Teknologi Deepfake




Apa Teknologi Deepfake itu? Apa fungsi dari Teknologi Deepfake ini? Apa dampak yang ditimbulkan akibat munculnya teknologi Deepfake ini? Teknologi Artifical Intelegence ini sangat kontroversial di dunia teknologi masa kini.

Apa yang dimaksud dengan Teknologi Deepfake


Deepfake merupakan jenis algoritma asal Reddit yang diciptakan menggunakan Deep Learning, sebuah teknik dalam proses pengembangan Artifical Intelegence.

Bagaimana alur dari algoritma Deepfake ini?

Studi kasus :
Dimisalkan ada dua individu, Individu 1 dan individu 2. Anda ingin memasang wajah si Individu 1 disebuah video tentang individu B yang sedang melakukan pembacaan naskah.

Cara alur Deepfake :

Anda kumpulkan terlebih dahulu ratusan sampai ribuan foto individu 1 (dari berbagai sudut), kemudian mengimport foto-foto tersebut kedalam encoder Deepfake.



Deep learning di encoder tersebut akan melakukan catching data dari ribuan foto wajah individu 1 dan akan langsung memancarkannya ke video individu B di dalamnya, tanpa harus membutuhkan skill video editor handal. Wah sekali bukan?

Cuplikan code algoritma Deepfake :

Ingin lihat contoh implementasi teknologi Deepfake? Baca artikel ini sampai habis.

Fungsi dari teknologi Deepfake


Ada beberapa fungsi utama dari teknologi AI Deepfake ini, diantaranya adalah :

1. Mewujudkan mimpi menjadi actor favorit



Anda bisa membuat muka Anda sendiri menjadi salah satu actor film favorit Anda sendiri. Bagaimana? Masukkan 300 hingga 1000 foto selfie Anda dari berbagai sudut kedalam algoritma Deepfake, tidak percaya? Dibawah ini adalah contoh video implementasinya :




2. Bisnis lisensi wajah



Anda memiliki wajah yang rupawan? Dengan algoritma Deepfake ini, Anda bisa menyimpan data wajah Anda , kemudian menyalinnya di setiap model boneka atau manikin yang ada. Anda bisa melisensikan data wajah anda kemudian mendapatkan sejumlah uang untuk bisnis lisensi wajah bekerja sama dengan bisnis lain diluar sana.



3. Personal Advertisements

Selain profitable untuk personal dengan cara bisnis lisensi wajah, teknologi AI Deepfake ini juga profitable digunakan oleh perusahaan ataupun organisasi. Perusahaan bisa membuat iklan dengan data-data penonton untuk memasang wajah mereka di iklan. Perusahaan bisa menghasilkan iklan yang lebih personal dan bisa lebih mendekatan produk yang perusahaan jual dengan persepsi konsumen. 


Dampak yang ditimbulkan teknologi deepfake


Apakah Deepfake adalah teknologi AI yang merusak? Jawabannya tentu tergantung dari penggunaan & yang menggunakan. Saat pertama kali Deepfake muncul, Algoritma ini langsung mendapat kecaman oleh banyak orang. Banyak orang-orang yang kurang bertanggungjawab mengaplikasikan teknologi ini untuk memasang wajah artis favoritnya kedalam konten video Asusila.

BACA JUGA :


Respon pertama mayoritas masyarakat tentang Deepfake adalah respon negative, sehingga redditpun melarang semua konten yang berhubungan dengan deepfake untuk di post didalam forum Reddit.

Dikarenakan semakin habisnya konten dengan teknologi Deepfake ini, maka komunitas deepfake didunia internet pun semakin lama semakin menghilang.

Contoh video Deepfake yang telah dibuat oleh salah satu komunitas Algoritma Deepfake :



Contoh video Deepfake lainnya :





Kesimpulan pembahasan Teknologi Deepfake


Teknologi adalah sesuatu yang bersifat seperti pisau bermata dua. Manfaatnya yang bisa semakin memudahkan pekerjaan akan selalu diikuti dengan adanya kemungkinan untuk disalahgunakan untuk kegiatan atau aktivitas yang merugikan / kejahatan. Algoritma Deepfake ini adalah salah satu dari hasil teknologi yang memiliki manfaat dan sekaligus potensi untuk merugikan masyarakat.

Kelangsungan Teknologi deepfake ini bergantung pada para developer dan usernya. Apakah nantinya dimasa ang akan datang deppfake bisa menciptakan manfaat yang bisa mengalahkan respon negatit masyarakat? Hanya waktu yang akan menjawabnya.



Keywords : Teknologi Deepfake, Apa itu deepfake, dampak deepfake, akibat dari teknologi deepfake, manfaat teknologi deepfake, kelebihan deepfake, teknologi AI Deepfake

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Balasan
    1. pastinya..jgn lupa di bagikan ke yang lain yaaa biar makin tahu tentang update teknologi terbaru

      Hapus