Perbedaan Headset Headphone Earphone Hansfree dan Handset


leafcoder.org - Perbedaan antara Headset Headphone Earphone Hansfree dan Handset. Tidak sedikit dari kalian pasti belum mengetahui secara detail mengenai perbedaan beberapa perangkat keras multimedia ini. Perangkat ini biasanya dipakai untuk mendengarkan lagu,ataupun video dengan cara memakainya di telinga kalian. Dibawah ini akan dijelaskan tentang perbedaan dari 5 perangkat tersebut diantaranya :

1. Earphone
Earphone adalah perangkat yang mengubah energi listrik menjadi gelombang suara. Cara penggunaannya adalah dengan dipasang kelubang telinga kita. Earphone bisa digunakan untuk mendengarkan lagu, mendengarkan video, game, dan lain sebagainya. Earphone ini biasanya berbentuk wired / dengan kabel sepanjang 1 sampai 1.5 Meter. Selain wired, kini earphone juga sudah memiliki jenis baru yaitu wireless / tanpa kabel dengan konektivitas bluetooth.


Contoh earphone bisa kalian temui pada paket handphone / smartphone yang kalian beli. Selain berbentuk kecil, earphone juga ada yang berbentuk seperti headset dengan bando sebagai penghubungnya. Earphone jenis ini sering disebut dengan headphone.

2. Headphone

Seperti yang telah disinggung diatas, headphone adalah jenis earphone yang memiliki bando sebagai penghubung dan memiliki bentuk mirip seperti headset. 

3. Headset
Headset adalah pengembangan dari headphone. Mengapa disebut demikian? Karena headset adalah gabungan dari headphone dan microfon. Headset biasanya digunakan untuk mendengarkan suara sekaligus berkomunikasi verbal via mic. 


Jika headphone masih memiliki fungsi satu arah (hanya untuk mendengarkan suara saja), headset memiliki fungsi dua arah yaitu untuk mendengarkan / menerima suara dan mengirim suara / berbicara dengan lawan bicara via aplikasi messenger atau chatting online. Kini headset merupakan alat wajib yang digunakan oleh gamer yang bermain game online untuk komunikasi dan mengatur strategi ketika bertanding.

4. Handset

Handset merupakan perangkat elektronik yang mudah dibawa kemana saja (Portable device). Contoh dari handset misalnya adalah Ponsel, PSP, Tablet, Smartphone, dan perangkat portable lainnya.

5. Handsfree
Yang terakhir adalah handsfree. Handsfree adalah perangkat yang bisa digunakan tanpa menggunakan tangan, artinya prangkat yang terdiri dari earphone, microphone yang didalamnya terdapat fungsi kontrol.
Handsfree akan memudahkan penggunanya dalam melakukan kontrol tanpa menyentuh ponsel. Terdiri dari dua jenis yaitu handsfree wired dan wireless. Contoh handsfree bisa dilihat dibawah ini. By the way, earphone juga tergolong handsfree (yang memiliki tombol untuk mengangkat dan mematikan telepon masuk).


Nah itu dia penjelasan lengkap tentang Perbedaan antara Headset Headphone Earphone Hansfree dan Handset, setelah tahu perbedaannya jangan sampai keliru lagi ya!  semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Headset Headphone Earphone Hansfree dan Handset"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel



Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel