan cara membeli backlink berkualitas dari blog yang memiliki pagerank tinggi.


# Template atau tampilan

Dalam memilih template atau tampilan juga termasuk salah satu teknik White hat seo yang bisa dilakukan, jadi pilihlah template yang SEO friendly dan jangan lupa untuk mengatur CSS dengan merampingkannya sehingga loading blog menjadi cepat. Blog yang ringan sangat disukai oleh mesin pencari atau search engine.

Untuk merampingkan CSS, kita bisa gunakan CSS Minifier


# Meta Tag

Pasanglah Meta Tag hal ini sangat membantu terutama judul dan deskripsi yang perlu di perhatikan adalah robot dan judul yang tepat dibawah head agar konten pelacak jelas membaca semua kode markup. Tempatkan judul sebagai keyword dan juga deskripsi, ada baiknya di tempatkan di unsur berikut ini :

  • Judul 
  • Meta Description
  • Kata kunci Meta
  • Pos dengan Unsur h1-h6
  • Alt Tag yang bisa di optimalkan di dalam gambar
  • Title Tag
  • Link yang berisi keyword
  • Informasi yang terarah

Membuat konten yang relevan dan menunjukan informasi yang relevan juga, maksudnya adalah apabila ingin memasarkan suatu produk maka pasarkanlah yang sportif tidak membuat kata kunci yang lain yang disisipkan di dalam konten sehingga pengunjung pun mengetahui maksud dan tujuan dari blog tersebut dengan produk yang sesuai.


# Backlink yang baik

Carilah backlink yang baik dari situs–situs yang ber Pagerank tinggi atau mempunyai PA (Page Authority) dan DA (Domain Authority) yang tinggi, submit juga ke direktori situs dofollow dan carilah backlink yang satu arah / sesuai dengan konten blog sobat.


# Ping secara teratur

Disarankan untuk melakukan teknik Ping secara teratur setelah mempublikasikan postingan baru. Namun jangan melakukan Ping terlalu sering karena akan dianggap spam. Jika sobat membuat banyak postingan dalam sehari, cukup lakukan Ping sekali saja.


# Promosikan Blog ke Sosial Media

Lakukan dengan mengandalkan Facebook dan Twitter ataupun social media yang lainnya, yang perlu di perhatikan apabila menautkan link harus mempunyai judul yang sesuai dengan pembahasan di blog.


2. Teknik Black Hat SEO


Black Hat SEO dengan maskot logo topi berwarna hitam adalah suatu teknik optimasi suatu blog untuk mendapat posisi pertama di search engine namun dengan cara Ilegal / curang. Memang efek dari Black hat SEO ini sangat cepat bisa dilihat hasilnya tapi tidak sedikit blog yang terkena google sandbox atau pun terkena banned karena memakai teknik black hat ini.

Teknik ini berusaha untuk mencoba mengelabui search engine. Bisa digunakan dengan cara penggunaan teks tersembunyi, pengisian kata kunci, halaman palsu, dan lain-lain. Tujuan mereka sebenarnya sama dengan White Hat SEO, yakni untuk mendapatkan peringkat pertama dalam hasil mesin pencari, namun hanya dalam waktu yang singkat.

Oleh karena itu, Black Hat SEO bukanlah sebuah teknik yang baik untuk dipraktekan. Jika sobat menjalankan sebuah bisnis di blog, Saya sarankan untuk tidak menggunakan teknik ini, karena akan menyebabkan peringkat situs di mesin pencari menurun secara drastis.

Berikut beberapa teknik black hat SEO, diantaranya :


# Link Farming

Link Farming adalah sebuah teknik mengumpulkan link di satu halaman blog maupun situs. Maksudnya di satu halaman cuma berisi daftar link yang jumlahnya sangat banyak bisa sampai ratusan atau bahkan ribuan link.


# Keyword Stuffing

Keyword stuffing adalah penerapan kata kunci yang berlebihan, dimana sebuah halaman blog yang berisi sebuah kata yang berulang-ulang atau tidak wajar.


# Teks Tidak Terlihat

Teks Tidak Terlihat adalah suatu teknik menyembunyikan kata kunci di dalam blog yang kata tersebut tidak akan tampak secara kasat mata. Caranya dengan menyamakan warna tulisan dengan latar belakang template. misal jika template kita berlatar belakang putih maka buat warna tulisan tersebut menjadi berwarna putih. Tulisan yang tidak nampak tersebut bisa dilihat dengan cara memblock semua halaman dengan cara ctrl + a gunanya untuk menyeleksi semua tulisan yang tersembunyi. Cara lain adalah dengan memperhatikan page source dari halaman tersebut.


# Pengulangan Judul

Pengulangan judul maksudnya isi postingannya hanya berisi pengulangan dari judul. Caranya mudah saja, buat postingan misal judulnya Teknik SEO lalu isinya hanya pengulangan dari judul postingan tersebut yaitu Teknik SEO, Tidak perlu menambahkan tulisan yang lain lagi, itu saja sudah cukup. Biasanya teknik seperti ini berlaku untuk kata kunci baru yang ada di google atau baru muncul di google.

Nah, sekian dulu penjelasan mengenai Perbedaan Black Hat dan White Hat SEO, Jika ada pertanyaan jangan sungkan untuk tinggalkan dikotak komentar. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar




Contact us

Jasa SEO Leafcoder
Support Leafcoder.org
Hi there! We accept any donation via PayPal, hope the articles we provide can always be helpful.