Cara Memanfaatkan Teknologi dengan Bijak - Digital Solutions by Leafcoder

Cara Memanfaatkan Teknologi dengan Bijak


Bagaimana upaya dan cara yang harus dilakukan supaya sistem teknologi bermanfaat bagi masyarakat? Pertanyaan ini pastinya akan terlintas dibenak teman-teman saat kita sedang membahas topik seputar perkembangan teknologi di dunia dan internet. 

Cara Memanfaatkan Teknologi dengan Bijak


Di artikel ini akan dijelaskan bagaimana Cara Memanfaatkan Teknologi dengan Bijak sehingga dampak negatif dari teknologi juga bisa ditanggulangi dan pastinya akan lebih bermanfaat untuk masyarakat.

Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. 

Macam-macam penerapan teknologi pada berbagai bidang
  •     Teknologi Pangan
  •     Teknologi Informasi
  •     Teknologi Komunikasi
  •     Teknologi Transportasi
  •     Teknologi Medis
  •     Teknologi Pada Bidang Pendidikan

Beberapa Manfaat dengan adanya teknologi
  •     Komunikasi antar individu atau antar kelompok akan semakin mudah.
  •     Dalam mengakses atau mencari sebuah informasi akan menjadi lebih mudah dan cepat.
  •     Mempersingkat waktu dan menghemat biaya.
  •     Dalam melakukan perdagangan akan menjadi lebih mudah dengan media elektronik.

Contoh-contoh teknologi dan manfaatnya

1. Televisi

Memudahkan seseorang dalam memperoleh berita ataupun sebagai hiburan.

2. Komputer atau laptop

Memudahkan seseorang dalam melakukan segala hal misal melakukan presentasi pada lingkup perkantoran.

3. Telepon genggam atau smartphone

Memudahkan seseorang atau kelompok dalam menghubungi orang lain dengan mudah tanpa harus mendatangi secara langsung.

4. Kendaraan bermotor

Memudahkan seseorang untuk mengakses lokasi yang diinginkan.

Upaya dan cara memanfaatkan teknologi dengan lebih bijak


Jika kita tidak pandai menggunakan teknologi, maka yang akan kita dapat adalah resiko efek buruk  yang ditimbulkan oleh teknologi. Jika ini terjadi, maka kita tidak akan mendapatkan manfaat sama sekali dari kemajuan teknologi saat ini. Bagaimanakah cara memanfaatkan teknologi yang tepat ? kalau tidak ada yang tau, mari kita simak penjelasan di bawah ini. Berikut adalah cara memanfaatkan teknologi dengan tepat.

1. Pandai memanfaatkan Smartphone
Kenapa harus pandai? Karena smartphone adalah teknologi yang hampir setiap waktu menemani kita, bahkan dari sebelum tidur sampai bangun tidur, hp selalu di dekat kita. Maka dari itu kita harus pandai-pandai memanfaatkannya agar bisa menjadi teknologi yang bermanfaat buat kita. Bagaimana cara memanfaatkannya? Yaitu dengan menggunakannya untuk komunikasi hal-hal yang penting. Misalnya dengan keluarga, dengan rekan bisnis atau dengan rekan kuliah. Karena jika kita pandai memanfaatkaanya, maka kita yang akan diperbudak oleh smartphone kita sendiri.

2. Pandai memanfaatkan Social Media ( Facebook, Youtube, Instagram, dan WhatsApp )
Aplikasi tersebut adalah aplikasi yang sangat sering sekali kita pakai dalam keseharian. Namun kita memakainya dengan pemakaian standar, tidak ada yang spesial dari cara kita menggunakannya. Lain halnya jika kita bisa manfaatkan Youtube dengan baik, misalnya untuk promosi link website, atau bisa juga menawarkan produk andalan anda. Dengan begini anda tidak akan membuang kuota anda dengan percuma. Bahkan kamu bisa mendapatkan hasil dari Youtube tersebut. Cara memanfaatkan teknologi dengan seperti ini sudah banyak sekali yang menerapkan. Maka dari itu tunggu apa lagi, kalau mereka bisa kita pastinya juga bisa.

3. Pandai mengatur waktu bermain HP atau Laptop
Gunakanlah laptop dan hp sewajarnya saja, jangan sampai menggunakannya secara Hal ini akan menyebabkan kamu kecanduan bermain hp dan laptop. Kalau sudah seperti itu, maka akan susah menyembuhkannya. Dan hal yang terburuk adalah kamu banyak membuang waktu yang percuma hanya untuk bermain hp dan laptop kamu. Jika kamu tipe orang seperti ini, maka cara memanfaatkan teknologi kamu salah besar. Gunakan hp sewajarnya kalau bisa gunakan untuk kegiatan yang menguntungkan, misalnya bisnis online atau membaca pelajaran.

4. Bijak dalam menggunakan internet
Jika kamu mau memanfaatkan internet dengan tepat, maka kamu harus bijak dalam menggunakan internet. Pakailah internet untuk kegiatan-kegiatan yang positif. Apa saja kegiatan tersebut?
  • Gunakan internet untuk mencari berbagai ilmu pengetahuan yang bermanfaat untuk kamu, misalnya ilmu keislaman, pendidikan, tataboga, dan ilmu lain yang bermanfaat.
  • Jangan terlalu mengumbar foto atau data diri anda, sebab bisa jadi data diri dan foto kamu bisa disalahgunakan oleh tangan-tangan jahil dunia maya.
  • Jika kamu sudah punya anak, maka selalu awasi dan bimbing dia dalam menggunakan internet.
  • Jangan menyebarkan isu atau HOAX yang menyebabkan banyak orang gelisah.
  • Jangan menyebarkan foto-foto atau video yang mengandung pornografi.
  • Memanfaaatkan kartu kredit atau akun online sejenisnya untuk keperluan bisnis. Cara memanfaatkan teknologi yang ini sangat efektif, jika anda mempunyai online shop
  • Gunakan semua teknologi untuk keperluan ilmu pengetahuan dan bisnis
  • Memperkenalkan teknologi kepada anak-anak kita. Cara memanfaatkan teknologi yang ini, harus dilakukan sangat hati-hati. Perkenalkan mereka dengan teknologi pada porsi mereka, jangan sampai lebih. Misalnya anak kita sudah usia TK, maka perkenalkan tentang permainan-permainan pada smart hone kamu. Setelah itu kamu bisa menambahkan pengetahuan-pengetahuan dasar buat dia, misalnya aplikasi pengenalan warna dan aplikasi pengenalan huruf. Kemudian kenalkan dengan teknologi-teknologi rumahan, misalnya tv atau lampu.

Dengan mengetahui cara memanfaatkan teknologi dengan tepat, maka seharusnya kita akan mendapatkan manfaat kebaikan dari penggunaan teknologi.

Tips Bijak Cegah Dampak Negatif Perkombangan Teknologi

Pesatnya perkembangan teknologi, tidak hanya menimbulkan dampak positif terhadap kehidupan manusia, tetapi juga banyak menimbulkan berbagai dampak negatif. Seperti contoh, banyak terjadi kasus pencullikan yang terjadi akibat salah bergaul menggunakan media sosial berupa Facebook, Whatsapp, Instagram dan lain-lain.

Begitu juga orang yang sering menggunakan teknologi seperti handphone dan alat lainnya sering kali mengabaikan orang yang ada di sekitarnya seperti keluarga, saudara dan teman. Ketika berkumpul dengan keluarga maupun teman, orang yang telah kecanduan menggunakan teknologi akan terus menggunakannya tanpa adanya batasan. Hal ini dapat merusak mental maupun fisik si pengguna. Oleh karena itu perlu sekiranya adanya penanggulangan atas meretasnya dampak negatif tersebut.

1. Dengan diberikan pemahaman kepada masyarakat tentang cara menggunakan teknologi yang baik dan tidak melanggar etika, sehingga teknologi dapat digunakan sebagai alat informasi yang dapat menopang keberlangsungan hidup manusia.

2. Memblokir situs-situs yang dapat mengantarkan pada hal negatif sebagai antisipasi untuk memfilter diri sendiri dan orang lain.

3. Menggunakan teknologi sebaik mungkin dengan mengakses situs-situs yang bernilai positif dan mempunyai nilai pendidikannya.

4. Tetap menjaga diri agar tidak mudah terpengaruh oleh berbagai penawaran yang ditawarkan oleh situs tertentu tanpa mengetahui manfaatnya.

5. Mengatur waktu penggunaan teknologi agar tidak memunculkan rasa candu.

6. Tidak terlalu mengekspos berbagai kegiatan harian Anda karena akan memunculkan kesempatan bagi para orang jahat yang mengambil keuntungan dari hal tersebut.

7. Berinternetlah dengan sehat. Maksudanya berinternet sesuai dengan kebutuhan yang Anda butuhkan. Jangan berlebihan.

Demikian, supaya kita semua senantiasa bijak dan berhati-hati dalam menggunakan teknologi. Karena apapun yang ada tentu ada dampak positif dan negatif yang sudah semestinya bisa kita kelola.


Semoga bermanfaat! Salam leafcoder.

 #teknologi #technology #benefit #leafcoder



BACA ARTIKEL Leafcoder.org SEPUTAR TEKNOLOGI LAINNYA : Artikel Teknologi


Posting Komentar

0 Komentar




Contact us

Jasa SEO Leafcoder
Support Leafcoder.org
Hi there! We accept any donation via PayPal, hope the articles we provide can always be helpful.