Penjelasan Lengkap tentang Animasi


Animasi adalah ilusion of motion yang tersusun dari image statis yang kemudian ditampilkan secara berurutan. Pada video atau film, animasi merujuk pada suatu teknik yang dimana tiap frame dalam film dibuat secara terpisah.

Frame dihasilkan dari komputer, fotografi atau gambar lukisan. Ketik frame-frame tersebut digabungkan, maka terdapat ilusi perubahan gambar, sesuai dengan teori yang disebut dengan persistance of vision.

Penjelasan Lengkap tentang Animasi



Animasi Sel merupakan materi yang digunakan untuk membuat film gambar bergerak pada tahun-tahun awal animasi. Materi film dibuat dari asetat biasanya digambar dengan menggunakan tangan. Animasi sel merupakan lembaran-lembaran yang membentuk animasi tunggal. Masing-masing sel merupakan bagian yang terpisah, misalnya antara objek dengan latar belakangnya, sehingga dapat saling bergerak mandiri. Animasi sel disebut sebagai animasi tradisional.

Langkah-langkah membuat animasi sel


Langkah membuat animasi sel sebagai berikut :

1. Menyiapkan ide atau storyboard yang disiapkan berupa gambar yang berupa sketsa dan tulisan yang diserahkan ke director animasi.

2. Voice recording menyiapkan segala musik, soundtrack, sound effect, dan suara karakter animasi.

3. Animatics dibuat setelah sound track dibuat, sebelum seluruh animasi selesai dikerjakan.

4. Design dan timing melibatkan character designers, background, stylist, art director, color stylist dan timing director.

5. Layout meliputi sudut penataan kamera, lighting dan shading.

6. Animation merupakan animasi digambar dengan pensil berwarna dibanyak kertas.

7. Background digambar dengan menggunakan water color, oil paint dan crayon.

8. Traditional ink dan paint dan camera meupakan tahapan setelah semua tahap selesai digambar maka akan dilakukkan transfer gambar diatas bahan yang disebut cel dan akan difoto dan diputar di kamera.

9. Digital ink dan paint digunakan di scanner dan komputer.


BACA JUGA :

Jenis-jenis animasi


Jenis animasi terbagi menjadi berikut :

1. Animasi Frame merupakan animasi paling sederhana. Contoh dari animasi frame ketika kamu membuat gambar-gambar yang berbeda-beda gerakannya pada sebuah tepian buku kemudian kamu membuka buku tersebut dengan menggunakan ibu jari secara cepat maka gambar tersebut akan kelihatan bergerak. Dalam sebuah film, serangkaian frame bergerak dengan kecepatan minimal 24 frame per detik agar tidak terjadi jitter.

2. Animasi sprite merupakan bagian dari animasi bergerak secara mandiri, misal ada burung terbang, planet yang berotasi, bola memantul, atau logo yang berputar. Dalam animasi ini layar yanng mangandung sprite, kamu tidak dapat mengedit bagian dalam yang ditampilkan oleh layar untuk masing-masing frame seperti pada animasi frame.

3. Animasi path merupakan animasi dari objek yang bergerak sepanjang garis kurva yang ditentukan sebagai lintasan. Misal, pada pembuatan animasi kereta api, pesawat terbang, burung yang membutuhkan lintasan gerak tertentu. Kebanyakan animasi path dilakukan efek looping yang membuat gerakan path terjadi secara terus menerus.

4. Animasi spline merupakan representasi matematis dari kurva. Sehingga gerakan objek tidak hanya mengikuti garis lurus melainkan berbentuk kurva.

5. Animasi vektor merukan animasi yang mirip seperti animasi sprite, namunanimasi sprite menggunakan bitmap sedangkan vektor menggunakan rumus matematika dalam menggambarkan sprite-nya.

6. Animasi karakter biasanya terdapat pada film kartun, semua bagian akan selalu bergerak secara bersama. Software yang digunakan adala Maya Unlimited. Contoh film kartun yang dibuat dengan software maya unlimited adalah toy story dan monster inc.


Nah itu dia Penjelasan Lengkap tentang Animasi yang wajib Anda ketahui, jika ada pertanyaan atau ingin sekedar berdiskusi mengenai artikel diatas, silakan tinggalkan pada kolom komentar dibawah. Semoga bermanfaat.



2 Komentar untuk "Penjelasan Lengkap tentang Animasi"

  1. Nice info min, kalau stop motion itu masuk ke jenis animasi apa ya ? kan keren juga tuh kalo saya suka liat

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel



Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel