Fakta dan Sejarah Nama Google



leafcoder.org - Fakta dan Sejarah Asal Usul Nama Google menarik untuk diketahui dan wajib kalian baca dibawah ini. Alasan mengapa Lary Page dan Sergey Brin menamai mesin pencari ( search engine ) Google, dan fakta-fakta menarik yang belum kita ketahui tentang Google. Apa saja? Baca sekarang juga.

Fakta dan Sejarah Asal Usul Nama Google 


A. Sejarah dan Asal Usul Nama Google

Google diciptakan oleh Larry page dan Sergey Brin pada tahun 1996 di kampus mereka sewaktu mereka berdua masih berada di Stanford University sebagai mahasiswa. Berawal dengan nama BackRub, mesin pencari yang dibuat dengan berkolaborasi ini diimplementasikan di server internal kampus. Setahun berlalu, pada tahun 1997 BackRub berubah nama menjadi Googol. Googol ini adalah sebuah kata yang merupakan istilah matematika untuk angka 1 yang diikuti oleh 100 angka nol. Nama ini dipilih untuk mendeskripsikan misi mesin pencari (search engine) buatan Larry Page dan Sergey Brin yaitu sebagai sumber informasi yang tak terbatas di internet.

Waktu pun tiba, ketika para investor berdatangan untuk bekerja sama. Para investor ternyata salah melakukan pengejaan nama Googol menjadi Google dan terlanjur menuliskannya dalam dokumen kerja sama. Hal ini menjadikan larry dan Sergey terciduk dan berakhir dengan penggunaan nama Google untuk mesin pencari terpopuler nomor 1 dunia ini.

B. Fakta Menarik tentang Google

# Google adalah salah satu perusahaan digital yang gemar melakukan akuisisi startup yang memiliki potensi baik. Beberapa startup yang telah menjadi keluarga Google diantaranya adalah : Blogger, Youtube, Keyhole Inc ( Google Maps dan Google Earth ). Sekarang, sudah ada ratusan startup yang diakusisi oleh Google. Sejak tahun 2010 jika dihitung secara rata-rata maka Google sudah melakukan akuisisi perusahaan startup sebanyak lebih dari 1 perusahaan setiap minggu nya. Wow!

# Google selalu memiliki tampilan yang simpel dan bersih sejak pertama kali rilis (saat masih bernama BackRub) dikarenakan CEO Google Larry Page dan Sergey Brin belum bisa menggunakan HTML. Selain itu, mereka juga menginginkan mesin pencari yang memiliki User Interface ( UI ) yang simpel, cukup klik enter setelah input kata kunci dan muncul hasil pencarian. Saat ini, konsep tersebut masih berjalan dan kalian bisa melihatnya ketika mengunjungi Google.com.

# Google memiliki Indeks pencarian Google mempunyai ukuran raksasa yaitu lebih dari 100 juta Gigabyte. Artinya, untuk menyimpan file sebesar itu membutuhkan lebih dari 100.000 hard disk berukuran 1 terrabyte untuk menyimpannya. WOW!

# Untuk menampilkan informasi pada Google Street View yang merupakan bagian dari Google Maps, jika ditotal maka Google sudah memotret jalan sepanjang 5 juta mil = 8.046 juta km.

# Pada tahun 2012, Google sudah menemukan >30 Triliyun URL unik di website. Jumlah yang sangat fantastis mengingat pada tahun 2008 hanya ada 1 Triliun URL.

# Google terkenal sebagai perusahaan digital terbesar dan terpenting di Dunia, tetapi lucu nya ternyata istilah tak ada gading yang tak retak is real. Masih ada kesalahan kode di halaman utama Google, tidak percaya? Silakan cek sendiri disini. LUL.


Nah itu dia penjelasan lengkap teknologi leafcoder.org tentang Fakta dan Sejarah Asal Usul Nama Search Engine Google milik Larry Page dan Sergey Brin, Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Fakta dan Sejarah Nama Google"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel



Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel