Jenjang Karir SEO Specialist - Digital Solutions by Leafcoder

Jenjang Karir SEO Specialist

Banyak dari mereka dan mungkin Anda sedang mencari pekerjaan dan mungkin bertanya-tanya apakah karir menjadi seorang SEO Specialist adalah jalan yang baik untuk diambil. Setiap hari ada website baru dan pemiliknya menginginkan visibiltas websitenya semakin baik di SERP Google ataupun search engine lainnya.

Tapi, dilain hal ada asumsi bahwa SEO sudah mati, ini yang membuat beberapa orang ragu untuk mengampil pilihan menjadi SEO Specialist.

Pada artikel ini, saya telah mengumpulkan informasi terbaru khusus untuk Anda calon SEO specialist, sekaligus dengan beberapa saran dan rekomendasi untuk membantu Anda memutuskan apakah SEO bisa menjadi pekerjaan impian Anda atau tidak.

Apa SEO itu dan haruskah Anda memilihnya sebagai jalur karier Anda?

SEO (Search Engine Optimization) pada dasarnya adalah proses optimasi yang dilakukan didalam dan diluar website dengan tujuan utama meningkatkan visibilitas (posisi) website di mesin pencari, seperti Google dan Bing.

Ada sekitar 2 miliar situs web di dunia, dan permintaan akan SEO meledak. Apalagi dengan fenomena Pandemi saat ini secara langsung mengakibatkan pertumbuhan bisnis dan layanan online yang belum pernah terjadi sebelumnya. Dan setiap website bisnis harus dioptimalkan agar pencarian dapat ditemukan oleh calon pelanggannya di Google secara organik. Dengan SEO ini.

Jadi, SEO bisa menjadi pilihan karir yang luar biasa hari ini, terutama jika Anda menyukai semua hal tentang Internet. Ingatlah bahwa Anda harus terus belajar dan menguasai keterampilan Anda setiap saat, karena mesin pencari terus mengutak-atik algoritma mereka setiap saat.


Skill apa saja yang Anda butuhkan sebagai SEO Specialist?

Hal terbaik jika Anda memilih karier SEO Specialist adalah Anda sebenarnya dapat memiliki latar belakang apa pun untuk pekerjaan tingkat pemula. Apa yang benar-benar diperlukan untuk menjadi SEO Specialist yang baik adalah pemikiran kritis, keterampilan komunikasi yang baik, motivasi, dan kemampuan beradaptasi.

Saat Anda berkembang sebagai SEO Specialist secara profesional, secara langsung akan belajar dan menguasai beberapa hal ini diantaranya adalah Digital marketing, HTML Codes, Keyword Research, Data Analysis, Content Writing, Copy Writing, Competitor Analysis, dan Link Building.

Terlebih lagi, Anda harus menggunakan berbagai macam tools dan software pendukung optimasi, seperti Google Search Console, Google Analytics, Data Studio, Google Tag Manager, Google Spreadsheet, Custom Code, dan tools SEO lainnya.

Apa saja jenjang karir SEO Specialist?

Jika Anda masih baru saja memulai perjalanan sebagai SEO Specialist, dibawah ini adalah informasi tentang jenjang karir yang bisa Anda tempuh:


1. Junior SEO Specialist

Ditahun pertama sebagai Junior SEO Specialist ini, Anda akan menguji, menganalisis, dan mengubah website agar lebih ramah mesin pencari. Dalam kebanyakan kasus, Anda akan berkolaborasi erat dengan tim pengembangan web (web developer) untuk memastikan bahwa praktik terbaik SEO digunakan untuk semua komponen halaman website. Tanggung jawab pekerjaan Anda akan mencakup keyword research, onpage & offpage optimization, pengoptimalan konten artikel (bekerja sama dengan copywriter), link building, dan SEO reporting. Fokus utama pada trafik organik didalam website.

Perkiraan Gaji : mulai 4-5jt / bulan


2. SEO Executive

Berlanjut ditahun selanjutnya, saat Anda sudah memperoleh pengalaman substansial dalam praktik dan analitik terbaik SEO, Anda dapat menjadi SEO Executive dan fokus melakukan analisis on-site dan off-site dari website kompetitor bisnis perusahaan yang Anda pegang. Menggunakan tools seperti Google Analytics, AHREFS, SEMRush, atau SEO Tools lain untuk membuat Website Performance Report. Membantu tim konten dalam pembuatan konten artikel yang SEO friendly, informatif dan berkualitas tinggi. Fokus utamanya selain trafik organik didalam website, juga fokus menganalisa website kompetitor sebagai acuan improvement.

Perkiraan Gaji : mulai 5-6jt / bulan


3. SEO Manager

Setelah dua atau tiga tahun bekerja sebagai SEO Executive, jenjang karir selanjutnya adalah SEO Manager, SEO Manager bertanggung jawab untuk merencanakan, menerapkan, dan mengelola strategi SEO perusahaan secara keseluruhan. Biasanya mencakup berbagai tugas seperti web marketing, web analysis, content strategy planing, link building, and keyword strategy. Ditahap ini biasanya Anda sudah memiliki anggota tim seperti Content Writer, Junior SEO Specialist, dan juga Graphic Designer untuk melengkapi divisi kecil Anda.

Perkiraan Gaji : mulai 6-8jt / bulan


4. Head of Digital

Bertahun-tahun berjalan dibidang ini, Anda sampai di jenjang karir Head of Digital. Tanggung jawab lebih besar dan lebih kompleks dibanding jenjang karir sebelumnya. Sebagai Head of Digital, Anda bertanggung jawab memastikan praktik dan proses terbaik di seluruh tim digital sehingga hasilnya sesuai dengan ekspektasi. Mengelola, memonitor, dan melakukan approval segala aktivitas tim digital. Mencari solusi dan membuat rekomendasi untuk perbaikan sistem dan infrastruktur digital perusahaan. Disini Anda menerima report organik maupun paid dari SEO Specialist ataupun Digital Marketing Specialist, dan bisa menentukan & menyarankan langkah lanjutan yang harus dilakukan.

Perkiraan Gaji : 8jt-keatas / bulan

BACA JUGA:

Nah itu dia informasi tentang Jenjang Karir SEO Specialist yang wajib Anda ketahui, semoga bermanfaat dan bisa menjawab pertanyaan Anda. Jika ada pertanyaan ataupun hanya sekedar ingin berdiskusi tentang topik artikel ini, jangan ragu tulis pada kolom komentar dibawah ya! 





Posting Komentar

0 Komentar




Hosting Unlimited Indonesia

Cloud Hosting Indonesia