Penjelasan Lengkap Traffic Sources


Traffic Sources adalah laporan yang memberikan gambaran tentang berbagai jenis sumber yang mengirimkan lalu lintas ke situs Websitemu.Traffic atau pengunjung website datang dari berbagai sumber. Setidaknya ada beberapa sumber traffic yang umum untuk diketahui.

Penjelasan Lengkap Traffic Sources


Direct Traffic
Ibarat orang yang sengaja pergi ke MCD karena memang berniat untuk membeli Mc Chicken, ini adalah kunjungan dari orang-orang yang mengetik langsung alamat website di browser karena sudah tahu nama domainnya. Contohnya karena kita sudah sering buka Facebook, maka kita terbiasa mengetik alamat facebook.com.

Dengan Direct Traffic Kita bisa :


  • Menandai kunjungan dari pengunjung setia
  • Branding nama domain yang mudah diingat
  • Dapat menjadi salah satu cara mengukur keberhasilan promosi non-online seperti iklan di TV atau majalah.


Refferal Traffic
Refferal Traffic adalah kunjungan dari visitor yang mengklik link yang ada di website lain. Refferal = rujukan. Contohnya, saat kita sedang membuka web leafcoder.org, di sebelah kanan tampil banner ApotikKuota.com  dan kita klik. Maka apotikkuota.com mendapatkan referral traffic dari leafcoder.org.

Social Media
Secara khusus, Google Analytics mendeteksi refferal traffic dari situs-situs seperti Facebook, Twitter, Google+ dan sejenisnya sebagai traffic dari social media.

Search Traffic
Search traffic adalah traffic yang datang dari pengunjung yang mengklik hasil pencarian di situs pencari semacam Google, Yahoo!, atau Bing.

Ada dua jenis search traffic :
Organic Search : Berasal dari pencarian yang tidak berbayar
Paid Search : Berasal dari program periklanan Pay Per Click (PPC), misalnya Google Adwords.

Keterangan :
Umumnya strategi digital marketing mengincar traffic dari organic search, karena tidak perlu berbayar untuk mendapatkan traffic dari pencarian.
Itulah mengapa berkembang jasa layanan SEO (Search Engine Optimization), sebuah upaya mengoptimalkan website supaya lebih nyaman digunakan dan lebih mudah ditemukan oleh pengguna Internet.
SEO bukanlah proses yang instan, melainkan butuh waktu untuk mendapatkan atau meningkatkan traffic dari situs pencari.

Traffic Source Lain
Selain traffic source di atas yang umumnya pasti ada di setiap website, ada beberapa sumber traffic lain.

Display
Berasal dari banner yang terpasang di website lain.

Email
Berasal dari aktivitas email marketing. Jadi, kita mengirimkan email newsletter kepada pelanggan email kita, dan menempatkan link ke website kita.
Saat mereka mengklik link tersebut dan masuk ke website kita, kunjungan tersebut dikategorikan sebagai traffic email.

Bagaimana mengetahui Sumber Kunjungan Website Kita ?

Caranya adalah dengan menggunakan tools Digital Analytics. Beberapa tool yang biasa digunakan antara lain :

Google Analytics
Google Analytics adalah stKamur industri untuk digital analytics. Yang perlu dilakukan adalah mendaftarkan website kita di sana, lalu memasang semacam kode tracking di setiap halaman website kita.
Saat kita sudah memahami fitur-fitur yang ada di sana, Google Analytics itu sangat powerful. Yang bisa kita lihat dan analisa di sana bukan hanya traffic source, tapi masih banyak hal lain seperti profil dan perilaku pengunjung, serta analisa konten.

Histats
Histats.com adalah alternatif lain untuk menganalisa traffic & perilaku pengunjung website kita. Fungsinya sama persis dengan Google Analytics. Caranya pun sama, daftarkan website kita lalu pasang kode tracking.

SimilarWeb
Google Analytics & Histats itu diperuntukkan bagi kita sendiri yang ingin melihat & menganalisa traffic ke website kita. Nah bagaimana kalau kita ingin melihat traffic ke website kompetitor? SimilarWeb jawabannya.

Kita bisa melihat dan membandingkan performa digital marketing dari website kita maupun website kompetitor. Dari mana saja traffic source mereka, apa keywords yang banyak digunakan untuk masuk ke websitenya, darimana referral website-nya, dan sebagainya.

Perlu dipahami bahwa data yang ada di SimilarWeb tidak 100% akurat seperti data dari Google Analytics atau Histats, karena tidak ada kode tracking yang dipasang di website kita. SimilarWeb membuat estimasi atau perkiraan saja.

Posting Komentar

0 Komentar