Karakteristik Human Computer Interaction

Karakteristik Human Computer Interaction by leafcoder


Human Computer Interaction adalah hubungan timbal balik (interaksi) antara manusia dan komputer. Dibawah ini adalah beberapa Karakteristik atau sifat umum pada HCI (human computer interaction) yang wajib Anda ketahui, diantaranya adalah :

1.    Inisiatif artinya memiliki sifat dasar dari model interaksi yang akan menentukan keseluruhan model komunikasi sehingga ditentukan tipe-tipe pengguna yang dituju oleh sistem yang dibangun.

2.    Keluwesan merupakan sistem yang luwes atau fleksibel, Setiap sistem memiliki kemampuan untuk mencapai suatu tujuan lewat sejumlah cara yang berbeda. Sistem dapat menyesuaaikan diri dengan keinginan pengguna. Sistem memberikan kesempatan bagi pengguna untuk melakukan customizing dan memperluas antarmuka dari sistem untuk memenuhi kebutuhan pribadinya. Keluwesan akan mamanjakan pengguna namun akan membawa konsekuensi.

3.      Kompleksitas.

4.    Beban informasi, beban yang terkandung dalam suatu ragam dialog seharusnya disesuaikan dengan aras atau level pengguna. Jika beban terlalu tinggi, pengguna akan merasa terbebani dapat berpengaruh negatif terhadap kemampuan pengolahan kognitif dan tingkah laku manusia.

5.    Konsistensi digunakan untuk membantu pengguna dalam mengembangkan mentalitas yang diperlukan dalam pengoperasian sistem komputer.


6.    Feedback atau umpan balik, pengguna yang menginginkan agar sistem yang dirancang pada saat dieksekusi selalu memberikan umpan balik tentang apa yang sedang dikerjakan oleh sistem.

7.    Observabilitas, sistem dikatakan memiliki observabilitas jika sistem berfungsi secara benar dan kelihatan sederhana bagi pengguna meski sesungguhnya proses yang terjadi sangat rumit.

8. Efisiensi dalam komputer adalah throughput atau ukuran waktu yang diperoleh dari kerjasama antara manusia dan komputer.

9.    Keseimbangan, berkaitan dengan pembagian pekerjaan antar manusia dengan komputer seoptimal mungkin.
10.    Kontrobilitas, Kontrobilitas berimplikasi bahwa sistem selalu berada dibawah kontrol pengguna.

Karakteristik pada HCI bermacam-macam dan harus diperhatikan pemilihan dan karakteristiknya sehingga dapat menjadi suatu model interaksi yang baik.


Nah itu dia artikel tentang Karakteristik Human Computer Interaction yang perlu Anda ketahui, jika ada pertanyaan atau ingin sekedar berdiskusi silakan tinggalkan pada kolom komentar dibawah ya, Semoga bermanfaat.



Belum ada Komentar untuk "Karakteristik Human Computer Interaction"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel



Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel