Inilah Alasan Penting Mengapa Bisnis Anda Wajib Go Digital! - Digital Solutions by Leafcoder

Inilah Alasan Penting Mengapa Bisnis Anda Wajib Go Digital!


Leafcoder.org - Artikel ini kami tujukan khusus untuk Anda yang masih bingung untuk memulai sebuah bisnis, baru saja memulai bisnis, ataupun yang masih tetap semangat berjuang menjalani bisnis secara konvesional atau juga disebut offline business (bisnis yang dilakukan dengan cara lama tanpa memanfaatkan kecanggihan teknologi media online).

Inilah Alasan Penting Mengapa Bisnis Anda Wajib Go Digital!

Untuk memulai dan melakukan bisnis di era digital saat ini, Anda wajib merencanakan segala hal dengan cepat dan terukur. Ada dua pilihan yang bisa Anda ambil, tetap menjalankan bisnis konvensional Anda atau mulai belajar shifting menjalankan bisnis secara Go Digital. 


Bisnis Konvensional (offline business) adalah bisnis yang paling sering kita temukan dikehidupan sehari-hari, tanpa paling umum dari bisnis konvensional adalah adanya ruko/tempat/toko yang digunakan untuk menjalankan bisnis tersebut. Promosi bisnis menggunakan selebaran,spanduk, ataupun secara verbal dari mulut ke mulut. Transaksi yang dilakukan juga secara langsung antar penjual dan pembelinya. 

Beberapa contoh bisnis konvensional yang masih dilakukan dan bisa kita temukan disekitar kita sampai sekarang diantaranya adalah toko kelontong, rumah makan, jasa jahit baju, salon, depot air minum, dan bimbingan belajar offline.

Sementara itu, Bisnis Online secara Go Digital menawarkan pilihan lain yang tidak bisa Anda temukan sebelumnya. Anda mungkin tidak perlu lagi menyewa ruko untuk menjual produk bisnis Anda, cukup menyiapkan tempat/platform online untuk menjual produk. 

Anda bisa menggunakan website dan aplikasi e-commerce (toko online) untuk menjual produk Anda . Promosi bisnis menggunakan iklan digital via Facebook, Instagram, dan Tiktok. Transaksi bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja tanpa terbatas oleh jarak dan waktu. Tinggal duduk santai dirumah, barang yang dipesan akan sampai. #bisasantaideh

Perbedaan mendasar yang wajib Anda ketahui tentang Bisnis Konvensional vs Bisnis Go Digital


No

Bisnis Konvensional

Bisnis Go Digital

1

Membutuhkan sewa ruko/tempat/toko untuk menjalankan bisnis (butuh modal besar)

Tidak membutuhkan ruko/tempat/toko secara fisik (modal lebih kecil)

2

Membutuhkan pegawai

Bisa tanpa pegawai

3

Jangkauan pemasaran terbatas oleh jarak dan waktu

Jangkauan pemasaran lebih luas

4

Tidak bisa full time, ada jam buka & tutup

Bisa full time 24/7

5

Anda wajib teribat langsung menangani bisnis

Anda tidak wajib fulltime karena bisa dibuat otomatis, bisa meminimalisir penanganan manual 




Mengenal lebih jauh tentang Bisnis Go Digital

Go Digital adalah istilah yang memiliki arti melakukan proses bisnis atau usaha dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi online berupa website, aplikasi desktop & aplikasi mobile, media sosial, iklan digital, dan lainnya. Tujuan utama dari go digital ini sendiri adalah menjangkau konsumen secara lebih luas, lebih cepat, dan lebih efektif lagi.

Apakah Go Digital sama dengan Bisnis Online? Secara harfiah bisa dikatakan seperti demikian. Kedua istilah ini memiliki arti yang sama, sama-sama melakukan proses bisnis menggunakan teknologi internet.

3 alasan Mengapa Bisnis Anda harus Go Digital


1. Semakin memperluas jaringan pemasaran bisnis Anda
Promosi bisnis Anda cukup dilakukan melalui website dan media social (facebook, Instagram, tiktok) sehingga bisa menjangkau keberbagai daerah bahkan luar negeri sekalipun.


2. Menciptakan efisiensi bisnis Anda
Go Digital bisa memudahkan Anda menjalankan bisnis, seperti efisiensi biaya modal, efisiensi biaya transportasi, pergudangan, biaya karyawan, dan lainnya.


3. Solusi Kebiasan baru berbelanja yang timbul akibat Pandemi
Tanpa bertemu langsung antara penjual dan pembeli bukan menjadi penghalang Anda tetap menjalankan bisnis. Anda tetap bisa melakukan pemasaran dan penjualan produk dengan pelanggan Anda secara daring. 


Tidak bisa kita pungkiri, saat ini sudah banyak kita temui fenomena shifting / perubahan dillakukan oleh pelaku bisnis kecil (UMKM) hingga bisnis besar (Perusahaan) yang awalnya fokus melakukan bisnis secara konvensional kini beralih menjadi Go Digital. 

Toko-toko mereka yang awalnya hanya bisa kita dapatkan secara offline dengan mengunjunginya, kini sudah bisa kita temukan secara online di website ataupun e-commerce yang bisa diakses menggunakan komputer, laptop ataupun smartphone kapan saja dimana saja. 

Apa saja yang harus diperhatikan dan dilakukan saat Bisnis Anda Go Digital?

Yang pertama sebagai pemilik bisnis, Anda perlu menambah wawasan dasar secara menyeluruh mengenai bisnis digital ini. Meskipun nantinya bukan Anda sendiri yang menjalankannya, sebagai pemilik bisnis Anda tetap tidak bisa mengacuhkannya. Mempelajari product management, digital marketing, dan juga digital team adalah tiga wawasan yang perlu Anda pelajari sesegera mungkin sebelum benar-benar memulainya.

4 Langkah Memulai Bisnis Go Digital

1. Jika tidak ingin melakukan bisnis go online sendirian, Anda bisa mulai mengumpulkan tim digital yang terdiri dari Designer, Marketeer, Web Developer, dan Customer Service (Admin)

2. Berlangganan hosting dan domain, membuat website, akun bisnis Facebook, Instagram, dan WhatsApp

3. Membuat konten grafis, konten pendukung lainnya, dan melakukan training Admin

4. Melakukan pemasaran produk secara digital melalui iklan digital di social media dan website

Tambahan: Jika Anda tidak memiliki niatan untuk memiliki tim digital, alternatif lain yang bisa Anda lakukan adalah mencari Digital Agency yang bisa menghandle bisnis online Anda. Pilih sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda pastinya.


Selanjutnya segala urusan tentang produksi, persediaan, pembukuan, penjualan, dan masalah bisnis lainnya harus bisa didata & diselesaikan secara otomatis, cepat dan akurat. Anda bisa menemukan beberapa pilihan Software akutansi yang bisa Anda pilih yang sudah ada di internet, salah satunya adalah Accurate.



Accurate adalah Aplikasi Bisnis yang bisa Anda andalkan untuk melakukan pembukuan, mencatat transaksi, membuat laporan keuangan, hingga memudahkan laporan pajak.




Nah, itu dia pembahasan mengenai serba serbi Go Digital dalam Bisnis yang wajib Anda Ketahui. Jika ada pertanyaan atau ingin sekedar berdiskusi mengenai artikel ini, silakan tinggalkan pada kolom komentar dibawah. Semoga bermanfaat.


Sumber: Google dan Secangkir Kopi Kapal Api

Posting Komentar

0 Komentar




Hosting Unlimited Indonesia

Cloud Hosting Indonesia