Google Search Engine Lifehack


leafcoder.org - Google Search Engine Lifehack adalah cara dan tips lengkap melakukan browsing lebih efektif dan hasil maksimal di Google Search Engine dibawah ini sangat direkomendasikan untuk mempercepat mendapatkan hasil dan pastinya akan maksimalkan efisiensi pencarian kalian.

Browsing efektif dengan Google Search Engine

1. Gunakan tanda kutip diantara keyword pencarian
Poin pertama adalah dengan menambahkan tanda kutip diantara kata kunci kalian. Penerapan = "keyword", contoh = "leafcoder". Manfaat dari tanda kutip ini adalah untuk meminimalkan salah duga dari google search. Dengan kedua tanda kutip ini akan menginformasikan mesin pencari Google agar melakukan pencarian pada seluruh frase kata kunci. Misal, kalian ingin mencari kata kunci : Partnership Leafcoder, Google search akan mulai mencari semua konten pada database dalam urutan apapun. Dengan menambahkan tanda kutip sehingga menjadi "Partnership Leafcoder", maka Google search akan mencari frase yang sama dengan keyword yang kalian masukkan tersebut. Hal ini akan membuat google melakukan penelusuran secara menyeluruh hingga konten terbawah didalam databasenya.

2. Gunakan tanda hubung untuk membedakan kata-kata (pengecualian kata)
Pernah mendapatkan hasil pencarian yang maknanya ambigu? Kita ambil contoh ketika kalian mengetikkan kata Leafcoder di google search bar. Yang akan tampil selain blog leafcoder adalah aplikasi Pertanian untuk petani dengan nama leafcoder. Nah, untuk membedakan / mengecualikan kata-kata tersebut, gunakan tanda hubung untuk menginformasikan google search engine agar mengabaikan kata yang tidak ingin didapatkan pada hasil pencarian kita.
Contoh : -petani Leafcoder. Dengan ini maka google akan menampilkan hasil data leafcoder tanpa muncul hasil yang terdapat kata "petani" didalamnya. 

3. Gunakan tanda titik dua dan situs yang ingin dikunjungi
Cara ini akan mempermudah kita mendapatkan informasi secara spesifik khususnya di sebuah situs tertentu. Misalnya kalian ingin mencari informasi tentang "Belajar SEO" di blog Leafcoder.org, kata kunci yang harus ditulis untuk menyederhanakan hasil pencarian digoogle adalah sebagai berikut :
Belajar SEO:leafcoder.org
Dengan sintaks diatas, maka Google Search akan menampilkan semua hasil yang ada di databasenya yang berisi tentang kata kunci "Belajar SEO" dan hanya berasal dari Leafcoder.org.

4. Gunakan sintaks "related" untuk mencari situs lain yang mirip
Jika kalian ingin mencari website atau blog yang mirip dari segi topik dan konten dari salah satu website. Misalnya kalian ingin mencari blog atau website yang memiliki topik dan konten sama seperti Leafcoder.org, cukup ketik kata kunci : related:leafcoder.org di kotak pencarian Googlemu.
Maka dengan cepat google akan menampilkan beberapa list blog atau website yang topiknya mirip dengan leafcoder.org.

5. Gunakan Google Search sebagai Kalkulatormu
Poin kelima ini adalah tools tersembunyi dari search engine google. Misalkan kalian ingin menghitung sin,cos,tan dan lupa tidak membawa kalkulator scientific. Jangan khawatir! Cukup buka google search engine, lalu ketik : 8 * 5 + 5 dan tekan Enter!

6. Cari untuk beberapa kata sekaligus
Google merupakan search engine yang fleksibel, dengan algoritma yang dimiliki google maka google bisa melakukan pencarian dengan canggih dan presisi. Nah misalnya kalian ingin mencari satu kata atau frase secara bersama-sama dalam satu pencarian, gunakan tips dibawah ini.
Contoh : kita ingin mencari informasi tentang laptop gaming atau laptop multimedia, maka kata kunci yang bisa kalian ketik adalah : laptop gaming OR laptop multimedia. Google akan mencari informasi seputar kedua kata kunci yang telah kalian masukkan tadi.

7. Tetaplah simpel
Poin ketujuh adalah prinsip utama Google. Keep it simple. Ya, misalnya jika kalian ingin mencari restoran Richeese Factory yang paling dekat dengan lokasi kalian. Caranya adalah dengan menginputkan keyword dibawah ini.
Keyword untuk mencari lokasi terdekat : Richeese Factory terdekat. 
Dengan cepat maka Google akan menampilkan informasi tentang lokasi richeese factory terdekat dengan lokasi kita (syarat, login akun google terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan presisi).

8. Shortcut Rahasia Google 
Poin kedelapan ini masih sedikit yang mengetahuinya. Bisa dibilang ini adalah cara pintas dan cepat untuk mendapatkan informasi digoogle dengan sintaks asli google. Beberapa sintaksnya diantaranya :
- ketik : weather, maka akan menampilkan informasi realtime tentang cuaca dilokasi kalian (login google terlebih dahulu agar hasil lebih presisi)
- ketik : time *lokasi*, misal ingin tahu jam berapa sekarang di negara inggris maka ketik : time us. Maka akan menampilkan informasi realtime jam berapa di negara inggris sekarang. 
- ketik : define:*kata yang ingin dicari*, sintaks ini berguna untuk mencari pengertian dari kata yang ingin kita cari. Contoh kita ingin tahu apa itu leafcoder, cukup ketik define:leafcoder maka google akan menampilkan informasi tentang leafcoder.

9. Ejaan tidak terlalu penting di Google search
Mengapa demikian? karena algoritma google yang setiap waktu semakin canggih. Meskipun kalian mengetik "nver gv up" maka google secara otomatis akan memberikan tanggapan "never give up". Ya, ini karena teknologi yang terus berkembang di mesin pencari Google.

10. Mencari file spesifik
Sedang mencari file dengan format tertentu? Gunakan sintaks dibawah ini :
*File yang ingin dicari* filetype:*jenis file*
Contoh misal kalian ingin mencari contoh skripsi dengan jenis file pdf, maka kata kunci yang bisa kalian tulis di google search bar adalah :
contoh skripsi filetype:pdf, maka google akan menampilkan hasil pencarian tentang contoh skripsi hanya dengan format file pdf.

11. Konversi uang dan berat
Belum tahu konversi dari lbs ke kg? Tanyakan ke google dengan sintaks : lbs to kg lalu tekan enter, secara ajaib akan muncul form konversi dari lbs ke kg.
begitu juga jika kalian ingin tahu konversi dollar ke rupiah, tinggal tulis : dollar to rupiah lalu tekan enter.

Nah itu dia tips dan trik anti mainstream seputar Google Seafch Engine Lifehack Browsing efektif dengan Google Search Engine versi leafcoder.org, selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

2 Komentar untuk "Google Search Engine Lifehack"

Iklan Atas Artikel



Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel