Tentang Format File .HEIC, Size Lebih Kecil tapi Kualitas Lebih Baik!


Artikel ini akan membahas tentang Pengertian, Kelebihan, dan Kelemahan dari Format File .HEIC yang diclaim menjadi format file terbaru yang diimplementasikan pada kamera smartphone saat ini.

Pengertian Format File .HEIC

HEIC adalah akronim dari High Efficiency Image Coding, merupakan format file yang bisa menyimpan suara dan gambar dengan standar base codec HEVC. Gambar yang dimaksud berformat HEIF (High Efficiency Image Format) atau sering dikenal juga sebagai Format Gambar Efisiensi Tinggi. Format gambar ini sudah digunakan oleh Apple dan beberapa Smartphone Android. 

Bisa dibilang, secara sederhana jika format gambar .HEIC / HEIF ini adalah versi terbaru yang mungkin nantinya menjadi pengganti format gambar lama yang sudah kita ketahui bersama yaitu .JPEG. 

.HEIC ini pertama kali saya temukan pada Smartphone Samsung A51. Awalnya Saya kira ini adalah File enkapsulasi JPEG biasa versi Samsung, ternyata salah. 

Format file .HEIC / HEIF ini bisa menghasilkan gambar dengan ukuran yang lebih kecil tetapi kualitas gambarnya justru lebih tinggi daripada format file sebelumnya (JPEG). Fakta yang sangat mengejutkan pastinya. Inilah format file yang diidamkan sejak lama, tidak menguras space penyimpanan device tapi kualitas sangat baik.
Selain itu, format file .HEIC ini juga mempunyai fitur baru yang tidak ada pada format file sebelumnya (JPEG) yaitu tersedianya transparasi dan warna 16-bit. Anda bisa melakukan advance editing pada file .HEIC ini seperti misalnya edit rotasi, crop, title, dan overlay pada gambar.

Selain file gambar, pada Format file .HEIC ini Anda juga bisa menyisipkan suara didalamnya. Wow! Biasanya implementasi ini bisa kita temukan pada fitur Live Photos di device Apple, iPhone. 

Kelebihan .HEIC 

Kelebihan Format File .HEIC / .HEIF diantaranya adalah :
1. Ukuran file yang lebih kecil dan kualitas gambar lebih tinggi daripada standar JPEG pada umumnya.
2. Bisa menyimpan 2 jenis tipe file , gambar dan suara.
3. Adanya fitur baru yang tersedia didalamnya seperti transparasi warna 16-bit dan juga berbagai macam jenis pengeditan file seperti yang Saya mention diatas.

Kekurangan .HEIC

Kekurangan Format File .HEIC / .HEIF diantaranya adalah :
1. Kompabilitas atau kesesuaian di device. Masih banyak device yang belum mendukung format file modern ini. Karena bisa dibilang masih cukup baru, hanya beberapa perusahaan teknologi yang menggunakan format file ini seperti Apple dan Samsung. 

Perbandingan .HEIC vs .JPEG

Perbandingan hasil gambar & video dalam format .HEIC / .HEIF dengan .JPEG

A. Gambar dan Video dalam format .JPEG


B. Gambar dan Video dalam format .HEIC 


Terlihat sangat jelas bukan? ini dia format file yang kita tunggu-tunggu, selain hemat storage namun kualitas tidak menjadi pertaruhannya. Kualitas lebih baik, dengan ukuran yang lebih kecil!


Nah itu dia pembahasan singkat mengenai Format File .HEIC yang perlu Anda ketahui, jika ada pertanyaan atau sekedar ingin berdiskusi mengenai topik ini silakan tinggalkan pada kolom komentar dibawah. Semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "Tentang Format File .HEIC, Size Lebih Kecil tapi Kualitas Lebih Baik!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel



Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel