Pilih CMS atau Custom PHP Framework? - Digital Solutions by Leafcoder

Pilih CMS atau Custom PHP Framework?


Mau bikin website tapi masih bingung memilih lebih baik dibuat menggunakan Content Management System (CMS) atau Custom PHP Framework? Baca dan simak artikel ini sampai habis dan temukan jawabannya sekarang juga!

Tulisan ini merupakan artikel dengan topik website:101 yang akan membahas tentang pengertian dan perbedaan antara CMS dengan Custom PHP Framework yang wajib Anda ketahui.

Website 101 : Perbedaan CMS dengan Custom PHP Framework


Pengertian CMS website

CMS dalam dunia website adalah akronim dari Content Management System. Pengertian CMS secara umum merupakan paket perangkat lunak yang digunakan untuk membuat dan mengatur berbagai jenis konten pada website.



Didalam CMS ini terdapat dua elemen penting yang memiliki fungsi berbeda yaitu CDA (Content Delivery Application) dan CMA (Content Management Application). CDA digunakan untuk memperbaharui konten website, sedangkan CMA digunakan untuk mengelola dan mengatur konten didalam website.

Fungsi CMS website


Fungsi utama CMS website adalah untuk mempermudah pengguna (pemilik website ataupun pengembang website) dalam mengelola dan mengembangkan website mereka tanpa harus mendalami pengetahuan seputar teknis website lebih dalam. Beberapa CMS yang sering digunakan di internet menawarkan kemudahan dari sisi user interface berupa pilihan GUI (Graphic User Interface) dan CLI (Command Line Interface) maupun fungsi-fungsi yang ada didalamnya. 

Contoh CMS website

Beberapa contoh CMS yang paling sering digunakan di internet diantaranya adalah : Wordpress CMS, Drupal CMS, dan Joomla CMS. CMS Wordpress adalah satu-satunya CMS yang paling banyak penggunanya di seluruh dunia. Selain sangat mudah, alasan lain mengapa CMS Wordpress sangat populer digunakan adalah dikarenakan fitur-fitur didalamnya yang selalu update & sangat lengkap.

Kelebihan dan Kekurangan CMS website

Berikut ini adalah kelebihan CMS website yang wajib Anda ketahui :

1. Mempermudah pengguna dalam membuat, mengatur, dan memperbaharui konten website
2. Pembuatan website menggunakan CMS, tidak membutuhkan pengetahuan tinggi bahasa pemrograman website
3. Memiliki aneka jenis plugins dan ekstension yang bisa digunakan dengan mudah
4. Terdapat fitur user management, yang mana bisa digunakan untuk membuat role user seperti Admin, Author, User, dan lainnya
5. Terdapat bermacam-macam pilihan template / tema yang bisa dimodifikasi sesuai dengan keinginan
6. Sudah terintegrasi dengan server pusat sehingga akan terus mendapatkan update versi terbaru untuk meningkatkan keamanan dari serangan peretas ataupun bug di versi sebelumnya
7. Bersifat open source alias gratis
8. Memiliki dokumentasi yang lengkap serta terdapat komunitas resmi yang siap membantu menjawab permasalahan yang Anda temukan saat menggunakan CMS untuk website Anda

Kekuarangan CMS website

Setelah mengetahui kelebihan CMS website, dibawah ini adalah beberapa kekurangan menggunakan CMS website :

1. Kemiripan tampilan antara website Anda dengan website orang lain. Ini bisa terjadi jika Anda menggunakan template / tema yang sama dengan website orang lain. Hal ini bisa Anda siasati dengan melakukan perubahan widget, ataupun sedikit perubahan pada template CMS Anda.

2. Fleksibilitas pengembangan yang terbatas. Jika Anda membandingkan dengan custom PHP atau pembuatan website yang sering dilakukan oleh programmer, tentu saja pembuatan website menggunakan CMS terkesan lebih 'strict' dikarenakan terdapat system boundary CMS yang tidak bisa dipaksakan dalam pengembangannya.

3. Biaya pengembangan lebih murah dibanding menggunakan Custom PHP Framework (jika menggunakan jasa Programmer atau Web Agency)


Pengertian Custom PHP Framework



Custom PHP Framework adalah aplikasi kerangka website dengan base bahasa pemrograman PHP yang diciptakan untuk mempermudah pekerjaan Programmer dalam membangun sebuah website. 

Fungsi Custom PHP Framework

Fungsi utama digunakannya Custom PHP Framework ini adalah untuk mempercepat dan mempermudah Programmer dalam mebuat website custom tanpa harus membuat fungsi ataupun class dari awal.

Contoh Custom PHP Framework

Beberapa contoh Framework PHP custom yang bisa Anda jumpai di internet adalah Code Igniter, Laravel, Zend, Yii Framework, Cakephp, dan Symfony.

Kelebihan menggunakan Custom PHP Framework

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa Anda perlu menggunakan Custom PHP Framework :

1. Membantu mempercepat dan mempermudah dalam proses membuat website (dengan catatan Anda adalah Programmer atau seseorang yang sudah mempelajari teori website lebih lanjut)
2. Memiliki tingkat fleksibilitas tinggi. Sangat cocok jika Anda ingin membangun website custom (website sesuai dengan keinginan tanpa harus terbatasi oleh system boundary)
3. Website Anda tidak akan mirip dengan website orang lain, karena Anda bisa memodifikasinya sesuai dengan keinginan

Kekurangan Custom PHP Framework


Setelah tahu apa saja kelebihan menggunakan custom PHP Framework diatas, dibawah ini adalah beberapa kelemahan atau kekurangan Custom PHP Framework, diantaranya adalah :

1. Sulit dipahami oleh orang awam
2. Biaya pembuatan dan pengembangan relatif lebih mahal dibanding membuat menggunakan CMS

Pilih mana, CMS atau Custom PHP Framework?

Setelah membaca kelebihan dan kekurangan antara CMS dan Custom PHP Framework diatas, Anda tentu saja sudah bisa menyimpulkan jawabannya dong? Ya, jawabannya adalah bergantung pada siapa, tujuan, dan juga budget yang Anda miliki. Jika Anda adalah seseorang yang masih awam atau belum terlalu ahli dalam hal programming, memiliki budget yang minim, dan juga mempunyai tujuan pembuatan website yang masih sederhana (misalkan website artikel, website porfolio, ataupun website e-commerce sederhana), memilih CMS adalah pilihan yang tepat.

Namun, jika Anda ingin membuat website yang bisa dikustomisasi lebih jauh dan tidak terkendala dengan budget, Anda bisa memilih Custom PHP Framework dengan mencari Web Agency atau Web Developer pilihan Anda.


Nah, itu dia sedikit informasi mengenai website 101 : Pilih CMS atau Custom PHP Framework? ala Leafcoder yang wajib Anda ketahui. Jika ada pertanyaan ataupun sekedar ingin berdiskusi tentang artikel ini, silakan tinggalkan pada kolom komentar dibawah. Semoga bermanfaat.



Posting Komentar

0 Komentar




Hosting Unlimited Indonesia

Cloud Hosting Indonesia