Analisa SEO Instagram


Sudah tahu kan apa itu SEO (Search Engine Optimization) ? SEO diterapkan pada website agar bisa muncul di halaman pertama mesin pencarian. Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, teknik SEO ini ternyata sudah diimplementasi dibanyak platform selain website, salah satunya adalah Instagram.

SEO Instagram


Benarkah ada SEO di Instagram? Jika memang ada, lalu bagaimana tips & cara optimasi SEO di Instagram? Jika Anda search di Internet, tentu ada beberapa tips yang sudah dijabarkan oleh website-website seputar teknologi yang membahas tentang ini.

Dimulai dari penentuan username instagram, penentuan nama akun instagram, pembuatan hashtag, penyesuaian teks deskripsi, hingga penambahan Alt Text pada postingan instagram Anda. Semua tips tersebut bisa Anda lakukan guna memaksimalkan visibilitas konten instagram Anda didalam algoritma Instagram sendiri maupun search engine (Google) nantinya.

Apakah SEO Instagram sama dengan SEO Website?

Setelah membaca sekilas, spontan muncul pertanyaan diatas. Dari segi teknik optimasi yang dilakukan, konteks optimasi konten pada Instagram tentu lebih simpel & mudah jika dibandingan dengan SEO pada website.


Jika dibahas dari sudut pandang efektifitas pada mesin pencarian sampai artikel ini saya publish, efektifitas SEO Instagram pada Search Engine Google masih belum sepowerful SEO website pastinya. Karena pada dasarnya, konsep awal Instagram adalah inboundary content yang hanya difokuskan didalam lingkup aplikasi Instagram sendiri.

Tapi tidak menutup kemungkinan bisa saja nantinya konten pada Instagram ini akan muncul semakin banyak di SERP Google, untuk itu teknik SEO Instagram ini perlu kita coba.

Analisa SEO Instagram by leafcoder.org



Studi kasus 1 :


Saya coba search pada mesin pencari Google dengan keyword "IG Leafcoder" dan kemudian muncul hasil seperti berikut :

SEO Instagram by Leafcoder.org : Hasil pencarian Google dengan keyword "IG Leafcoder"
Hasil :

Dari hasil studi kasus 1 diatas, bisa diartikan bahwa Google sudah meng-index URL Profil Instagram dari Leafcoder, tapi bukan konten yang ada pada Instagram Leafcoder.org. Kenapa kontennya masih belum muncul di Index Google? Tunggu dulu, saya harus lakukan studi kasus lanjutannya.

Studi Kasus 2 :



Untuk mengetahui hasil lainnya, saya coba lakukan pencarian lagi dengan keyword lain yaitu "IG Niko Julius"

SEO Instagram by Leafcoder.org : Hasil pencarian Google dengan keyword "IG Niko Julius"

Hasil :
Masih belum ditemukan konten instagram yang terindeks di SERP Google dengan keyword diatas.

BACA JUGA :


Studi kasus 3 : 

Tapi lain hasil jika saya mengetikkan keyword "Instagram Niko Julius" maka akan muncul hasil sebagai berikut :

SEO Instagram by Leafcoder.org : Hasil pencarian Google dengan keyword "Instagram Niko Julius"
Hasil :

Muncul URL konten instagram di SERP Google, mengapa bisa muncul? bagaimana cara menampilkan konten Instagram kita di SERP Google? Pasti ini yang muncul di benak Anda kan.

Oke, Saya coba breakdown dari kasus diatas.

4 Cara Agar Konten Instagram Muncul di SERP Google :



1. Konten berkualitas, dalam studi kasus ini ke dua konten yang muncul pada SERP Google diatas berisi tentang Tips Instagram versi Niko Julius. Desain konten feed dibuat dengan konsep carousel menyambung sehingga sangat interaktif & menarik. Selain itu, pembahasan yang jelas & mudah diserap membuat kedua konten diatas di re-share, like, dan dibanjiri komentar-komentar dari Followersnya.

2. On target, rata-rata user yang meninggalkan komentar dan memberikan like pada kedua postingan adalah orang-orang yang sedang belajar tentang social media khususnya instagram. Sehingga terjadi banyak sekali interaksi pada konten tersebut.

3. Komunikatif, point ini juga tidak kalah pentingnya dari kedua point sebelumnya. Pada akhir deskripsi konten terdapat CTA atau Call to Action " Oh ya, jangan lupa bantu saya Share Konten ini di Story dan Tag saya ya...⁣⁣" yang berkemungkinan bisa menambah retensi & interaksi pada postingan konten IG tersebut.

4. Menerapkan Tips SEO Instagram, dimulai dari deksripsi instagram yang menyebutkan skill yang dia miliki, penggunaan Hashtag pada tiap konten Feednya, penambahan Alt Text, dan juga teks deskripsinya.


Pertanyaan lainnya yang mungkin muncul di benak Anda :

1. Apakah jumlah followers berpengaruh terhadap SEO Instagram?

Ya, semakin banyak followers yang memiliki interest yang sama dengan topik yang Anda angkat di Instagram maka akan semakin besar pula kesempatan Konten Instagram muncul di SERP Google.
Tapi ingat, followers yang Saya maksud disini adalah Followers Real yang memiliki ketertarikan dengan konten yang Anda buat. Percuma juga, jika Followers banyak tetapi Bot. Dicatat ya.


2. Apakah Profil Instagram kita bisa mendapatkan Sitemap di SERP Google?

Bisa, Saya sendiri awalnya berfikir ini mustahil, tapi setelah saya coba riset kembali ternyata Profil Instagram bisa mendapatkan Sitemap dari Google. 

Apa itu sitemap? Lihat gambar dibawah ini :

Sitemap Leafcoder di SERP Google

Diatas adalah contoh Sitemap yang diberikan gratis oleh google kepada website / blog yang sudah terindeks di Mesin Pencarian Google. 

Selain website / blog, sekarang Profil Instagram juga bisa mendapatkan sitemap spesial dari Google. Saya coba input keyword "IG Raditya Dika" dan muncul hasil seperti dibawah ini :


Sitemap profil IG Raditya Dika by Leafcoder.org

Mengapa profil instagram Raditya Dika bisa mendapatkan sitemap spesial dari Google?
  • Akun sudah verified
  • Banyaknya followers
  • Banyaknya interaksi & impresi yang ada di postingan feed maupun story
  • Dikelola dengan baik & terkonsep.


Empat opini diatas adalah versi Saya, jika ada versi lain ataupun tambahan dari Anda silakan tinggalkan pada kolom komentar dibawah.

Kesimpulan Analisa SEO Instagram


Oke, dari breakdown Saya diatas tentu bisa kita ambil beberapa kesimpulan yang bisa menjadi point penting dari SEO Instagram ini. Diantaranya adalah :

1. SEO Instagram tidak sama dengan SEO Website / Blog pada umumnya.

2. SEO Instagram tidak semata-mata akan berhasil hanya dengan menambahkan ALT Text saja. Tujuan awal adanya fitur ALT Text adalah untuk memberikan kemudahan akses bagi para pengguna yang merupakan penyandang tunanetra (user yang memiliki keterbatasan visual ketika mengakses instagram). Cara kerjanya adalah secara otomatis apps IG akan membacakan tulisan yang ada pada Alt Text melalui aplikasi screen reader / aplikasi pemrosesan bahasa yang biasa digunakan oleh pengguna tunanetra tersebut.

3. Selain Optimasi pada konten & profil Instagram Anda sendiri, memiliki followers tertarget juga wajib Anda kejar untuk membantu menambah dan meningkatkan jumlah impresi dan interaksi pada post konten Feed Anda (agar nantinya dilirik Google dan ditampilkan pada SERP Google).




Nah, mungkin itu saja artikel khusus tentang Analisa SEO Instagram yang bisa Saya Share, jika ada yang ingin ditanyakan atau ingin sekedar berdiskusi mengenai topik ini, jangan sungkan untuk menuliskannya pada kolom komentar dibawah ya. Semoga bermanfaat.






2 Komentar untuk "Analisa SEO Instagram"

  1. wah bermanfaat buat newbie seperti saya min, thanks info nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap, saran saya lebih baik perdalam SEO Website saja.. SEO Instagram masih 'abu-abu' soalnya. hehehe

      Hapus

Iklan Atas Artikel



Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel