Penjelasan Lengkap tentang Domain dan Page Authority Website


Artikel ini berisi tentang Penjelasan Lengkap seputar Domain Authority dan Page Authority Website. Banyak SEO Expert yang menyimpulkan bahwa Domain Authority dan Page Authority berperan sebagai aspek penting didalam Internet Marketing, terutama saat mereka membahas optimasi SEO

Apa perbedaan antara otoritas domain (Domain Authority) dan otoritas halaman (Page Authority)? Bagaimana cara mengetahui score Domain dan Page Authority Website Anda? 

Domain Authority & Page Authority Website

Pada artikel ini, kita akan membahas tentang topik ini. Saya akan menjelaskan secara terperinci apa arti otoritas halaman dan domain dan bagaimana perbedaannya. Anda juga akan belajar tentang memperbaikinya dan kesalahan apa yang harus dihindari yang mengarah pada penurunan otoritas.

A. Domain Authority atau Otoritas Domain

Otoritas halaman memberi peringkat konten dalam situs web. Otoritas domain adalah skor dari otoritas keseluruhan situs web. Skor ini memperhitungkan semua konten yang diterbitkan. Score DA bekerja dengan cara yang hampir sama dengan score di PA, tetapi otoritas domain lebih merupakan skor gabungan. Skor ini akan berubah bervariasi lebih sering daripada hasil score pada Page Authority karena menggunakan lebih banyak data. Misalnya, jika situs web lain memperoleh satu miliar tautan dalam semalam, maka peringkat otoritas semua orang akan turun dibandingkan dengan situs itu. Ini dimaksudkan sebagai perbandingan relativistik dan bukan nilai absolut dari nilai individu.

Mengubah Otoritas Domain

Akan jauh lebih sulit untuk mengubah skor domain Anda daripada memengaruhi skor halaman Anda. Ini dilakukan dengan sengaja agar Anda tahu seberapa kompetitif situs Anda. Meningkatkan skor SEO Anda secara keseluruhan akan membantu meningkatkan otoritas domain Anda.


B. Page Authority atau Otoritas Halaman

Apa itu otoritas halaman? Sederhananya, ini adalah skor yang dapat memprediksi seberapa baik halaman tertentu akan tampil di halaman hasil mesin pencari (SERP). Skor berkisar dari 1 hingga 100, dengan 100 menjadi sempurna.

Otoritas halaman dinilai menggunakan algoritma untuk memberi peringkat setiap halaman. Meningkatkan skor Anda secara signifikan bisa mudah atau sulit tergantung pada titik awal Anda. Jika skor Anda rendah, di usia 20-an, akan lebih mudah untuk menumbuhkan ke usia 30-an daripada menumbuhkan halaman dari usia 60-an hingga 70-an. Mendapatkan hasil yang lebih baik ketika Anda mencapai skor lebih dari 75 pada skor Anda akan lambat dan sulit.

Bagaimana Cara Membangun Website Authority (Otoritas Website) ?



Untuk menerima skor yang layak, Anda harus memiliki tujuan. Semakin spesifik tujuan Anda, semakin baik. Ketika Anda memiliki tujuan tertentu, Anda dapat mulai membangun skor Anda.

Ada beberapa strategi untuk membangun otoritas, diantaranya adalah :

1. Membangun Link ( Link Building )

Link Building adalah cara untuk membuat tautan kembali ke situs web Anda untuk membantu menumbuhkan otoritas halaman Anda. Jika Anda memiliki konten yang hebat, orang-orang akan melakukan ini untuk Anda seiring waktu. Anda dapat mempercepat proses dengan beberapa cara berbeda.

Backlink akan meningkatkan kepercayaan Anda dan jumlah situs yang terhubung ke halaman Anda. Luangkan waktu mengolah ini, karena seiring waktu mereka menjadi lebih tua, dan mesin pencari akan menganggap informasi mereka kurang relevan.

Meskipun berlawanan dengan intuisi, bekerja dengan pesaing Anda dapat membantu Anda berdua tumbuh bersama. Tautan Anda akan lebih relevan dan Anda dapat berjejaring dengan cara yang lebih besar untuk mendapatkan lebih banyak dampak dan daya tarik.


2. Posting Tamu ( Guest Posts )

Kiriman tamu juga dapat membantu hasil Anda. Setiap kali Anda menerbitkan artikel di suatu tempat yang memiliki konten yang terkait dengan situs Anda, Anda dapat membuat tautan balik ke situs web Anda agar pengguna dapat menemukan informasi lebih lanjut. Ini akan menjadikan Anda sebagai otoritas dan membuat Anda diperhatikan dan dibagikan di situs-situs terkemuka dan lebih populer.

Namun, jangan terlalu banyak menghabiskan waktu untuk taktik ini, karena meskipun hal itu dapat meningkatkan lalu lintas Anda, pembaruan algoritma Google yang baru mempertimbangkan taktik ini, sehingga taktik ini tidak akan meningkatkan peringkat Anda dengan cepat.


3. Umpan RSS ( RSS Feeds )

Umpan RSS adalah teman Anda. Sistem ini menerbitkan informasi yang sering diperbarui. Saluran-saluran ini termasuk teks dan metadata. Ini akan mendorong informasi baru kepada pengguna akhir setiap kali blog atau situs web Anda mendapat pembaruan!


4. Forum

Banyak situs tepercaya termasuk situs tanya jawab. Nama-nama besar ini akan memegang otoritas lebih besar. Jika Anda menjawab pertanyaan pengguna lain didalam Forum, Anda dapat menautkannya kembali ke situs web Anda untuk penjelasan lebih mendalam. Ini memungkinkan robot (disebut perayap web atau Web Crawler) untuk menemukan tautan Anda dan mengarahkan lalu lintas ke situs Anda secara organik bagi orang-orang yang mencari jawaban resmi untuk pertanyaan mereka.

Pengguna Reddit sangat aktif, dan situs web tunggal ini berisi niche market tak terbatas dan fandom. Mereka memiliki forum untuk setiap hal yang mungkin ada di Internet dengan basis pengguna yang sangat aktif. Otoritas ini akan ditransfer jika Anda tetap aktif dengan konten yang relevan dan tautan balik.


5. Direktori

Gunakan direktori. Ini adalah salah satu trik tertua dalam buku ini, tetapi masih berhasil. Ketika Anda menggunakan katalog direktori, Anda dapat menargetkan ceruk pasar dan meningkatkan otoritas Anda.

Pengguna dapat menemukan sumber daya menggunakan direktori situs dengan cara yang sama seperti dalam buku telepon. Mereka hanya mencari kategori dalam katalog dan diarahkan ke daftar sumber daya yang dianggap relevan. Metode ini dapat memakan waktu karena direktori ini sering diperbarui oleh manusia alih-alih robot untuk memastikan bahwa tautan benar-benar relevan dan menambah nilai.

BACA JUGA :





Siapa yang meng Assign Authority ini?

Setelah tahu tentang DA dan PA, Ada baiknya untuk mengetahui siapa yang memberikan peringkat ini. Mengetahui siapa yang memberikan wewenang dan bagaimana mereka menentukan peringkat membantu Anda memahami bagaimana memposisikan situs Anda untuk sukses.

Pertama dan terpenting, penting untuk dicatat bahwa otoritas tidak terkait dengan peningkatan peringkat Google dalam pencarian. Ada sejumlah faktor lain yang dipertimbangkan Google, dan kami akan menyinggung mereka secara singkat setelah berbicara tentang penugasan otoritas.

  • Moz

Sistem peringkat yang paling umum adalah Moz . MozRank adalah cara untuk menetapkan nilai numerik ke popularitas tautan. Ini adalah versi layanan Google Page Rank mereka. Anda dapat memperoleh lebih banyak peringkat dengan Moz berdasarkan halaman lain yang menautkan ke Anda dan seberapa besar kepercayaan situs tersebut.

MozTrust adalah peringkat yang diberikan Moz yang menentukan seberapa tepercaya sebuah situs bagi pengguna. Alih-alih melihat popularitas, algoritma ini memberi Anda kredit atas seberapa tepercaya situs Anda dan situs tertaut yang terkait dengan Anda. Merupakan dukungan besar untuk menerima tautan dari tempat-tempat yang secara bawaan memiliki kepercayaan, seperti organisasi pemerintah dan jaringan berita utama.

  • Google

Organisasi lain juga mengukur ini, tetapi Moz adalah pemimpin yang diakui. Selain Moz, satu-satunya peringkat yang diakui lainnya berasal dari Google.

Google menggunakan berbagai alat untuk menentukan otoritas Anda. Mereka berasal dari Page Rank, yang merupakan algoritma tunggal yang mereka gunakan untuk mengukur peringkat pada saat itu. Ini mengukur koneksi tautan antar halaman dengan cara yang sama seperti yang dilakukan MozRanks. Tidak seperti Moz, mereka mencoba menentukan seberapa penting tautan itu. Halaman dengan tautan ke dan dari halaman penting lainnya dapat meningkatkan otoritasnya. Halaman tanpa tautan ini mungkin kehilangan sebagian.

Namun, otoritas tidak menjamin penempatan yang bagus dalam hasil pencarian. Page Rank itu hanya satu bagian dari teka-teki Google. Algoritme lengkapnya merupakan faktor penting dalam banyak hal. Kata-kata dalam tautan penting bagi Google.

Saat ini, mereka menggunakan kecerdasan buatan untuk menganalisis kelayakan pencarian. Sistem Google Rank Brain mereka memperhitungkan lebih dari 200 sinyal saat menentukan peringkat halaman. Tidak ada sinyal individu yang memberikan atau menurunkan otoritas dengan sendirinya.

Dalam upaya menjaga integritas sistem mereka, Google tidak benar-benar memberikan banyak detail tentang sinyal mana yang digunakan untuk menghitung peringkat dan bagaimana bobotnya. Tujuan akhir dari sistem ini adalah untuk memastikan bahwa konten yang berwenang menjadi yang teratas dalam daftar.

Mereka juga menggunakan manusia untuk membantu menilai kualitas hasil mereka. Mereka masing-masing diberikan beberapa pedoman tentang cara menandai situs berkualitas rendah. Meskipun penilai ini tidak secara langsung memengaruhi halaman tertentu, mereka diperhitungkan saat menentukan cara mengubah algoritma untuk menghasilkan hasil yang lebih baik.


Question : Bagaimana cara melihat score Domain Authority dan Page Authority Website saya?

Answer : Gunakan Tools SEO : Domain & Page Authority Checker. Belum tau tentang beberapa Tools SEO yang bisa Anda pakai untuk hal ini? Baca Artikel Saya sebelumnya tentang 12 Website Backlink Maker Gratis : SEO 2020, setelah membuka websitenya lalu cari Domain Authority & Page Authority Checker. 

Selain dengan Tools SEO diatas, Anda juga bisa gunakan Moz Free SEO Tools untuk melihat score Domain Authority dan Page Authority website Anda.

Cara cek Score Domain & Page Authority menggunakan Moz Free SEO Tools :

1. Buka URL Moz Free SEO Tools
2. Masukkan URL Website Anda pada kotak Enter a URL, Tekan tombol Analyze Domain
3. Tada! Data akan muncul seperti dibawah ini :

Domain & Page Authority with Moz Free SEO Tools Result for Leafcoder.org - 12 Jan 2020

Kesimpulan

Otoritas halaman dan Otoritas domain adalah hampir sama. Otoritas halaman menentukan keberhasilan konten Anda ketika datang untuk mencari kata kunci. Otoritas domain menentukan bagaimana peringkat domain Anda dibandingkan dengan setiap domain lainnya. Keduanya dihitung menggunakan sistem tautan tepercaya.

Dengan memiliki backlink dari situs tepercaya, Anda pada dasarnya mendapatkan dukungan untuk konten Anda. Lebih banyak situs tepercaya menjamin kepercayaan dan kualitas Anda sendiri. Meskipun Moz adalah alat yang berguna, perlu diingat bahwa otoritas tidak selalu mencerminkan keberhasilan hasil pencarian Anda atau peringkat pencarian Google Anda.


Nah, itu dia penjelasan mendetail mengenai Domain Authority dan Page Authority. Jika ada pertanyaan ataupun sekedar ingin berdiskusi tentang artikel ini silakan tinggalkan pada kolom komentar dibawah. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar