Jenis-jenis Video Multimedia yang Wajib Anda Ketahui


Jenis-jenis Video Multimedia yang Wajib Anda Ketahui. Video merupakan gambungan dari beberapa image. Ada beberapa macam video yang dapat digunakan sebagai objek link dalam aplikasi multimedia.

Jenis-jenis Video Multimedia yang Wajib Anda Ketahui


1. Line Video Feed 

Line video feed menyediakan objek link multimedia yang bersifat realtime dan menarik. saluran televisi menjadi objek sebuah link. Jika kamu mengajarkan sebuah subjek yang memerlukan materi dari peristiwa yang tengah berlangsung, maka software multimedia dapat membantu Anda dengan hanya sekali klik. Contohnya adalah video dari CNN, saluran berita 24 jam meringkas berita 24 jam setiap 30 menit. 

2. Videodisc 

Videodisc memiliki random acccess sangat cepat dan hanya menempati sedikit sumberdaya komputer multimedia, maka pada abad duapuluh video disk menjadi salah satu sarana terpopuler untuk menyediakan berbagai aplikasi multimedia. Terdapat 2 jenis format videodisc yang paling banyak diproduksi yaitu, CAV dapat menyimpan 54000 stillframe atau setara dengan 50 stillframe atau setara dengan 30 menit motion video dengan stereo soundtrack. CLV dapat menyimpan hingga 1 juta video pada setiap sisi disc, yang berarti dua kali kemampuan CAV.

3. Videotape

Videotape memiliki beberapa format seperti, VHS, 88 mm, Hi 8 mm, VHS-C, Super VHS dan Betecam. Betecam merupakan format untuk broadcast yang memiliki kualitas tertinggi dari videotape.

BACA JUGA :


4. Digital Video

Digital video merupakan medium penyimpan video yang paling menjajikan pasalnya konsumen terbesar digital video memiliki 2 format yaitu, MiniDV dan Digital8. MiniDV sering disebut sebagai DV video format digital yag paling populer saat ini karena memiliki ukuran pita yg kecil, dapat menyimpan 60 menit standar play (SP) dan 90 menit long play (LP). Digital8 menggunakan codec sama mini DV, hanya perbedaanya terletak pada ukuran  pita.  

5. DVD (Digital Versalite Disc/Digital Video Disc)

DVD menggunakan MPEG-2 untuk memadatkan sebuah film panjang menjadi cakram 4,7 inchi berdiameter 12 cm. Film akan tampak sangat bagus dengan suround sound dan full color.

6. Hypervideo

Hypervideo melakukkan timing munculnya objek-objek multimedia untuk melakukkan pensinkronan dengan video. Format video standar yag dipakai sekarang yaitu, NTSC (National Television Standar Commitee) merupakan pendefisinian standar video sampai 525 gambar garis horisontal setiap 1/30detik.

PAL (Phase Alternate Line) merupakan metode yang terintegrasi penambahan warna sinyal televisi hitam putih yang mengandung 625 garis pada sebuah frame rate (25 frame per second) masing-masing membutuhkan 150 detik untuk menggambar 50 Hz,.SECAM (Sequantial Colour and Memory System) merupakan metode yang digunakan pada frequency modulation dengan 25 Hz refresh rate dan 625 baris.

HDTV (High Definition TV) merupakan standar tv baru dengan gambar layar yang lebih lebar, jernih dan kualitas suara CD Audio, aspek ratio 16:9 dibandingan dengan sistem lain 4:3, resoulsi terdiri dari 1125 (1080 baris aktif). Format standar yang digunakan dalam video digital : SIF, CIF, QCIF, QSIF. Format standar yang digunakan dalam video : AVI, MOV, MPEG, DAT, RM, SW.

Nah itu dia informasi tentang Jenis-jenis Video Multimedia yang Wajib Anda Ketahui, jika ada pertanyaan atau sekedar ingin berdiskusi tentang artikel ini silakan tinggalkan pada kolom komentar dibawah ya. Semoga bermanfaat.



Belum ada Komentar untuk "Jenis-jenis Video Multimedia yang Wajib Anda Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel



Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel