Cara merekam aktivitas pada laptop dengan inputan suaramu


Selamat malam, kali ini saya akan membagikan tutorial mengenai cara merekam aktivitas pada laptop dengan inputan suaramu. Tutorial ini bisa kalian gunakan nanti jika ingin membuat video tutorial beserta penjelasan ataupun membuat video gaming untuk dipublish di youtube.

Baik langsung saja, pertama silahkan download aplikasi yang diperlukan klik disini untuk melihat link download camtasia studio

Silahkan install sesuai dengan instruksi pada deskripsi video diatas.

Step by step :

1. Klik icon windows (jika menggunakan OS windows) , ketikkan " camtasia " , nanti akan muncul beberapa aplikasi bundling dari camtasia studio. Pilih Camtasia Recorder.
 
 












2. Setelah diklik, maka akan muncul mini menu pada pojok kanan bawah monitor kalian.













3. Lakukan konfigurasi singkat untuk inputan suara kalian nantinya dengan cara :
- Klik menu tools > options > klik tab Inputs > Audio settings > pada Format, ganti menjadi MPEG Layer-3, pada Attributes, Pilih 48.000 kHz; Stereo.
- Klik Save As, beri nama sesuai keinginan kalian, lalu klik OK.













4. Ok, siap untuk merekam. Caranya tinggal klik tombol "rec" , tekan F10 untuk mengakhiri proses rekaman. Save ke drive kalian.
Perlu diketahui hasil akhir tanpa editing terlebih dahulu akan memiliki format .avi.

Dibawah ini adalah contoh video yang saya buat menggunakan camtasia recorder :


Untuk tutorial lanjutan akan saya buat pada artikel selanjutnya dan jika ada pertanyaan silahkan jangan malu-malu untuk menanyakannya.

Note : saran dari saya, jika kalian ingin membuat semacam video tutorial.. sangat sangat merekomendasikan camtasia sebagai software recordernya, jika kalian ingin merekam aktivitas ingame (didalam game), silahkan gunakan fraps untuk hasil yang maksimal. Untuk info mengenai fraps, klik disini.

Semoga bermanfaat. Salam leafcoder!

Belum ada Komentar untuk "Cara merekam aktivitas pada laptop dengan inputan suaramu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel



Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel