Penjelasan Lengkap tentang Suara dan Audio


Artikel ini akan membahas tentang Penjelasan Lengkap tentang Suara dan Audio. Suara merupakan getaran suatu benda yang berupa sinyal analog dengan amplitudo yang berubah secara kontinyu terhadap waktu. 


Suara selalu berkaitan dengan pendengaran, suara atau bunyi merambat melalui ruang udara. Suara dan bunyi tidak dapat merambat melalui ruang hampa udara. Suara dihasilkan oleh getaran dari suara benda. Selama bergetar, perbedaan tekanan terjadi di udara dan sekitarnya. Pola osilasi ini disebut sebagai gelombang. Suara memiliki pola gelombang yang sama dan berulang pada interval tertentu, atau biasa disebut sebagai periode. 

Penjelasan Lengkap tentang Suara dan Audio


Contoh dari suara periodik adalah instrumen musik, nyanyian burung. Sedangkan contoh suara non periodik adalah batuk, percikan ombak. 

Suara berkaitan erat dengan frekuensi, dimana frekuensi merupakan banyaknya periode dalam 1 detik. Satuan dalam frekuensi disebut sebagai hertz atau cycle per second (cps). Panjang gelombang suara (wavelength) dirumuskan sebagai c/f. Dimana c adalah kecepatan rambat bunyi dan f merupakan frekuensi.

Berdasarkan frekuensi, suara dibagi menjadi :
1. Infrasound dengan frekuensi 0Hz – 20 Hz
2. Ultrasound dengan frekuensi 20Khz – 1 Ghz
3. Hypersound dengan frekuensi 1Ghz – 10 Thz

Pendengaran manusia dapat menangkap bunyi pada frekuensi 20Hz- 20 Khz
Manusia membuat suara dengan frekuensi 50Hz – 10Khz, sinyal suara musik memiliki frekuensi 20Hz – 20Khz. Audio merupakan suara yang berada pada range pendengaran manusia, dan gelombangnya sebagai accoustic signals.

BACA JUGA :


Noise merupakan suara diluar range pendengaran manusia atau getaran yang tidak teratur dan tidak berurutan dalam berbagai frekuensi, tidak dapat didengar manusia. Selain frekuensi, suara berkaitan dengan amplitudo yang berarti keras lemahnya bunyi atau tinggi rendahnya gelombang. Satuan amplitudo adalah desibel (db).

Bunyi mulai dapat merusak telinga jika tingkat volumenya lebih besar dari 85 dB dan ada pada ukuran 130 dB akan mampu membuat hancur gendang telinga. 

Kecepatan atau velocity merupakan kecepatan perambatan gelombang bunyi sampai ke telinga pendengar, satuan dalam velocity adalah meter per second (m/s). Pada udara kering dengan suhu 20 derajat celcius kecepatan rambat suara sekitar 343 m/s. 

Gelombang suara analog tidak dapat langsung direpresantisaknan pada komputer. Komputer mengukur amplitudo pada satuan waktu tertentu untuk menghasikan sejumlah angka. Tiap satuan pengukuran ini dinamakan sebagai sample. Analog to digital conversion merupakan proses pengubahan amplitudo gelombang bunyi ke dalam waktu interval tertentu biasa disebut sebagai sampling, sehingga menghasilkan representasi digital dari suara. Sampling rate merupakan beberapa gelombang yang diambil dalam satuan detik.

Nyquist sampling rate merupakan teknik dalam memperoleh representasi yang akurat dari suatu sinyal analog secara lossless, amplitudo yang harus diambil dalam sample ini harus pada kecepatan (rate) sama atau lebih besar dari 2 kali lipat komponen frekuensi maksimum yang akan didengar. 

Digital to analog converter merupakan proses pengubahan digtal audio menjadi sinyal analog. DAC hanya dapat menerima sinyal digital pulse code modulation (pcm). Pcm adalah representasi digital dari sinyal analog, dimana gelombang disample secara berurutan berdasarkan interval waktu tertentu, kemudian akan diubah kedalam biner. Proses pengubahan ke biner disebut sebagai quantisasi. 

Advanced audio coding (AAC) merupakan audio codec yang menyempurnakan MP3 dalam hal medium dan high bit rates. AAC bersifat lossy compression (data hasil kompresi tidak bisa dikembalikan lagi ke data sebelum dikompres secara sempurna, karena setelah dikompres terdapat data-data yang hilang). 

Kelebihan AAC dari MP3 sebagai berikut :

1. Sample ratenya antara 8 Hz – 96 Khz, sedangkan MP3 16 Hz – 48 kHz
2. Memiliki 48 channel
3. Suara lebih jernih untuk kualitas bit yang rendah dibawah 16 Hz

Software pendukung AAC : Ipod, Itunes, Winamp


Nah itu dia Penjelasan Lengkap tentang Suara dan Audio yang wajib Anda tahu, jika ada pertanyaan atau sekedar ingin berdiskusi mengenai artikel diatas, silakan tinggalkan pada kolom komentar dibawah ya, Semoga bermanfaat.


Belum ada Komentar untuk "Penjelasan Lengkap tentang Suara dan Audio"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel



Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel