10 Tren SEO 2020 Yang Wajib Anda Ketahui


10 Tren SEO 2020 Yang Wajib Anda Ketahui. Ketika kompetisi online terus meningkat dan situs web baru diluncurkan, sekarang saatnya untuk memikirkan kembali strategi pemasaran konten Anda dan berinvestasi dalam SEO. Situs web harus memenuhi persyaratan khusus yang ditetapkan oleh mesin pencari seperti Google, dan di sinilah strategi SEO menjadi sangat penting.

Anda harus tahu apa tren SEO di cakrawala sehingga Anda dapat memperbarui situs web Anda sesuai dan memastikan bahwa lebih banyak prospek dan pelanggan menemukan Anda dalam hasil mesin pencari. 

10 Tren SEO 2020 Yang Wajib Anda Ketahui


1. Google Featured Snipplets akan Mendominasi Lebih Banyak Klik Pencarian

Google telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir untuk memberikan pengalaman pencarian yang lebih baik bagi pengguna, seperti melalui Cuplikan Unggulan / Featured Snipplet / Rich Snipplet.


Featured Snipplets ( Rich Snipplet ) biasanya muncul di atas nomor 1 hasil organik, biasanya disebut sebagai “Posisi 0.”

Untuk memanfaatkan fitur ini dan mendorong lebih banyak klik ke situs web Anda, Anda perlu memberikan jawaban yang jelas untuk pertanyaan umum di situs web Anda. Cuplikan Unggulan dievaluasi dan ditingkatkan ke atas tergantung pada kualitasnya, yang Google punya cara untuk menentukannya. Jangan anggap enteng tren ini, karena 54,68% klik dari Google berasal dari Featured Snipplets — membuktikan bahwa mereka menggerakkan lebih dari setengah klik mesin pencari. 

Featured Snipplets mewakili peluang besar bagi pembuat konten karena memberikan Anda kemampuan untuk menghasilkan lebih banyak lalu lintas organik bahkan jika Anda tidak berada pada peringkat nomor 1 teratas. 

Google Rich snippet adalah tampilan hasil pencarian yang di-markup sehingga terlihat lebih menarik. Rich snippet sama sekali tidak mempengaruhi peringkat, hanya membantu pengguna Google untuk memilih sebuah hasil dengan informasi yang anda berikan.

2. Keamanan Situs adalah Suatu Keharusan, Pastikan Website Anda Sudah Menggunakan HTTPS

Keamanan pengguna adalah tren lain yang tampaknya tidak ada hubungannya dengan SEO, tetapi sangat penting untuk pengalaman pengguna situs web. Jika seorang pengguna tidak merasa aman mengunjungi halaman web maka mereka kemungkinan besar akan pergi dengan cepat. Atau jika mereka melihat peringatan "Tidak Aman" muncul, mereka mungkin memutuskan untuk tidak melanjutkan ke halaman Anda. Akibatnya, rasio pentalan tinggi dapat memengaruhi posisi halaman itu dalam daftar pencarian organik.


Sangat penting untuk mengaktifkan protokol HTTPS untuk situs Anda. HTTPS memberi pengguna situs web koneksi aman yang dienkripsi dan diautentikasi. Menurut Google , HTTPS " membantu mencegah penyusup merusak komunikasi antara situs web Anda dan browser pengguna Anda ."

Google ingin memberikan pengalaman browsing yang aman kepada penggunanya, sehingga mereka yang menerapkan HTTPS dapat mengalami peningkatan SEO minor.

Jika Anda mencoba mengumpulkan informasi pribadi dari pengguna Anda di situs web Anda melalui formulir web, maka Anda memiliki tanggung jawab untuk melindungi privasi mereka.

Sangat penting untuk meyakinkan pengguna Anda bahwa data mereka akan dilindungi selama mereka tetap di halaman tersebut.

Masih ada banyak kerentanan di web, tetapi setiap hari ada langkah-langkah keamanan baru yang dapat diterapkan ke situs web Anda sendiri. 

3. Adanya Teknologi Voice Search pada Website

Sebelum adanya smartphone inovatif, orang mencari dengan cara memasukkan kata-kata ke dalam kotak mesin pencari di komputer desktop mereka. Kata kunci lahir dari perilaku ini. Dengan meningkatnya penggunaan perangkat seluler, pencarian suara menjadi tren yang populer di kalangan pengguna internet. Pencarian ini tidak hanya dilakukan pada ponsel, tetapi mereka juga dapat dilakukan pada asisten suara rumah seperti Amazon Echo, Samsung Smart TV, Voice Pod, dll.

Mengetahui cara mengoptimalkan situs web Anda untuk pencarian suara dapat membantu Anda menghasilkan lebih banyak lalu lintas organik jika Anda memahami dan menerapkan pencarian percakapan ke dalam strategi SEO Anda.



Tapi bagaimana pencarian suara mengubah SEO?

Pencarian suara sangat memengaruhi SEO di tahun 2020 karena ini semua tentang mengajukan pertanyaan melalui suara alih-alih memasukkan permintaan pencarian. Selanjutnya, istilah-istilah tersebut menjadi lebih percakapan dan tepat sasaran.

Namun, ketika menggunakan pencarian suara, mesin pencari harus melakukan lebih banyak pekerjaan untuk mendapatkan informasi yang relevan yang dicari pengguna pada saat itu, membuat kata kunci berombak pendek tidak begitu penting lagi.

Perubahan ini sudah dekat mengingat bahwa pada tahun 2020 diharapkan bahwa lebih dari 50% dari semua pencarian internet akan dimulai melalui suara. Karena itu, konten Anda harus beradaptasi dengan tren baru ini untuk menonjol di mesin pencari saat ini.

4. Kualitas User Experience pada Mobile Device Akan Menentukan Ranking Website Anda di Mesin Pencarian

Sebuah situs web yang tidak memiliki versi seluler dapat kehilangan sebagian besar penggunanya di tahun-tahun mendatang karena laman web seluler merupakan tren yang semakin populer pada tahun 2020. Terutama karena semakin banyak orang di dunia yang mendapatkan telepon pintar karena semakin banyak telepon seluler menara sedang dibangun dengan konektivitas yang lebih baik.


Namun, teknologi dan cara orang menemukan informasi melalui perangkat seluler mereka semakin canggih sehingga tidak cukup hanya dengan memiliki situs web seluler - antarmuka harus mudah dibaca, menarik perhatian orang, dan kemudian memiliki kemampuan untuk menjawab pertanyaan mereka atau Setidaknya buat mereka terhibur.

Studi menunjukkan bahwa 4 dari 5 konsumen melakukan pencarian lokal di mesin pencari menggunakan perangkat mobile mereka. Dan seperti yang Anda lihat di bawah, pencarian di smartphone adalah 88% sementara pencarian di komputer dan tablet digabung menjadi 84%:

5. Video sebagai Sumber Informasi

Sama seperti pencarian suara menjadi lebih populer, video di internet juga meningkat secara eksponensial. Studi dari Google dan organisasi lain menunjukkan bahwa 6 dari 10 orang lebih suka menonton video online daripada televisi. Dalam banyak hal, tampaknya YouTube kini telah menjadi TV baru.


Pengguna internet saat ini, terutama milenium dan yang lebih muda, lebih suka mendapatkan informasi melalui video online, baik untuk tujuan akademis atau hanya untuk hiburan. Itu sebabnya menerapkan video online harus di radar untuk sebagian besar bisnis. Sebuah video berkualitas dapat menarik banyak pengguna jika itu dinamis dan tidak membuat pemirsa tertidur.

Tetapi bagaimana ini mempengaruhi SEO?

Untuk menjangkau lebih banyak orang dengan video Anda, Anda perlu mengoptimalkannya untuk pengguna pencarian. Untuk melakukan ini, gunakan kata kunci yang sesuai dalam deskripsi dan judul video Anda yang akan menjamin bahwa video mencapai jumlah terbesar orang yang tertarik pada subjek itu.

BACA JUGA :



6. CTR dan Dwell Time Akan Menjadi Faktor Penting Penentuan Ranking Website Anda di Mesin Pencarian



Ketika orang menjadi terbiasa dengan koneksi internet yang cepat dan informasi di ujung jari mereka, situs web dan email rasio klik-tayang (CTR) dan waktu tinggal (alias jumlah waktu yang dihabiskan seseorang di halaman web sebelum memantul) akan lebih penting lagi untuk keberhasilan upaya SEO Anda.

Kedua metrik itu penting karena menunjukkan wawasan yang mendalam tentang kepuasan pencari web. Lamanya waktu seseorang bertahan di halaman atau tautan lain yang diklik orang itu dapat secara tidak sengaja memberi tahu Anda, pemasar, betapa tertariknya mereka pada konten Anda dan jika mereka menemukan informasi yang mereka butuhkan.

Semakin banyak waktu yang dihabiskan untuk sebuah halaman biasanya menunjukkan seberapa puas seseorang dalam menemukan apa yang mereka cari. Kami berharap mesin pencari memberikan nilai lebih pada waktu tunda pada tahun 2020.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa dalam SEO, dwell time berbeda dari CTR dalam CTR yang melacak jumlah orang yang mengklik tautan berdasarkan jumlah yang melihat SERP, sedangkan dwell time lebih tertarik pada apa yang dilakukan orang setelah mereka mengklik pada halaman, bukan jumlah orang yang mengkliknya.

7. Konten berkualitas tinggi lebih penting daripada sebelumnya

Iklan daring masih berfungsi untuk mengarahkan bisnis, tetapi kita akan melihat bahwa itu akan semakin mahal di tahun-tahun mendatang. Dan sayangnya, tidak ada jaminan bahwa pelanggan akan menanggapi iklan Anda. Sembilan puluh satu persen dari total pengeluaran iklan dilihat kurang dari satu detik ; ini menyebabkan pengeluaran iklan digital $ 38 miliar terbuang pada tahun 2017.

Itu sebabnya membuat konten berkualitas tinggi adalah elemen penting dari strategi SEO yang efektif. Pengguna menginginkan konten yang relevan, membantu, dan tepat waktu — dan itulah yang cenderung dihargai oleh Google dengan peringkat mesin pencari yang lebih tinggi. Orang-orang menuju ke mesin pencari dengan pertanyaan, dan halaman web Anda perlu memberikan jawaban.

Konten harus diteliti dengan baik dan mengikuti struktur logis yang membuatnya mudah dinavigasi dan dibaca.

Artikel yang informatif dan berkualitas adalah satu-satunya jenis konten yang akan menumbuhkan popularitas situs web pada tahun 2020 dan selanjutnya. Konsumen daring cepat mendeteksi dan mengabaikan halaman web atau artikel blog yang terlalu penjualan. Menurut Laporan "Missing the Mark" dari Economist Group , "71% pembaca mengatakan mereka dimatikan oleh konten yang tampak seperti promosi dagang."

Yang diinginkan orang adalah konten pendidikan yang dikirimkan kepada mereka dalam bentuk yang mudah dicerna, seperti posting blog, video, podcast, infografis, dll.

8. Pengguna Menuntut Pengalaman Digital yang Terbaik

Tidak peduli seberapa bagus konten Anda, tidak ada yang penting jika halaman web Anda tidak dimuat dengan cepat atau jika memiliki antarmuka pengguna yang kompleks.

Sudah terbukti bahwa pengguna internet meninggalkan halaman web jika tidak dimuat dalam beberapa detik, ini menjadi faktor yang sangat penting dalam dunia SEO. Bahkan, penundaan 1 detik dalam waktu pemuatan halaman dapat mengakibatkan kerugian besar bagi bisnis Anda.


Setelah Anda meningkatkan kecepatan halaman, Anda juga harus fokus pada pengalaman pengguna. Navigasi harus logis dan mudah dipahami. Jangan menggunakan kata-kata atau jargon yang asing bagi audiens Anda. Meskipun Anda mungkin berpikir sesuatu itu kreatif atau pintar, Anda harus menempatkan diri Anda pada posisi pemirsa Anda. Apakah mereka mengerti apa yang Anda maksud dalam sepersekian detik? Jika tidak, mereka akan terpental dari halaman web Anda dan kembali ke SERP. Tingkat bouncing yang tinggi akan berdampak negatif pada peringkat pencarian Anda.

Faktor-faktor ini adalah perbedaan antara halaman web Anda berada di posisi teratas mesin pencari atau tidak.

9. Masalah Panjang Konten

Kami sudah membahas bagaimana bilah harus ditingkatkan pada kualitas konten yang Anda terbitkan, tetapi kita juga harus membahas panjangnya. Halaman web yang berisi konten berkualitas tinggi yang lebih panjang biasanya mendapatkan visibilitas lebih tinggi hari ini. Tapi kenapa begitu? Ya, kenyataannya adalah bahwa pengguna internet lebih memilih untuk mendapatkan semua informasi yang mereka butuhkan dari satu sumber yang dapat diandalkan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa halaman yang memiliki artikel 2.000 atau lebih kata biasanya mendapatkan lebih banyak pembaca daripada artikel dengan lebih sedikit kata.


Tetapi jumlah kata yang tinggi saja tidak cukup — konten harus komprehensif dan cukup kaya untuk menjawab semua pertanyaan yang dimiliki pengguna dan mampu menjawab pertanyaan yang berkaitan erat.

Selain itu, semakin banyak waktu yang dihabiskan pengguna di halaman web, semakin besar kemungkinan Google akan menghargai halaman tersebut dengan lebih banyak lalu lintas organik.

Idealnya, Anda harus mempublikasikan konten berkualitas tinggi secara konsisten sehingga situs web Anda akan selalu tetap aktif dan segar di mata Google dan algoritme peringkatnya.

10. Kecerdasan Buatan Berperan Langsung dalam SEO

Kecerdasan buatan (AI) adalah salah satu teknologi paling penting saat ini dan digunakan di berbagai industri untuk menciptakan pengalaman unik dan personal bagi konsumen.

Perusahaan seperti Google menggunakan kecerdasan buatan untuk memberikan hasil pencarian yang lebih baik kepada penggunanya. Jadi bagaimana AI menjadi norma baru dalam algoritma Google? Mari kita periksa timeline :



Tetapi bagaimana cara kerja kecerdasan buatan?

Tanpa mempelajari aspek teknis yang rumit, kecerdasan buatan telah secara progresif mempelajari karakteristik dari apa yang membuat artikel yang diterbitkan berharga atau tidak.

Kemudian, AI secara otomatis mengklasifikasikan halaman web ini dan menentukan peringkatnya - dengan presisi yang sangat baik. Ini sudah menjadi kenyataan; perusahaan seperti Google sedang menerapkan teknologi ini sekarang.


Nah itu dia ulasan lengkap tentang 10 Tren SEO 2020 Yang Wajib Anda Ketahui, jika ada yang ingin Anda tanyakan tentang artikel diatas silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah. Feel free to discuss with me. Semoga bermanfaat.


Keyword : Tren SEO 2020, Tren SEO tahun 2020 Indonesia, Tren SEO 2020 Bahasa Indonesia, 10 Tren SEO 2020

Belum ada Komentar untuk "10 Tren SEO 2020 Yang Wajib Anda Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel



Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel