Review Website Aksesoris Olahraga Indonesia : SFIDNFITS - Digital Solutions by Leafcoder

Review Website Aksesoris Olahraga Indonesia : SFIDNFITS


Artikel review kali ini akan membahas mengenai pengalaman & testimoni secara teknikal tentang salah satu website sportswear atau website aksesoris olahraga yang memiliki tagline FROM INDONESIA WITH PRIDE, SFIDNFITS. 

SFIDNFITS atau juga dikenal dengan FITS Indonesia adalah salah satu brand lokal yang menyediakan aksesoris olahraga dengan berbagai macam jenisnya, terhitung tanggal 19 Januari 2020 di katalog website sfidnfits telah terdapat sekitar 57 produk. Dimulai dari aksesoris fitness seperti fitness gloves (sarung tangan fitnes), hingga produk yang terbaru yaitu FITS Permafrost Series 2 (versi terbaru botol termos / shaker olahraga FITS Permafrost).

Review Website SFIDNFITS


1. Interface Website

Pembahasan pertama yang akan saya breakdown adalah tentang Tampilan Website. Mengusung tone warna Hitam, Abu-abu, Putih, dan warna Emas sebagai warna persona dari brand ini menimbulkan kesan Elegan dan Premium. 

Dihalaman pertama saat pertama kali mengakses website ini, visitor akan menemukan landing page yang berisi tagline dan featured product image SFIDNFITS.

Tampilan awal website SFIDNFITS - Leafcoder.org
Untuk menuju ke halaman selanjutnya, visitor harus menekan / klik logo S FITS yang berada di tengah section landing page tersebut. Menurut saya, ini tidak masalah dari sisi estetika website namun jika dinilai dari sisi SEO (Search Engine Optimization), landing ini akan sedikit membuat bounce rate website lebih tinggi, (terutama jika visitor-visitornya ingin buru-buru checkcout / langsung ingin melihat detail katalog). Ini hanya asumsi personal saya saja, its okay to put this page on this website dengan catatan sebagai estetika website saja.

Hint :
Bounce rate adalah angka dimana pengunjung mengunjungi websitemu lalu langsung keluar.

Setelah melakukan klik, maka visitor akan diarahkan ke halaman utama website. Kurang lebih tampilannya akan seperti dibawah ini :

Tampilan Homepage website SFIDNFITS 19/01/2020 - Leafcoder.org
Dihalaman utama langsung disuguhkan content summary dari website Sportswear Indonesia ini. Dimulai dari Slideshow Banner yang berisi tentang Informasi mengenai #FITSERS (sebutan komunitas SFIDNFITS), katalog produk, produk terbaru, event yang sedang berjalan yang bisa diikuti, dan lainnya. 

Jika diintip dari teknologi websitenya, Web ini menggunakan teknologi yang sama dengan rata-rata website E-commerce di Indonesia yaitu PHP, Bootstrap, dan teknologi lainnya. Dari sisi kecepatan loading website, masih tergolong tidak terlalu cepat dan juga tidak terlalu lambat.

Skor kecepatan website SFIDNFITS (Desktop) versi PageSpeed Insight Google - Leafcoder.org
Keterangan :
The color-coding maps to these Performance score ranges:
  • 0 to 49 (slow): Red
  • 50 to 89 (average): Orange
  • 90 to 100 (fast): Green
These color buckets were revised in Lighthouse v3.1.1.



Dengan score 59 yang didapat, berarti Website ini tergolong jenis website yang memiliki kecepatan pemuatan data berada di titik rata-rata website pada umumnya.

Untuk point interface website mungkin saya bahas singkat saja seperti diatas. Saya akan lanjut pada point ke dua yaitu User Experience Website.

2. User Experience Website

Pengalaman saat mengunjungi website adalah point penting selanjutnya yang wajib dibahas. Pada halaman katalog produk di website SFIDNFITS saya merasakan kemudahan informasi yang diberikan pada masing-masing produknya.

Tampilan katalog produk di website SFIDNFITS 19/01/2020 - Leafcoder.org

Pros dan Cons menurut saya (pada halaman ini) :

No Pros Cons
1 Menu navigasi filter produk ada disebelah kiri katalog (sangat memudahkan visitor saat melakukan seleksi produk yang diinginkan) Pilihan filter yang tersedia masih belum terlalu dalam (detail), untuk user seperti saya saat melihat filter tersebut terlalu sederhana. But its okay.
2 Terdapat informasi yang detail seperti image preview, rating, warna, dan harga produk langsung di masing-masing produknya Maintenance konten produk kurang rapi & terkesan jarang terupdate (dari sisi rating, warna, dsb) : Terbukti masih ada beberapa produk yang ratingnya masih nol, dan saat diklik, konten detail produk masih kosong.
3 Image preview sudah terkonsep. Keep it up! Ada beberapa image preview pada sebagian produk yang masih belum di update. (kembali ke point ke 2).
4 Pada versi mobile juga tersedia fitur filter produk, sangat memudahkan visitor yang berkunjung menggunakan smartphone. Untuk sebagian orang / visitor yang awam, mungkin hal ini akan sedikit membingungkan (ribet) dilihat.

Ya, pros dan cons diatas adalah murni pendapat dari Saya sendiri, tidak perlu dipikirkan terlalu mendalam ya! Hehe.

Dari sisi pengalaman transaksi di website, sangat easy to use. Kurang lebih step by stepnya seperti ini.

Cara Belanja di Website SFIDNFITS :


1. Buka website SFIDNFITS
2. Klik menu Product untuk melihat semua katalog produk
3. Pilih Produk yang ingin dibeli
4. Jika sudah yakin ingin membeli, langsung saja klik tombol BUY. Jika ingin tahu lebih lanjut mengenai produk tersebut, klik DETAILS
5. Pilih warna sesuai keinginan (untuk beberapa produk yang tersedia warna berbeda), ukuran produk (untuk beberapa produk yang memiliki ukuran tertentu)
6. Klik Add to Cart, Klik View Cart, Jika Anda memiliki Kode Voucher / Kupon silakan masukkan pada kotak coupon code.
7. Klik next, pilih metode pembayaran, Selesai.


Tampilan Halaman Checkout SFIDNFITS

8. Tunggu barang yang Anda pesan sampai ke rumah Anda.

3. Fitur Website

Beberapa fitur website SFIDNFITS yang berhasil saya highlight yang mungkin belum tersedia pada website kompetitor-kompetitornya adalah sebagai berikut :

  • Selain tersedia metode pembayaran bank manual, Anda juga bisa memilih metode pembayaran lainnya.
  • Tersedia opsi pembelian lain via Ecommerce, jika Anda merasa kurang familiar berbelanja didalam website SFIDNFITS, Anda bisa melakukan transaksi di E-commerce Official SFIDNFITS yang telah tertera di website.
  • Masih merasa kurang familiar bertransaksi via E-commerce? Gunakan Tombol WhatsApp pada website untuk pesan via Chat WhatsApp. Kurang lengkap apa lagi. 
  • Shop manager yang responsif & sangat friendly kepada calon pembeli adalah point plus lainnya yang ada di website ini.


4. Kesimpulan

Dibuat dengan teknologi website mainstream & aman pastinya, tampilan yang elegan & ditambah fitur-fitur yang ditawarkan untuk memudahkan calon pembeli / visitor yang datang untuk sekedar ingin melihat katalog produk atau bahkan ingin membeli produk FITS, Saya beri overall score 7.5/10 untuk Website ini.

Diluar pembahasan tentang teknikal & detail website, untuk Anda yang hobi & memiliki rutinitas gym,fitness, ataupun olahraga lainnya Saya rekomendasikan untuk mengunjungi website SFIDNFITS ini. Anda bisa dapatkan aneka produk aksesoris fitness,gym,olahraga Indonesia dengan harga yang mungkin belum pernah Anda temukan pada brand lainnya yang menawarkan kualitas premium dengan harga yang terjangkau.

Lihat Katalog SFIDNFITS Sekarang.


Keyword : Review Website Aksesoris Olahraga Indonesia : SFIDNFITS, Review website sfidnfits, website aksesoris olahraga indonesia, sportswear terbaik indonesia, fits indonesia, official website sfidnfits



Posting Komentar

0 Komentar




Contact us

Jasa SEO Leafcoder
Support Leafcoder.org
Hi there! We accept any donation via PayPal, hope the articles we provide can always be helpful.