EAT SEO Google : Penjelasan Lengkap - Digital Solutions by Leafcoder

EAT SEO Google : Penjelasan Lengkap

Penjelasan Lengkap tentang EAT SEO Google

Pernah mendengar istilah E-A-T SEO? Apa pengertian dari E-A-T SEO ini? Apakah E-A-T, SEO, dan Google saling berhubungan satu dengan yang lainnya? Baca artikel ini sampai selesai dan temukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan diatas.

EAT SEO Google : Penjelasan Lengkap

Daftar Isi

1. Apa E-A-T itu?
2. E-A-T dan Quality Raters’ Guidelines
3. E-A-T dan Google
4. Your Money or Your Life Pages
5. Bagaimana Algortima Google mengukur E-A-T?
6. Bagaimana Google menentukan E-A-T?
7. Cara Meningkatkan Google E-A-T
8. Apakah E-A-T benar-benar merupakan faktor penentu peringkat di SERP Google?

Apa E-A-T itu?

E-A-T dalam SEO adalah singkatan dari Expertise, Authoritativeness dan Trustworthiness. Konsep ini dibahas dengan sangat mendetail di Google’s Quality Raters’ Guidelines. Mengimplementasikan algoritma E-A-T dengan baik di dalam maupun di luar situs Anda berpotensi membantu meningkatkan peringkat Website Anda di SERP Google.

E-A-T sangat penting untuk website. Di artikel ini kami akan menjelaskan apa itu E-A-T dan bagaimana Anda dapat membuat perubahan untuk membantu meningkatkan E-A-T Anda yang berpotensi membuat website Anda masuk ke dalam peringkat yang lebih baik dan lebih banyak lalu lintas (traffic) yang masuk kedalam website.

Update : Pada bulan Februari 2019, Google mengonfirmasi bahwa E-A-T memang merupakan bagian yang sangat penting dari algoritma mereka.

Update : Pada Agustus 2019, Google menerbitkan dokumen tentang pembaruan algoritma inti (core update).

E-A-T dan Quality Raters’ Guidelines

Quality Raters’ Guidelines (QRG) adalah pedoman yang berisi kunci untuk membantu para SEO specialist untuk memahami apa yang ingin dilihat Google di situs web dalam point of view : kualitas. QRG merupakan sebuah panduan lengkap yang menjelaskan hal ini dengan sangat rinci!

Meskipun algoritma Google bukanlah representasi tepat dari apa yang ada di QRG, namun QRG mencerminkan apa yang diinginkan Google untuk dilakukan algoritma. Dan ada banyak informasi tentang Google E-A-T dalam pedoman ini.

E-A-T dan Quality Raters' Guidelines saling berhubungan satu dengan lain. Didalam Quality Raters' Guidelines menyebutkan E-A-T itu sangat penting.

E-A-T dan Google

Google memvalidasi bahwa E-A-T itu sangat penting dan berperan langsung dalam SEO Website Anda

E-A-T Google by leafcoder
E-A-T penting untuk SEO Google



E-A-T penting untuk Your Money atau Your Life (YMYL)

Jika situs Anda adalah situs medis, hukum, atau keuangan, maka memiliki E-A-T yang baik sangatlah penting. Situs Anda juga dapat dianggap YMYL jika situs Anda memberikan saran yang membantu orang membuat keputusan penting. Anda mungkin juga YMYL jika Anda menjual produk dari situs web Anda.

YMYL adalah istilah Google yang merujuk pada halaman yang, menurut Google, dapat memengaruhi "kebahagiaan, kesehatan, stabilitas keuangan, atau keselamatan pengguna di masa depan". Situs e-niaga, situs medis, situs berita, dan banyak lainnya semuanya termasuk dalam kelompok YMYL ini dan memiliki standar "Kualitas Halaman" yang lebih tinggi karena ini.

Contoh niche / jenis website Your Money atau Your Life web pages


Kami pribadi berpikir bahwa sebagian besar situs web yang ada di internet dianggap YMYL. Anda mungkin berpendapat bahwa situs Anda yang menjual pulpen tidak membantu orang membuat keputusan penting dalam hidup. Namun, jika Anda melakukan transaksi kartu kredit di situs Anda, maka orang-orang harus dapat mempercayai Anda dan karena itu, Anda hampir pasti adalah YMYL.




Bagaimana Algoritma Google mengukur E-A-T?


7 Februari 2017 Google mulai menjadikan E-A-T sebagai bagian penting dari algoritmanya. Menggunakan kriteria-kriteria yang ada dalam QRG, E-A-T bekerja sampai detik ini. Kualitas konten dan Core Web Vital adalah beberapa penentu utamanya dibanding backlink dan keyword stuffing.

Bagaimana Google menentukan E-A-T?


Kami memiliki sedikit gambaran tentang bagaimana Algoritma Google menentukan dan mengukur E-A-T, yaitu :

1) Tautan dan bahkan mention yang tidak tertaut tetap akan diukur, sesuai dari tweet Marie Haynes dibawah ini :

2) Google tahu banyak tentang mana yang harus dipercaya, hanya dengan trik mass backlinking, keyword spamming, maupun PBN building rasanya bukan pilihan terbaik lagi bagi praktisi SEO untuk membuat website muncul di halaman pertama mesin pencarian tanpa memperdulikan panduan QRG dan E-A-T.

3) Ada banyak sinyal berbeda yang dapat dikumpulkan Google dari seluruh web yang berkontribusi pada E-A-T, kini ulasan, reputasi perusahaan, dan bahkan penyebutan forum sangatlah penting dalam hal E-A-T. Sekarang kita akan melihat masing-masing dengan sangat mendetail dan membicarakan tentang bagaimana kita dapat belajar dari informasi ini untuk melakukan perbaikan yang akan menghasilkan peringkat yang lebih baik untuk bisnis kita.

Cara Meningkatkan Google E-A-T?

1. Dapatkan Ulasan / Review yang Bagus
2. Dapatkan Mention dari Wikipedia, atau lebih baik lagi, dari halaman Anda sendiri
3. Dapatkan Mention dari Website Resmi / Website yang Credibel
4. Dapatkan Mention dari Forum
5. Sajikan Informasi yang bisa dipercaya dan dipertanggungjawabkan
6. Lakukan semua yang Anda bisa untuk mendemonstrasikan E-A-T Anda di situs web Anda
7. Baca, pelajari, dan implementasi QRG langsung di website Anda. 

Download Quality Raters’ Guidelines (QRG) PDF resmi dari Google disini


Apakah E-A-T merupakan faktor penentu ranking di SERP Google?

E-A-T berpengaruh banyak terhadap peringkat website pada Google Search Engine Result Page. Pada bulan Maret 2020 lalu, Google menambahkan kata-kata berikut ke dokumentasi mereka tentang apa yang harus kita ketahui tentang core update:

“Sejak pertama kali kami menulis artikel ini, kami kadang-kadang ditanya apakah E-A-T adalah faktor peringkat. Sistem otomatis kami menggunakan kombinasi berbagai sinyal untuk memberi peringkat pada konten yang bagus. Kami telah mencoba membuat perpaduan ini menyelaraskan apa yang dianggap manusia sebagai konten hebat karena mereka akan menilai sesuai dengan kriteria E-A-T. 

Mengingat hal ini, menilai konten Anda sendiri dalam hal kriteria E-A-T dapat membantu menyelaraskannya secara konseptual dengan berbagai sinyal yang digunakan sistem otomatis kami untuk memberi peringkat pada konten. ”



Kesimpulan yang bisa diambil adalah, E-A-T sangatlah penting untuk mementukan ranking website kita di mesin pencarian Google terutama pada tren SEO ditahun 2021 nanti.


Nah itu dia artikel tentang EAT SEO Google : Penjelasan Lengkap, jika ada pertanyaan ataupun sekedar diskusi tentang artikel diatas silakan tinggalkan pada kolom komentar dibawah ya! Jangan lupa follow Instagram leafcoder.org di @leafcoderorg agar tidak tertinggal informasi terbaru seputar Teknologi, SEO, dan Tips & trik menariknya.


Posting Komentar

0 Komentar




Hosting Unlimited Indonesia

Cloud Hosting Indonesia