Mengenal Revolusi Industri 4.0


Mengenal Revolusi Industri 4.0. Apa yang dimaksud dengan Revolusi Industri 4.0? Bagaimana asal mula munculnya revolusi industri 4.0 ini? Apa saja pengertian revolusi industri 4.0 menurut para ahli? dan apa saja prinsip rancangan dalam revolusi industri 4.0 ini? Cari tahu jawabannya sekarang juga dengan membaca artikel berikut ini.

Mengenal Revolusi Industri 4.0

    Daftar isi :
  1. Pengertian Revolusi Industri 4.0
  2. Asal mula istilah Revolusi Industri 4.0
  3. Pengertian Revolusi Industri berdasarkan pendapat Ahli
  4. Prinsip rancangan dalam Revolusi Industri 4.0

Pengertian Revolusi Industri 4.0

Revolusi Industri 4.0 adalah sebuah era industri digital dimana seluruh bagian yang ada di dalamnya saling berkolaborasi dan berkomunikasi secara real time dimana saja kapan saja dengan pemanfaatan IT (teknologi informasi) berupa internet dan CPS guna menghasilkan inovasi baru atau optimasi lainnya yang lebih efektif dan efisien.

Infografik Perkembangan Revolusi Industri Dunia - Leafcoder.org


Asal mula istilah Revolusi Industri 4.0


Istilah revolusi industri 4.0 / Industrie 4.0 muncul dari sebuah proyek dalam strategi teknologi canggih pemerintah Jerman yang mengutamakan komputerisasi pabrik dan diangkat kembali di Hannover Fair tahun 2011.Pada Bulan Oktober 2012, Working Group on Industry 4.0 memaparkan rekomendasi pelaksanaan Industri 4.0 kepada pemerintah federal Jerman. Anggota kelompok kerja Industri 4.0 diakui sebagai bapak pendiri dan perintis Industri 4.0. Laporan akhir Working Group Industry 4.0 dipaparkan di Hannover Fair tanggal 8 April 2013.

Pengertian Revolusi Industri berdasarkan pendapat Ahli


1. Angela Merkel (2014): Revolusi industri 4.0 adalah transformasi komprehensif keseluruhan aspek produksi dalam industri melalui penggabungan teknologi digital dan internet dengan industri konvensional.
2. Schlechtendahl, dkk (2015): Revolusi industri 4.0 adalah sebuah lingkungan industri dimana seluruh entitasnya selalu terhubung dan mampu berbagi informasi satu sama lain, ia menekankan kepada kecepatan ketersediaan informasi.

3. Kagerman, dkk (2013): Revolusi industri 4.0 adalah integrasi CPS, IoT, dan IoS dalam berbagai proses industri.
4. Herman, dkk (2015): Revolusi Industri 4.0 adalah istilah untuk menyebut sekumpulan teknologi dan organisasi yang didalamnya terdapat smart factory, CPS, IoT, dan IoS.

Prinsip rancangan dalam Revolusi Industri 4.0

Prinsip rancangan dalam Industri 4.0 terdiri dari 4 bagian. Prinsip-prinsip ini membantu perusahaan mengidentifikasi dan mengimplementasikan skenario-skenario Industri 4.0 diantaranya adalah :

1. Interoperabilitas (kesesuaian) : Kemampuan mesin, perangkat, sensor, dan manusia untuk berhubungan dan berkomunikasi dengan satu sama lain lewat Internet untuk segala (IoT) atau Internet untuk khalayak (IoP). IoT akan mengotomatisasikan proses ini secara besar-besaran.

2. Transparansi informasi : Kemampuan sistem informasi untuk menciptakan salinan dunia fisik secara virtual dengan memperkaya model pabrik digital dengan data sensor. Prinsip ini membutuhkan pengumpulan data sensor mentah agar menghasilkan informasi konteks bernilai tinggi.

3. Bantuan teknis : Pertama, kemampuan sistem bantuan untuk membantu manusia dengan mengumpulkan dan membuat visualisasi informasi secara menyeluruh agar bisa membuat keputusan bijak dan menyelesaikan masalah genting yang mendadak. Kedua, kemampuan sistem siber-fisik untuk membantu manusia secara fisik dengan melakukan serangkaian tugas yang tidak menyenangkan, terlalu berat, atau tidak aman bagi manusia.

4. Keputusan mandiri : Kemampuan sistem siber-fisik untuk membuat keputusan sendiri dan melakukan tugas semandiri mungkin. Bila terjadi pengecualian, gangguan, atau ada tujuan yang berseberangan, tugas didelegasikan ke atasan.


Itu dia penjelasan tentang Revolusi Industri 4.0 yang wajib kamu tahu, jika dirasa bermanfaat silakan share artikel ini di media sosialmu. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Revolusi Industri 4.0"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel



Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel