Perbedaan dan Manfaat SEO dan SEM - Digital Solutions by Leafcoder

Perbedaan dan Manfaat SEO dan SEM


Selamat pagi, kali ini saya akan membahas dan berbagi informasi mengenai dua istilah IT yang berada pada ruang lingkup website development. 
SEO / Search engine optimization dan SEM / Search engine marketing.

A. SEO / Search Engine Optimization

Apa itu SEO? Bagi kalian yang ingin mengetahui secara detail mengenai pengertian & manfaat dari SEO bisa dibaca dengan meng-klik disini.

Singkatnya, SEO (Search Engine Optimization) adalah metode/cara untuk membuat website kita berada pada mesin pencarian (search engine) seperti Google ataupun Bing secara gratis.

Teknik SEO sendiri terdiri dari 2 macam yaitu SEO onpage dan SEO offpage. untuk detailnya bisa dibaca dengan meng-klik disini.

B. SEM / Search Engine Marketing


Sedangkan SEM (Search Engine Marketing) adalah metode/cara menampilkan website sekaligus mempromosikan website kita di kalangan global dengan cara jasa pihak ketiga (misalnya google AdWord / Bing Ads / Facebook Ads , dll) sehingga website kita nantinya akan muncul pada SERP (Search Engine Result Page)  mesin pencarian. Berdasarkan yang saya uraikan diatas, kurang lebih SEM merupakan lanjutan optimasi SEO untuk memaksimalkan visibilitas website dimesin pencarian ataupun sosial media dengan membuat suatu kontrak seberapa lama iklan website kita akan muncul dan seberapa banyak target pengunjung yang datang, tentu saja tidak gratis. Singkatnya SEM adalah SEO yang berbayar.

C. Manfaat SEO dan SEM

Keduanya sangat penting untuk mengoptimalkan website agar bisa terindeks di mesin pencarian, semakin banyak link / konten website yang terindeks di mesin pencarian, semakin besar juga manfaat yang bisa kita peroleh darinya. Misalnya website kita adalah website marketplace / jual beli online : dengan banyaknya hasil pencarian pada search engine, maka semakin banyak visitor / pengunjung yang datang ke website dan melakukan transaksi, hal ini berbanding lurus dengan meningkatnya pendapatan yang bisa didapatkan.


Demikian informasi mengenai SEO dan SEM dari saya, semoga bisa bermanfaat bagi kalian.




Posting Komentar

3 Komentar




Contact us

Jasa SEO Leafcoder
Support Leafcoder.org
Hi there! We accept any donation via PayPal, hope the articles we provide can always be helpful.