Cara Alternatif Membuat 3D Photo Facebook dengan Mudah (Photoshop,Omnivirt) - Digital Solutions by Leafcoder

Cara Alternatif Membuat 3D Photo Facebook dengan Mudah (Photoshop,Omnivirt)


Bagaimana cara membuat 3D photo / foto 3D Facebook yang mudah, cepat, dan tidak perlu membeli iPhone X? Simak tutorial pada artikel ini sampai selesai, dan buat 3D Photo pertamamu dengan mudah pastinya!

Alternatif Cara Mudah Membuat 3D Photo FB


Sebelum masuk ke tutorial, Anda wajib terlebih dahulu tahu tentang Facebook 3D Photo. Facebook 3D Photo adalah salah satu fitur terbaru Facebook yang akan menampilkan Foto Anda dalam bentuk dan kedalaman 3 dimensi (saat foto di scroll kebawah ataupun di gerakkan ke kanan / ke kiri foto akan bergerak), tentunya akan memberikan pengalaman berbeda saat Anda melihatnya. Lihat contoh 3D Photo yang Saya buat dibawah ini.

via GIPHY

Untuk saat ini, jika Anda ingin membuatnya secara instant maka pastikan Anda memiliki smartphone / device yang sudah mendukung teknologi 3D Photo ini, dibawah ini adalah list Smartphone yang telah mendukung Facebook 3D Photo :



Android :

Samsung Galaxy Note 8, Note 9
Samsung Galaxy S9+, S10, S10E, S10+, S10 5G
Samsung Galaxy Fold
Google Pixel, Pixel XL
Google Pixel 2, Pixel 2XL
Google Pixel 3, Pixel 3XL

iOS :
iPhone 7+
iPhone 8+
iPhone X, XS, XS Max
iPhone 11, 11 Pro, 11 Pro Max

Smartphone Anda belum masuk pada list diatas? Tenang saja, Anda masih bisa kok membuat Facebook 3D Photo dengan alternatif lainnya. Saya akan membahasnya sebentar lagi.

Bagaimana Cara Membuat 3D Facebook Photo?


A. Cara pertama : Jika Anda memiliki smartphone pada list diatas.

1. Buka Aplikasi Facebook Mobile Anda (pastikan sudah update versi terbaru di playstore)
2. Ketuk Apa yang ada di pikiran Anda? di bagian atas Umpan Berita Anda. Ketuk Tulis sesuatu ... dalam grup atau Buat posting di Halaman.
3. Ketuk Foto / Video.
4. Pilih foto Mode Portrait Anda dan ketuk Selesai. Anda akan melihat 3D di kanan bawah foto yang memenuhi syarat.
5. Ketuk Buat 3D di kiri atas foto Anda.
6. Ketuk Bagikan atau Posting.
Note : Untuk menghapus efek 3D, Anda dapat mengetuk Hapus 3D di kiri atas foto Anda.

B. Cara kedua : Jika Anda tidak mempunyai smartphone pada list diatas & memiliki software image editing seperti Photoshop misalnya.


1. Buka Photoshop
2. Pilih Foto yang ingin Anda jadikan Facebook 3D Photos, save dengan format jpg atau png & berikan nama image. Sehingga nanti akan menjadi image.jpg / image.png


3. Lakukan seleksi pada objek utama (akan menjadi image depth nantinya), Anda bisa gunakan Lasso Tools, Quick Selection Tools, ataupun Pen Tools untuk melakukan seleksi objek sesuai dengan keinginan & yang mana yang paling biasa Anda gunakan. Dalam tutorial ini, karena saya kurang mahir dalam menggunakan tools diatas, saya gunakan Auto selection dari remove.bg. Hasilnya seperti dibawah ini.


4. Setelah objek terseleksi, klik function (fx) > color overlay > Pick warna abu-abu (#a6a8a8) > OK. Lihat gambar dibawah jika masih kurang jelas.


5. Buat layer baru, lalu fill dengan warna yang lebih gelap dari warna abu-abu sebelumnya. Maka akan menjadi seperti pada gambar dibawah. Save dengan format JPG atau PNG dan berikan nama image_depth sehingga nanti akan menjadi image_depth.jpg atau image_depth.png.


6. Buka facebook menggunakan browser Google Chrome, lalu lakukan langkah-langkah berikut :
  • Klik Foto / Video di bagian atas Umpan Berita Anda, grup atau Halaman Anda.
  • Pilih dua file Anda (gambar dan peta kedalaman), lalu seret dan jatuhkan file Anda ke posting Anda. Ketika file ditambahkan ke posting Anda, gambar 3D akan dibuat.
  • Klik Posting.

C. Cara ketiga : Gunakan Omnivirt 3D Photo

1. Buka website Omnivirt 3D Photo
2. Pilih foto yang ingin Anda buat 3D
3. Upload Depthmap, jika malas membuatnya tinggal pilih Predict (Beta). Tunggu proses predict selesai.
4. Klik Download 3D Photo Assets.
5. Unzip, maka akan ada 2 file seperti dibawah ini :



6. Buka Facebook, upload kedua image tersebut seperti pada tutorial B,langkah ke 6.
7. Tadaa!! Selesai.


Nah itu dia tutorial step by step Cara Mudah Membuat 3D Photo Facebook yang bisa Anda coba dan langsung buat Facebook 3D Photo Anda sekarang juga! Jika ada pertanyaan mengenai Artikel ini, silakan tinggalkan pada kolom komentar dibawah ini ya! Semoga bermanfaat.


Keyword : Cara Mudah Membuat 3D Photo Facebook, Cara membuat foto 3D facebook, facebook 3D photo, cara upload foto 3d facebook



Posting Komentar

0 Komentar




Contact us

Jasa SEO Leafcoder
Support Leafcoder.org
Hi there! We accept any donation via PayPal, hope the articles we provide can always be helpful.