Pengertian, Kekurangan dan Kelebihan Template Responsif




Selamat pagi, tahu kan makna dari template responsif?

Template responsif adalah istilah yang digunakan dalam konsep membuat desain template yang memungkinkan tata letak bisa berubah tergantung pada resolusi layar saat tampil. Misalnya, pada  template layout 2 kolom kita buat di layar resolusi 1024 pixel dan dan untuk layar yang lebih kecil misalnya 767 pixel kita buat dari 2 kolom menjadi satu kolom.


Fungsi dari template responsif adalah sebagai alternatif untuk membuat situs mobile yang terpisah, Seperti pada smartphone, ipad ada landscape dan portrait, bila dilakukan dengan cara yang baik itu bisa terlihat benar-benar indah, bagus dan keren.


Diatas merupakan contoh dari fungsi responsif pada website Leafcoder jika digunakan Iphone5 untuk mengunjungi webnya.


Dibawah ini adalah Kekurangan dan Kelebihan template yang Responsif :

A. Kelebihan Template Responsif

1.  Mampu Menyesuaikan
Mampu menyesuaikan, Seperti yang saya sebutkan diatas template yang responsif dapat dibukan di beberapa media misalkan Android, Komputer, Laptop dengan tampilan yang tidak berubah karena dapat menyesuaikan terhadap screen atau layar. Dengan begitu dapat menguntungkan halaman situs anda karena pengunjung anda tentunya tidak semua dapat membuka laptop atau computer mereka untuk mengakses sebuah halaman sehingga dapat menaikan traffic dari halaman anda.

2. Ringan Dan Simpel
Ringan maksudnya Fast Loading dan  Simpel, Halaman yang memiliki loading yang cepat tentunya akan membuat pengunjung anda akan merasa nyaman berada berlama lama di halaman anda. Simple maksudnya tampilan yang biasa biasa saja tanpa widget yang berlebihan yang memberatkan kinerja dari halaman atau blog anda. Pengunjung sebuah blog tidak akan menunggu hanya untuk menunggu loading halaman blog anda dan lebih memilih untuk mencari informasi di halaman lain yang lebih fast loading. Dengan kecepatan akses blog anda yang baik tentunya akan meringankan biaya kuota internet mereka.

3. Valid HTML5 Dan CSS3
Rata rata template yang responsif sudah Valid HTML5 Dan CSS3 namun ada pula yang butuh beberapa perubahan untuk menyempurnakan HTML. Jika menggunakan HTML5 Harus BENAR , Mengapa ? Jika HTML anda benar maka mesin pencari crawler akan dapat mengunjungi situs anda dan mengIndex halaman anda. HTML yang tidak benar justru akan memblokir crawler sepenuhnya atau sebagian yang berpotensi dapat menyebabkan pengindeksan tidak tepat pada halaman anda atau bahkan tidak akan di index sama sekali.

B. Kekurangan Template Responsif

1. Desain Sederhana
Salah satu kekurangan dari template yang Responsif yaitu sederhana namun tidak sederhana seperti template default bawaan blogger. Jika anda pandai dalam codeing tentunya akan memiliki tampilan yang baik dan responsif. Tapi jika anda hanya mendownload dari beberapa penyedia template gratis yang ada di internet tentunya akan kurang dalam segi desain nya.

2. Widget Terbatas
Template blog yang Responsif dan Valid HTML 5 tentunya tidak dapat menggunakan begitu banyak widget karena akan berpengaruh terhadap beberapa error yang terjadi saat anda mengeceknya di validator.w3.org ( Baca : Efek Widget Berlebih ). Salah satu tips untuk mengurangi Error pada widget adalah dengan menghapus quick editnya. Jika ada kesalahan dalam membuat template valid html5 akan berpengaruh terhadap Error di Google Web Master Tools.

Intinya pada saat ini template responsif dan mobile friendly sangat di perlukan karena google sekarang akan meninjau blog anda yang di akses dari Gadget. Pemakaian template yang responsif dan mobile Friendly pada saat ini sangat di anjurkan untuk kemajuan dan kelangsungan blog anda pada hasil pencarian Google.

Nah itulah informasi mengenai Pengertian,Kekurangan dan Kelebihan dari Template Responsif.

Semoga bermanfaat. 

4 Komentar untuk "Pengertian, Kekurangan dan Kelebihan Template Responsif"

  1. Dukung responsive gan :D

    sitelink muhfikriadli.blogspot.com

    BalasHapus
  2. BOLEH TANYA BOSS MIN.. blog ane termasuk dalam kategori apa ..? blas komentnya di blog ane aja yah boss.. tolong kritik & sarannya juga.

    allinone719.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo aden, barusan gw cek blogmu..ternyata untuk UI nya belum termasuk blog responsif den... hehe silahkan feel free to ask kalo misal aden mau upgrade UI jadi lebih responsif ya :)

      Hapus

Iklan Atas Artikel



Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel