Cara Maksimalkan Visibilitas Website Baru Anda di SERP Google


Tips Cara Maksimalkan visibilitas website baru Anda di SERP Google ini sangat berguna untuk Anda yang baru saja memulai dunia blog atau website, Anda yang masih bingung mengapa website belum muncul di halaman Google setelah website aktif. Artikel ini akan menjawab kedua pertanyaan tersebut.

Visibilitas website adalah muncul atau tampilnya URL & konten website kita di mesin pencarian, dalam pembahasan kali ini adalah mesin pencari Google.

Cara Memaksimalkan Visibilitas Website Baru di SERP Google


1. Pilih dan Gunakan Template atau Theme yang responsive dan fast load


Mengapa harus? Jawabannya simpel, asumsikan Anda adalah visitor yang sedang mencari suatu informasi kemudian menemukan sebuah website yang tampilan (User Interface)  websitenya berantakan dan lama saat loading contentnya. Apa yang akan Anda lakukan? 90% pasti akan langsung pergi dari website tersebut dan mencari website lain yang lebih enak dilihat dan loading lebih cepat.

Point pertama ini tidak boleh Anda acuhkan, karena secara langsung akan mempengaruhi visibilitas website Anda dimesin pencarian nantinya. Semakin sedikit visitor yang datang mengunjungi website Anda, maka akan semakin sedikit presentase website Anda bisa muncul di SERP Google.

Tips : Cobalah mencari template atau theme dengan keyword "Responsive template atau Responsive themes untuk (platform website kalian, misal Blogger atau Wordpress).

2. Maksimalkan Title Page atau Title Article

Mengapa penting? Penting tentunya. Judul artikel atau judul halaman adalah salah satu daya tarik utama bagi calon visitor untuk melakukan CTA atau klik ke website Anda. Pastikan judul artikel dan judul halaman pada website Anda tidak bertele-tele / terlalu panjang, dan pastikan juga terdapat keyword pada judul artikel atau judul halaman Anda.


Contoh Study Case :

  • Short tail Keyword : Website
  • Long tail Keyword : Cara optimalkan website di google
  • Contoh judul artikel yang bertele-tele : Ini dia kumpulan cara mengoptimalkan situs website agar muncul di Google.
  • Contoh judul artikel yang direkomendasikan : 10 Cara untuk Optimalkan Website di Google atau Cara Mengoptimalkan Website di Google.

3. Daftarkan website Anda di Google Webmaster ( Google Search Console )

Haruskah? Wajib! Google Webmaster  / GSC adalah Tools Gratis dari Google yang diciptakan untuk mempermudah & mempercepat website Anda sehingga bisa muncul di Mesin Pencarian Google.

Tampilan Request Indexing di Google Search Console - Leafcoder.org

Bagaimana cara mendaftarkan website Anda di Google Search Console? Baca langkah-langkahnya disini : Google Search Console Documentation

Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan Google Webmaster,salah satunya adalah untuk crawling / Request Index URL artikel atau page website Anda sehingga website akan lebih cepat muncul dan terindeks di SERP Google nantinya.

Tips : Lakukan Request Index sesaat setelah artikel atau halaman website Anda terpublish secara berkala untuk mempercepat dan memaksimalkan visibilitas konten website di SERP Google.

4. Hubungkan website dengan Google Analytics

Setelah terdaftar di Google Webmaster / Google Search Console, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menghubungkan website anda dengan Google Analytics. Google Analytics adalah Tools wajib untuk semua pemilik website. Selain bisa untuk memantau traffic website secara realtime, dengan google analytics Anda akan bisa mendapatkan semua data website anda secara detail dan kompleks.

Tampilan  dashboard Realtime visitors Google Analytics - Leafcoder.org


Bagaimana cara menghubungkan website dengan Google Analytics? Silakan baca disini : Google Analytics Documentation

5. Buatlah akun social media untuk website Anda

Untuk apa fungsinya? tentu saja sebagai pendukung trafik website Anda nantinya. Saya sarankan Anda untuk membuat profil website di Facebook (Fanpage), profil website di Instagram, channel di Youtube, dan profil website di Twitter. Gunakan social media tersebut ketika Anda selesai mempublish artikel baru. Post link artikel terbaru Anda di semua social media yang telah Anda buat.

Tips : Selain ke empat social media diatas, saya rekomendasikan Anda untuk membuat profil website Anda di beberapa social network dibawah ini.

Update : 2 Januari 2020 (source : Dreamgrow)


Social Network Monthly Active Users
Facebook 2,230,000,000
YouTube 1,900,000,000
Instagram 1,000,000,000
Qzone 563,000,000
Weibo 376,000,000
Twitter 336,000,000
Reddit 330,000,000
Pinterest 200,000,000
Ask.fm 160,000,000
Tumblr 115,000,000
Flickr 112,000,000
LinkedIn 106,000,000
VK 97,000,000
Meetup 35,300,000


Manfaat lainnya dari social media adalah untuk mengiklankan website atau artikel Anda sehingga jangkauan visitor bisa lebih luas lagi (gunakan Facebook Ads atau Instagram Ads).

6. Lakukan Optimasi Onpage dan Offpage pada Website Anda

Poin ke enam ini adalah jurus pamungkas setelah website dan konten pada website Anda sudah siap dipublikasikan diseluruh dunia. Baca penjelasan tentang SEO Onpage dan Offpage saya sebelumnya disini.


Nah, itu dia beberapa Cara untuk memaksimalkan visibilitas website baru di Search Engine Result Page Google yang bisa Anda coba. Jika ada pertanyaan tentang artikel ini atau ingin sekedar berdiskusi, silakan tinggalkan pada kolom komentar dibawah. Semoga bermanfaat.


Keyword : Cara maksimalkan visibilitas website baru di serp google, maksimalkan visibilitas website, cara menampilkan website di google, cara memaksimalkan visibilitas website, tips seo leafcoder

Belum ada Komentar untuk "Cara Maksimalkan Visibilitas Website Baru Anda di SERP Google"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel



Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel