LSI Keyword : Pengertian,Manfaat,dan Contoh Tools




Penjelasan lengkap tentang Pengertian, Manfaat, dan Contoh Tools LSI Keyword pada artikel ini akan menambah informasi sekaligus bisa Anda gunakan sebagai Strategi SEO pada website Anda nantinya. Baca sekarang juga!

Pengertian umum Teknologi LSI 
LSI ( Latent Semantic Indexing ) adalah konsep teknologi yang dikembangkan untuk membantu komputer dalam memahami konteks dokumen secara menyeluruh dengan cara menemukan korelasi antara berbagai frasa yang digunakan pada dokumen. Ini akan membantu komputer untuk membaca dan memahami dokumen berupa teks dengan cara yang hampir sama seperti pemahaman manusia. Teknologi LSI ini sudah dikembangkan sejak tahun 1980an.

Pengertian LSI Keyword

LSI Keyword adalah kata atau frasa yang saling terkait dengan kata kunci (keyword) utama yang Anda cari di search engine. LSI Keyword bisa mempunyai hubungan tertentu dengan keyword utama yang Anda targetkan.

Misalnya : keyword "games" bisa mempunyai LSI Keyword "computer games" atau "outdoor games", tetapi kata "turnamen" tidak masuk dalam kategori LSI Keyword. Ini berarti LSI Keyword sebenarnya tidak bisa selalu diartikan sebagai Sinonim dari keyword yang Anda cari.



Karena sebuah kata bisa mempunyai banyak makna, LSI keyword ini akan membantu Search Engine untuk mengetahui keinginan dan konteks konten yang Anda cari lebih baik lagi.

Manfaat LSI Keyword

Pada mesin pencarian Google, Keyword Density (kerapatan kata kunci) merupakan salah satu faktor utama yang bisa mempengaruhi peringkat suatu halaman website. Keyword Density ini dihitung berdasarkan berapa jumlah keyword / kata kunci dalam blog/postingan anda dengan seluruh kata yang ada pada blog/postingan anda.

Contoh : Blog memiliki artikel dengan total kata 1000 dan memiliki 30 keyword didalamnya, maka Keyword densitynya adalah 3.

Dengan adanya keyword density ini, dimanfaatkan oleh tidak sedikit pemilik website yang telah mengetahui cara kerjanya untuk melakukan keyword sniffing di websitenya agar keyword density meningkat secara drastis. Akibatnya banyak kita temukan website yang memiliki konten yang kurang relevan. 

Feedback yang dilakukan mesin pencari Google adalah memutuskan untuk memperhatikan pemahaman makna konten yang lebih mendalam tanpa mengandalkan keyword density lagi. Yaitu dengan LSI Keyword.

Manfaat utama dari LSI keyword adalah membantu mesin pencari untuk lebih memahami arti sebenarnya dari suatu konten, menggunakannya pada konten website Anda yang pada akhirnya nanti akan secara langsung meningkatkan peluang halaman website muncul di peringkat teratas SERP Google.

Bagaimana cara / tools mendapatkan LSI Keyword?


Ada beberapa cara / tools untuk mendapatkan LSI Keyword, diantaranya adalah :

1. Langsung meggunakan Search Engine Google

2. menggunakan Google Keyword Planner

3. LSI Keyword Tools ( LSIGraph )

4. SEO Tools ( Ahrefs dan SEMRush)



1. Melalui Mesin Pencari Google


Menggunakan mesin pencari Google (google.com) itu sendiri adalah cara termudah untuk menemukan daftar LSI Keyword untuk kata kunci target Anda. Cukup ketikkan kata kunci target Anda ke dalam bilah pencarian dan tunggu Google untuk drop down daftar permintaan pencarian terkait.

Contoh daftar LSI keyword untuk mobile application





Di sini Anda dapat melihat bahwa setelah menuliskan keyword mobile application pada search bar Google, maka Google akan otomatis langsung menyediakan berbagai LSI Keyword yang dapat Anda tuliskan dalam konten untuk memudahkan Google memahami konteksnya.

Demikian pula, Anda juga dapat menggunakan bagian pencarian terkait untuk menemukan LSI Keyword lain untuk permintaan pencarian Anda.



Meskipun Anda dapat menggunakan opsi Pencarian Google untuk menemukan daftar kata LSI Keyword, mereka memberikan wawasan tentang volume pencarian rata-rata dan persaingan kata kunci. Selain itu, kata kunci yang dihasilkan melalui bagian pencarian terkait dapat bervariasi.

Karena itu, untuk menemukan LSI keyword yang lebih akurat saya sarankan menggunakan tools seperti Google Keyword Planner misalnya.

BACA JUGA :

2. Melalui Google Keyword Planner

Google Keyword Planner adalah salah satu alat yang paling mudah digunakan yang Anda dapat menemukan LSI keyword untuk permintaan pencarian tertentu. Jika Anda sudah memiliki akun Google AdWord, Anda dapat dengan mudah menggunakan keyword planner di bagian tools section.


Ini dia langkah-langkahnya :

1. Pertama-tama, klik pada tab keyword planner di bawah bagian tools di beranda Google Adwords.

2. Klik pada tab 'Find New Keyword' dan ketikkan kata kunci target dibagian search bar.

3. Google keyword planner akan menghasilkan daftar kata kunci terkait dan mengurutkannya berdasarkan volume pencarian, kompetisi, dan faktor-faktor serupa lainnya.

Inilah yang terjadi ketika saya memasukkan frasa 'mobile application' ke dalam Google Keyword Planner :

Seperti yang Anda lihat diatas bahwa menggunakan Google Keyword Planner, Saya dapat memiliki insight yang lebih baik (riset keyword) tentang beberapa faktor seperti volume pencarian dan persaingan kata kunci.

3. LSI Graph ( LSI Keyword Tools )

LSI Graph sejauh ini merupakan LSI keyword Tools Generator yang juga bisa Anda gunakan. Tools ini dirancang khusus untuk menghasilkan daftar lengkap kata kunci Latent Semantic Indexing (LSI) untuk kata kunci target Anda.

Saya menyarankan Anda menggunakan LSI Graph setelah Anda membuat daftar kata kunci target. Cukup ketik setiap kata kunci target dan klik tombol menghasilkan. Alat ini secara otomatis akan menghasilkan daftar LSI keyword untuk Anda.

LSI Graph memiliki versi gratis dan berbayar. Meskipun versi gratisnya memberi Anda daftar LSI keyword, ia memiliki batasan tertentu. Misalnya, Anda hanya dapat mencari LSI keyword untuk 20 frasa per hari.

Namun, versi berbayar dapat digunakan untuk menghasilkan LSI keyword untuk frasa sebanyak yang Anda inginkan. Selain itu, versi berbayar juga menampilkan hasilnya bersama dengan volume pencarian, kompetisi, BPK, dan faktor lainnya.

Berikut adalah hasil pencarian yang dihasilkan oleh versi berbayar untuk permintaan pencarian yang sama, yaitu Mobile application.






Anda dapat menggunakan alat LSI keyword lainnya juga. Berikut adalah beberapa alternatif LSI Graph yang menghasilkan hasil yang sama.

Rekomendasi LSI Keyword Tools lainnya : 







4. SEO Tools (Ahrefs dan SEMRush)

Selain keyword planner dari Google dan LSI Graph, beberapa alat SEO seperti Ahrefs dan SEMRush dapat digunakan untuk menemukan LSI keyword untuk kata kunci target Anda.

Jika Anda menggunakan Ahref, gunakan opsi saran pencarian di bawah tab keyword explorer.

Demikian pula, jika Anda menggunakan SEMRush, klik pada tab ‘Related Keywords’' dan itu akan menampilkan daftar semua LSI keyword.




Ini adalah beberapa metode untuk menemukan LSI keyword untuk kata kunci target Anda. Setelah Anda membuat daftar LSI keyword yang paling relevan, sekarang saatnya untuk mengimplementasikannya pada artikel di website Anda. Namun, ada beberapa hal yang harus Anda ingat saat menggunakan LSI keyword di konten Anda karena penggunaannya yang tidak perlu dapat menurunkan kualitas konten.

Nah, itu dia penjelasan singkat tentang Pengertian Manfaat dan Contoh Tools LSI keywords yang perlu Anda ketahui. Baca juga artikel menarik lainnya seputar tips SEO leafcoder disini. Semoga menambah informasi & semoga bermanfaat.




Belum ada Komentar untuk "LSI Keyword : Pengertian,Manfaat,dan Contoh Tools"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel



Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel