Cara Perpendek URL dan Custom URL Bitly




Tutorial cara memperpendek link URL dan cara custom URL agar lebih singkat menggunakan Bitly ini akan sangat bermanfaat untuk atasi link URL yang terlalu panjang sehingga akan lebih singkat sehingga lebih mudah di hafalkan dan efisien saat kita kunjungi pastinya. 



Sebelumnya saya telah tulis tips tentang Cara Mudah Perpendek Link URL yang mana dibuat menggunakan goo.gl ( URL shortener milik Google ), tetapi dikarenakan kebijakan baru yang telah di tuliskan pada blog official Google yang mengakibatkan service Shortener Goo.gl menjadi nonaktif dan tidak bisa digunakan lagi maka disini saya berikan alternatif lain untuk kalian yang masih bingung dimana dan bagaimana cara memperpendek URL website sekaligus memodifikasinya menjadi URL custom.

Contoh :


Saya ingin membuat url : https://www.leafcoder.org/2017/03/penjelasan-lengkap-deface.html menjadi lebih pendek dan lebih mudah diingat, maka saya akan buat menjadi bit.ly/defaceLC. 



Apakah bisa? Tentu saja bisa, ikuti tutorial dibawah ini dan langsung buat URL panjangmu lebih singkat dan lebih unik!



1. Buka url https://bitly.com/ dibrowser favoritmu

2. Akan muncul tampilan seperti pada gambar dibawah ini, klik SIGN UP untuk mendaftar di bitly.com (Lihat gambar 1)
Gambar 1. Homepage Bitly - Leafcoder.org


3. Selanjutnya, pilih salah satu opsi pendaftaran, dalam hal ini saya pilih pendaftaran menggunakan akun Gmail. Masukkan alamat email dan password Gmailmu. ( Lihat gambar 2 )
Gambar 2. Halaman registrasi Bitly - Leafcoder.org





4. Setelah berhasil masuk, maka akan muncul tampilan berikut, pilih kategori sesuai keinginanmu. Dalam hal ini tujuan saya perpendek URL adalah untuk click tracking yang berhubungan dengan digital marketing sehingga saya pilih DIGITAL MARKETING. Kalian bisa memilih kategori lain tentunya. Pilih sesuai dengan kebutuhan kalian ya. ( Gambar 3 )
Gambar 3. Pilih kategori Bitly - Leafcoder.org

5. Selanjutnya adalah menginput informasi perusahaan kalian, dalam hal ini juga silakan isi sesuai dengan keinginan kalian. Jika sudah, klik START CREATING BITLINKS. ( Gambar 4 )
Gambar 4. Input informasi Bitly - Leafcoder.org


6. Masukkan URL panjang kalian pada kotak URL yang muncul, lalu akan muncul tampilah seperti pada gambar dibawah ( Gambar 5 ). Pada kotak CUSTOMIZE, kalian bisa mengganti ekor url bitly menjadi lebih unik ( contoh : URL bitly asli : bit.ly/l34fc0d3r, setelah di custom menjadi : bit.ly/lcoder ). Tag bisa kalian isi maupun kalian kosongkan. Jika sudah klik SAVE.
Gambar 5. Membuat URL Pendek & Custom Bitly - Leafcoder.org
7. Hasil URL yang sudah diperpendek dan dicustom akan muncul didashboard bitly kalian, klik COPY lalu coba paste di address bar browser kalian. Url tersebut akan mengarahkan langsung ke URL ASLI pastinya.

8. Untuk memonitor jumlah klik pada URL yang telah kita perpendek dan kita custom tadi, kalian bisa lihat pada bagian yang saya beri kotak orange dibawah ini ( Gambar 7 )
Gambar 7. Dashboard Analytic Bitly - Leafcoder.org

Nah itu dia artikel tips dan trik tentang cara memperpendek URL dan custom URL menggunakan bitly yang wajib kalian ketahui guna menyingkat link yang panjang sekaligus membuatnya menjadi lebih unik dan mudah dihafalkan pastinya. Semoga bermanfaat, jangan lupa bagikan di social media kalian agar semakin banyak teman-teman yang tahu pastinya. Salam.

Belum ada Komentar untuk "Cara Perpendek URL dan Custom URL Bitly"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel



Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel