Penjelasan lengkap tentang HTTP/2


Penjelasan tentang protocol internet HTTP/2 yang merupakan protocol Hypertext Transfer Protocol generasi baru yang menggantikan HTTP 1.1  sebagai protocol di dunia internet. IESG atau internet Engineering Steering Group merupakan badan yang bertanggung jawab dalam mengatur,mengontrol dan juga memberikan standarisasi protocol yang digunakan di internet. Dengan telah disetujuinya protocol HTTP/2 oleh IESG maka secara resmi protocol HTTP/2 telah diresmikan pada tahun 2015 lalu.

Pengertian protocol HTTP/2

HTTP/2 adalah protocol internet generasi terbaru setelah adanya HTTP/1.1 atau biasa kita kenal dengan HTTP yang mana diciptakan untuk memperbaiki bug dan kelemahan pada protocol http sebelumnya. Fokus utama dan merupakan kelebihan dari HTTP/2 ini terletak pada kecepatan dan keamanan untuk memberikan surfing experience yang lebih baik bagi pengguna internet. Dengan protocol HTTP/2 ini para pengguna internet akan merasakan loading time yang lebih singkat, lebih aman dan juga akan lebih menghemat bandwidth pengguna.


Implementasi HTTP/2

Jika kalian termasuk orang yang “kepo” tentang teknologi website (Baca cara mengetahui teknologi website disini : Cara Melihat Teknologi Website), bisa dilihat protocol HTTP/2 ini telah di implementasikan di situs jejaring social Facebook, Instagram, maupun Twitter. 


Teknologi HTTP/2 pada Sosial Media Facebook - Leafcoder.org
Ketiga situs raksasa ini memilih HTTP/2 sebagai komposisi website dengan alasan agar pengguna tidak perlu lama-lama menunggu load time saat mengunjungi website. Dengan adanya Javascript, CSS, dan komponen website lainnya memang akan membuat website lebih menarik, namun tanpa didukung teknologi protocol website terbaru, maka akan membuat proses loading sumber daya website akan lebih lambat. Untuk itu, solusi terbaik adalah mengimplementasikan protokol HTTP/2 ini.
Teknologi kompresi dan enkripsi pada HTTP/2 ini sangatlah mutakhir dan bisa memegang peranan penting bagi masa depan internet yang bisa menawarkan kecepatan akses sekaligus keamanan ekstra bagi pengguna internet. 

Perbedaan HTTP/2 dengan HTTP/1.1 (HTTP)

Perbedaan mendasar antara protokol HTTP/2 dengan HTTP terletak pada cara kerjanya. HTTP hanya menggunakan 1 buah koneksi ketika menampilkan suatu halaman website sehingga elemen resource seperti file HTML,CSS,Gambar,beserta JavaScript akan direquest satu persatu. Jika webserver dari website tersebut terlambat melakukan resource tersebut, maka seluruh permintaan selanjutnya akan tertunda (pending) sehingga membuat load time membengkak. Berbeda dengan HTTP biasa,

BACA JUGA : Penjelasan Lengkap Tentang SSL / HTTPS

HTTP/2 menjadikan proses request resource pada halaman website lebih ringkas dan lebih cepat dengan menggunakan teknologi “ Multiplexing “ yang mana dalam satu koneksi , webserver bisa memproses request atas beberapa elemen resource secara parallel (disebut juga dengan istilah multi threading). Webserver kemudian akan memberikan semua resource tersebut kedalam 1 bundle data melalui 1 tahap saja dan ketika telah diterima, browser akan membagi dan mengaturnya kembali kemudian memyusun halaman website yang diminta.
Protokol HTTP/2 ini sudah di dukung oleh browser IE 11, Firefox 38, Chrome 42, Safari 9, Opera 30, Safari 9, dan Chrome for Android v42. Sedangkan webserver yang telah mendukung HTTP/2 ini adalah Microsoft IIS 10 dan LiteSpeed Enterprise 5.0.
Nah itu dia informasi lengkap teknologi tentang Penjelasan lengkap tentang HTTP/2 yang wajib kalian tahu. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Penjelasan lengkap tentang HTTP/2"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel



Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel