Mengenal Istilah di Google Analytics


Mengenal istilah di google analytics. Google Analytics adalah layanan gratis dari Google yang berfungsi untuk menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web. Google Analytics bisa menelusuri pengunjung berdasarkan mesin pencarian, iklan, jaringan pay-per-click, email marketing dan juga tautan yang yang ada dalam dokumen PDF.

Jika diintegrasikan dengan AdWords, Google Analytics juga bermanfaat untuk menganalisis efektfitas iklan AdWords yang dipasang di Google. Dengan Google Analytics, pengguna dapat mengetahui iklan dan kata kunci apa yang paling banyak disambungkan ke situs web pengguna. Aplikasi  Google Analytics juga digunakan untuk mengetahui kepadatan traffic dari website atau blog.

Mengenal Istilah di Google Analytics



Dengan menggunakan Google Analytics seseorang dapat membuat report tentang traffic website atau blog dalam jangka waktu harian, mingguan, atau bulanan.

    Daftar isi :
  1. Menu Audience
  2. Menu Acquisition
  3. Menu Behavior

Menu Audience

Didalam menu Audience terdapat data-data yang berhubungan dengan visitor / pengunjung websitemu, dimulai dari berapa banyak jumlah pengunjung baru, demografik pengunjung (usia, gender, lokasi), sistem operasi yang digunakan, dan lain sebagainya.

Istilah yang ada pada menu Audience Google Analytics diantaranya adalah :

  • Sessions, merupakan jumlah pengunjung / visitor yang mengunjungi websitemu per kunjungan ( visit ). Setiap 1 visitor yang mengunjungi website akan dihitung sebesar 1 sessions.Tetapi jika visitor tersebut tidak melakukan aktivitas apapun didalam website selama 30 menit, maka jika dia kembali mengakses wbsitemu, akan dihitung sebagai 2 sessions.

Contoh kasus : Kamu membuka website leafcoder.org pada label info, tiba-tiba ada urusan mendadak yang membuatmu harus meninggalkan aktivitas browsing untuk beberapa saat. 35 menit kemudian, kamu melanjutkan browsing di leafcoder.org dan mengklik label lain (missal label google) maka kamu telah dihitung sebagai 2 sessions.
  • Users, merupakan pengunjung yang pernah membuka websitemu setidaknya 1 kali.

Contoh kasus : Siang ini kamu buka leafcoder.org, malam nanti kamu buka lagi leafcoder.org, kamu tetap terhitung sebagai 1 user.
  • Pageviews, merupakan total halaman / page yang dilihat pengunjung. Jika kamu membuka halaman yang sama secara berulang-ulang, maka akan tetap terhitung sebagai pageviews.

Contoh kasus : Kamu membuka website leafcoder.org di menu Teknologi, lalu kamu berpindah ke menu Info, lalu dilanjutkan kembali membuka menu Teknologi, maka pageviews yang kamu dapatkan adalah 3 pageviews.
  • Pages / sessions, merupakan jumlah halaman yang terbuka dalam setiap kunjungan website.
  • Avg Sessions Duration, merupakan lama waktu yang dipakai pengunjung setiap kunjungan ke websitemu.
  • Bounce Rate, merupakan angka dimana pengunjung mengunjungi websitemu lalu langsung keluar.
  • New Sessions, merupakan presentasi pengunjung baru di websitemu.

Menu Acquisition

Didalam menu Acquisition akan menampilkan data bagaimana pengunjung menemukan websitemu di internet.

Beberapa istilah yang ada pada menu acquisition Google Analytics diantaranya adalah :


  • Paid Search, merupakan pengunjung yang datang melalui iklan pada search engine. Iklan ini berasal dari Google AdWords.
  • Organic Search, merupakan hasil traffic yang asalnya dari pencarian organic di mesin pencarian google.
  • Direct, merupakan pengunjung yang sudah tahu tentang websitemu dan langsung mengetikan URL websitemu di browser mereka.
  • Display, merupakan traffic yang berasal dari iklan banner.
  • Referral, merupakan traffic pengunjung yang berasal dari website lain.
  • Social, merupakan pengunjung yang datang kewebsitemu dari social media seperti Facebook, Twitter, Google+, dan social media lainnya.

Menu Behavior

Didalam menu Behavior berisi halaman / pages apa saja yang sering di kunjungi oleh visitor websitemu. Didalam menu ini juga terdapat data-data perilaku visitor seperti kecepatan loading page website, halaman apa saja yang dicari oleh pengunjung dengan menu pencarian di websitemu. 

Nah itu dia beberapa istilah yang ada pada Google Analytics yang wajib kamu tahu. Untuk membaca lebih banyak tentang artikel seputar Google silakan klik di sini. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Istilah di Google Analytics"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel



Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel