7 Alasan Smartphone China Harganya Murah


Bang, kok smartphone buatan china (Xiaomi, Oppo, Vivo, Huawei, Honor, Meizu, dll) harganya murah ya? Kualitasnya pasti jelek ya bang dibanding smartphone buatan negara lain, misal Samsung (Korea) dan Apple (Amerika) ? 

Pertanyaan standar dari bocil-bocil & masyarakat yang pernah Saya dengar & saya jawab dengan beberapa alasan dibawah ini.

Perusahaan teknologi Apple dan Samsung memang sudah kita ketahui bersama, keduanya masih terus mendominasi pangsa pasar teknologi khususnya smartphone global (dunia). Tapi, walaupun demikian tidak menciutkan vendor & perusahaan teknologi negara Tirai Bambu China untuk berkompetisi di pasar internasional. Terbukti dengan beberapa brand smartphone yang Saya sebutkan diatas sudah banyak kita temukan bahkan di dekat rumah kita masing-masing. Selain mengusung teknologi yang tidak kalah keren dengan Samsung & Apple, Smartphone China ini juga membandrol harga lebih murah sehingga bisa kita miliki tanpa perlu mengeluarkan budget yang berlebih.

7 Alasan Smartphone China Harganya Murah


Ini dia beberapa Alasan mengapa Smartphone buatan China Harganya lebih Murah dibanding harga kompetitor-kompetitornya :


1. Bahan baku yang sangat lengkap

Bahan baku pembuatan smartphone di China - Leafcoder.org

China adalah salah satu produsen smartphone terbanyak di dunia. Di negara china terdapat 17 bahan bumi yang langka, 16 diantaranya digunakan untuk memproduksi smartphone. China menghasilkan 95% dari bahan langka di bumi. Sekedar perbandingan dengan negara lain, India menghasilkan 2,5%, Amerika 13%. Dengan lengkapnya bahan baku ini, secara langsung akan mengakibatkan harga bahan baku jauh lebih murah. Hal tersebut pastinya sangat berdampak pada harga jual smartphone China yang lebih murah dibanding smartphone buatan negara lainnya.

2. Gaji tenaga kerja

Tenaga kerja vendor Smartphone China - Leafcoder.org

Alasan kedua dan merupakan alasan yang sangat umum, kenapa harga smartphone China lebih murah daripada smartphone lain diluar China adalah karena biaya / gaji / upah tenaga kerja yang masih rendah. Upah tenaga kerja smartphone di China merupakan upah terendah di dunia. Ini merupakan alasan utama mengapa banyak vendor yang membangun pabrik di sana. Dengan biaya / gaji tenaga kerja yang murah, biaya produksi secara langsung akan ditekan, sehingga harga smartphone China pun akan lebih murah.

3. Teknologi menyesuaikan harga

Teknologi menyesuaikan harga - Leafcoder.org

Agar bisa menyeimbangkan harga dan performance device (kinerja smartphone), ada beberapa komponen yang masih menggunakan teknologi lama. Misalnya, kini banyak vendor smartphone di dunia yang sudah menggunakan RAM dengan DDR 4 terbaru, tapi karena harus menekan harga, maka digunakanlah RAM dengan teknologi DDR3 (versi lama). Untuk poin ke ketiga ini Saya asumsikan beberapa brand / seri smartphone saja, tidak semua Brand & seri smartphone buatan China menggunakan teknologi lama. Berdasarkan pengalaman pribadi Saya, yang kebetulan sudah lumayan lama menggunakan Gadget buatan China semakin berjalannya waktu, teknologi yang diusung juga selalu update baik dari sisi firmware maupun hardwarenya.

Tips : Jika Anda tidak ingin memiliki smartphone yang masih menggunakan teknologi lama didalamnya, Saya sarankan pilih Smartphone dengan range harga antara 2 juta rupiah ke atas. Caritahu lebih dalam tentang Spesifikasi Smartphone yang ingin Anda beli di website Gadget seperti GSMArena misalnya. Untuk melihat performance score dari sisi firmware / softwarenya, bisa gunakan website Antutu Ranking.

BACA JUGA :



4. Penjualan difokuskan via Online

Contoh Penjualan Online di Website Xiaomi - Leafcoder.org

Perusahaan teknologi smartphone seperti Apple dan Samsung keduanya menghabiskan banyak uang untuk membangun dan mengembangkan pusat layanan toko dan juga ekosistem untuk meningkatkan layanan purna jualnya. Ini dia alasan mengapa smartphone besutan kedua perusahaan teknologi tersebut dengan spesifikasi yang sama dengan smartphone China harganya bisa lebih mahal. Berbeda dengan China yang lebih bergantung pemasaran produk dengan cara penjualan online, dengan ini tidak ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan vendor/perusahaan dan bisa mengurangi harga smartphone sehingga lebih murah.

5. Research and Development ( Penelitian dan Pengembangan Teknologi )

Penelitian dan Pengembangan oleh Apple - Leafcoder.org

Sudah saya singgung pada point ke empat mengenai riset dan pengembangan. Perusahaan teknologi seperti Apple, Google, Microsoft, juga Samsung menghabiskan banyak uang untuk riset dan pengembangan produk-produknya, temasuk smartphone. Dengan biaya riset dan pengembangan yang tinggi, sangat masuk akal jika merk mereka mempunyai harga yang lebih mahal dibanding smartphone buatan China.

6. Biaya Pemasaran Lebih Murah

Ilustrasi biaya pemasaran lebih murah - Leafcoder.org

Memiliki smartphone harga murah namun spesifikasi tinggi. Kita ambil contoh salah satu brand China yaitu Xiaomi yang berhasil terkenal & penjualan yang sangat pesat tanpa perlu menghabiskan banyak biaya pemasaran. Sampai sekarang, banyak produsen teknologi China yang memanfaatkan jaringan internet sebagai media pemasarannya. Akan lebih efektif dan lebih murah tentunya dibanding harus beriklan di TV, sponsor, ataupun endorsment untuk mempromosikan produk.

7. Kualitas yang terus semakin baik

Kualitas teknologi semakin baik - Leafcoder.org

Pada tahun 2016, beberapa vendor smartphone China telah mengembangkan smartphone premium dengan kualitas yang tidak kalah dengan vendor smartphone diluar China dengan harga yang 'diatas' murah pada umumnya. Saya ambil contoh salah satunya adalah Brand Xiaomi yang mengeluarkan seri Mi Mix (versi smartphone premium). Smartphone China tidak melupakan kualitasnya. Di awal tahun 2020 ini, kita juga bisa melihat beberapa barisan Flagship Killer Smartphone yang siap bertarung dengan kompetitor dari luar China seperti misalnya : Redmi K20 Pro Premium Edition, Realme X2 Pro, dan HUAWEI P30 Pro yang berhasil menembus top 10 di Ranking Antutu /Januari 2020 ini.

Top 10 Smartphone by Antutu Rank January 2020
Hints : Flagship Killer Smartphone adalah Smartphone yang menawarkan harga terjangkau namun dengan spesifikasi yang setara atau hampir mendekati flagship (Smartphone dengan spesifikasi firmware dan hardware yang tinggi). Ini menjadi pilihan terbaik bagi mereka yang hanya memiliki budget minimal, tapi menginginkan smartphone dengan performa yang mumpuni.

Nah itu dia ke 7 Alasan mengapa Smartphone buatan China Harganya bisa Lebih Murah dibanding Smartphone buatan negara lain. Jika ada pertanyaan mengenai artikel ini atau ingin sekedar berdiskusi, silakan tinggalkan pada kolom komentar dibawah ya. Share artikel ini ke teman-teman atau kerabat Anda yang masih bertanya-tanya mengapa Smartphone China harganya murah. Semoga bisa membantu menjawab pertanyaan tersebut ya! Semoga bermanfaat.


Keyword : 7 Alasan Smartphone China Harganya Murah, Alasan Smartphone China Murah Harganya, Kenapa Smartphone China Murah, Alasan HP China Murah, Smartphone Murah



Belum ada Komentar untuk "7 Alasan Smartphone China Harganya Murah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel



Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel