Cara Riset Keyword


Bagaimana cara riset keyword yang baik dan benar untuk artikel yang SEO Friendly? Dibawah ini adalah pembahasan tentang cara riset keyword beserta tools riset keyword yang bisa Anda coba implementasi. Selamat membaca.

Cara Riset Keyword

Riset keyword ini bermanfaat untuk menentukan kata kunci (keyword) apa saja yang cocok untuk digunakan pada artikel di blog/website Anda sehingga optimasi search engine Anda lebih baik lagi. Penting, karena akan berpengaruh langsung pada performa artikel blog / website Anda di search engine result page nanti. Dengan keyword yang tepat, blog / website Anda akan semakin gampang muncul di halaman pertama SERP Google nantinya.

Sebelum saya bahas tentang Tools yang bisa Anda gunakan untuk melakukan riset keyword, Anda harus tahu terlebih dahulu tentang beberapa hal yang wajib Anda perhatikan saat melakukan riset keyword, diantaranya adalah :

1. Volume pencarian, atau dikenal dengan search volume adalah banyaknya kata kunci yang dicari di Google dalam periode waktu tertentu. Rata-rata tools riset keyword akan menunjukkan pencarian keyword dalam periode waktu satu bulan terakhir. Misal : volume pencarian sebuah keyword adalah 100.000. Berarti keyword tersebut telah dicari sebanyak 100.000 kali di Google dalam periode satu bulan terakhir.

2. Tingkat kesulitan kata kunci, dikenal dengan istilah keyword difficulty adalah tingkat kesulitan sebuah keyword untuk muncul di halaman utama pencarian (Page one). Pada umumnya, tools riset keyword menggunakan skala nol hingga seratus. Semakin tinggi angka skalanya, maka semakin susah tingkat kesulitan keyword tersebut untuk muncul di page one Google. Pada umumnya, keyword difficulty ini juga menampilkan beberapa backlink yang dibutuhkan artikel agar bisa muncul di halaman pertama SERP Google. Semakin tinggi keyword difficulty, maka semakan tinggi juga total backlink yang diperlukan.

3. Saran kata kunci atau keyword suggestion, adalah rekomendasi keyword yang berkaitan dengan keyword yang Anda cari. Misalnya Anda melakukan riset keyword “ Cara riset keyword “, tools riset keyword akan menyarankan keyword seperti “ Tools riset keyword “, dan saran lainnya. 

4. Halaman hasil pencarian atau Search Engine Result Page (SERP), merupakan halaman yang menampilkan data-data pencarian pada urutan teratas atau sering disebut juga dengan istilah Page One Google.


Setelah mengetahui tentang ke empat hal diatas, ini dia cara melakukan riset keyword menggunakan 5 tools riset keyword terbaik versi leafcoder.org.

5 Tools untuk Riset Keyword


1. Google Trends

Google Trends adalah salah satu tools riset keyword resmi dari Google yang Gratis digunakan. 


Anda bisa mengatur geo location / lokasi sesuai dengan Negara yang Anda target. Data berupa grafik akan muncul sesuai dengan keyword yang Anda cari. Data tersebut berisi grafik pergerakan keyword dari 1 jam terakhir hingga 5 tahun terakhir. Selain short tail keyword, Google Trends juga memberikan keyword suggestion berupa long tail keyword.

2. Ubersuggest

Ubersuggest merupakan tools riset keyword yang dibuat oleh Neil Patel. Tools keyword ini juga tidak perlu membayar alias gratis untuk Anda gunakan. 


Cara riset keyword menggunakan tools Ubersuggest sangat gampang. Anda hanya perlu menginputkan keyword yang Anda inginkan. Tools ini akan memberikan informasi mengenai besar volume pencarian keyword, saran keyword yang bisa Anda gunakan. 

3. KWFinder

KWFinder adalah tools riset keyword yang mirp dengan Ubersuggest dalam hal informasi yang diberikan. Informasi tentang volume pencarian, tingkat kesulitan, dan saran keyword. 


KWFinder adalah tools riset yang tidak 100% gratis. Sebelum menggunakannya, Anda wajib melakukan registrasi terlebih dahulu. Selain itu, tools riset keyword ini juga terdapat paket premium atau paket berbayar yang akan membuka fitur premiumnya. Selengkapnya tentang KWFinder bisa Anda cek disini.

4. Moz

Moz adalah tools riset keyword selanjutnya yang bisa Anda coba. Fitur dalam tools ini bisa Anda gunakan setelah melakukan registrasi sebagai member. 


Setelah berhasil mendaftar, Anda akan diberikan 10 riset keyword.Moz ini juga sama seperti KWFinder, terdapat versi premium dengan fitur ekstranya. Beberapa SEO Specialist menggunakan tools ini untuk melakukan pekerjaan Optimasi konten client-clientnya.

5. Keyword Shitter

Keyword Shitter adalah tools keyword terakhir yang GRATIS Anda gunakan. Cara riset keyword menggunakan tools ini juga sangat gampang yaitu hanya dengan mengetikan keyword yang diinginkan. Keyword Shitter akan memberikan rekomendasi keyword berupa long tail keyword.



Nah, itu dia penjelasan tentang Cara Riset Keyword dan Tools riset keyword yang bisa Anda gunakan. Jika masih ada pertanyaan atau ingin berdiskusi seputar topik artikel diatas, silakan tinggalkan pada kolom komentar dibawah. Semoga bermanfaat.



Keyword : Cara riset keyword, tools riset keyword gratis, cara melakukan riset keyword, hal yang perlu diperhatikan sebelum riset keyword, tips riset keyword

Posting Komentar

0 Komentar