Jenis dan Format Iklan Google AdSense


Jenis dan Format Iklan Google AdSense - AdSense adalah salah satu program periklanan PPC fleksibel dari Google. Ini menawarkan berbagai jenis dan format iklan untuk penerbit untuk memadukan iklan dengan konten halaman dan tata letak. Pada dasarnya, Anda dapat memasukkan iklan Google AdSense menggunakan dua metode - kecerdasan buatan otomatis (AI) dan metode manual. Dalam kedua metode, Anda dapat memilih format ukuran responsif atau tetap.

Jenis Iklan AdSense

Apa saja jenis-jenis iklan yang tersedia di AdSense? AdSense menawarkan iklan dalam jenis berikut ini :
  • Iklan bergambar
  • Iklan teks
  • Iklan tautan
  • Iklan in-feed
  • Iklan feed
  • Iklan dalam artikel
  • Iklan konten yang cocok
  • Iklan video
  • Iklan game
  • Iklan seluler


Setiap kategori iklan akan memiliki lebih banyak varietas dengan dimensi berbeda. Google menghentikan beberapa jenis dan Anda perlu persetujuan tambahan untuk beberapa jenis iklan. Mari kita bahas ini secara rinci.

Memilih Jenis Iklan di AdSense

Anda dapat memilih jenis iklan saat membuat unit iklan baru di akun AdSense Anda. Setelah masuk, buka 'Iklan> Unit iklan' dan pilih jenis iklan yang ingin Anda buat dari daftar.


Jenis Unit Iklan di Google AdSense - Leafcoder.org

1. Iklan Bergambar

Iklan bergambar sebelumnya adalah iklan spanduk gambar khas yang tersedia dalam berbagai dimensi mulai dari ukuran leaderboard halaman penuh (728 × 90) hingga ukuran tombol kecil (125 × 125). Pada 17 Juni 2019 dan seterusnya , Google membuat perubahan pada jenis iklan bergambar untuk menggabungkan teks dan format gambar dalam satu jenis "Iklan Bergambar". Iklan ini termasuk teks sederhana, iklan multimedia yang menampilkan gambar, Flash, atau iklan video.
Contoh iklan bergambar AdSense - Leafcoder.org

1.1. Iklan Teks [Stopped]

Iklan Teks sama dengan iklan bergambar dengan perbedaan bahwa iklan ini akan menampilkan iklan teks dan bukan konten media yang kaya. Biasanya iklan ukuran gedung pencakar langit lebar (160 × 600) akan terdiri dari 3 hingga 4 iklan yang menampilkan setiap iklan dalam satu unit. Jika Anda tidak suka iklan konten gambar dan multimedia, maka iklan teks adalah alternatif yang baik karena mereka dapat menampilkan 3 hingga 4 iklan dalam satu unit.

Seperti disebutkan, Google menghentikan jenis iklan teks dan menggabungkannya dengan iklan bergambar. Namun, Anda masih dapat membuat teks hanya jenis iklan menggunakan iklan in-feed.

2. Tautkan Unit Iklan

Unit tautan adalah iklan teks yang tersedia dalam bentuk vertikal maupun horizontal. Unit tautan vertikal (120 × 90 atau 200 × 90) terdiri dari tiga tautan bersama dan satu unit horizontal (728 × 15) terdiri dari 3 hingga 4 bersatu bersama dalam satu unit iklan. Pelajari lebih lanjut tentang iklan tautan.

Unit Iklan Tautan AdSense - Leafcoder.org
Contoh iklan Tautan AdSense - Leafcoder.org


3. Iklan Native in-feed

Sebelumnya Google menawarkan iklan feed untuk ditampilkan di RSS dan konten feed blog. Sekarang, Anda dapat melihat ini sebagai iklan bawaan dalam akun AdSense Anda. Iklan ini akan berbaur dengan baik di antara umpan Anda untuk merasakan konten rasa. Namun, menampilkan iklan ini mungkin memerlukan keterampilan pengembangan karena tidak mungkin hanya menyisipkan kode dalam loop umpan. Secara umum, skrip sisi server seperti PHP digunakan dalam umpan untuk membuat perulangan seperti indeks blog atau halaman indeks kategori. Oleh karena itu, Anda mungkin perlu memiliki kode PHP untuk memasukkan kode iklan bawaan yang masuk di blog atau indeks kategori Anda.

3.1. Iklan Umpan AdSense [Sudah Dihentikan]

AdSense sebelumnya memungkinkan Anda untuk menampilkan iklan di umpan blog Anda untuk ditampilkan di antara posting blog sesuai pengaturan Anda. Perhatikan kapan pengguna berlangganan feed Anda Iklan AdSense akan dikirim dalam feed yang akan dikirimkan di kotak surat pengguna. Jadi pelanggan feed Anda harus melihat iklan Google AdSense di kotak surat. Ini merupakan pengecualian terhadap kebijakan AdSense standar yang mencegah pengiriman iklan dalam email. Google Pensiunan AdSense untuk Umpan dengan efektif mulai 03 Desember 2012 dan kemudian memperkenalkan iklan dalam-umpan sebagai bagian dari grup iklan bawaan.

4. Iklan Asli Dalam Artikel

Iklan bawaan dalam artikel mirip dengan iklan dalam umpan dengan tujuan berbeda. Anda dapat menampilkan jenis iklan ini di antara paragraf di dalam konten Anda. Ini berguna ketika Anda memiliki konten formulir panjang yang perlu digulir dan dibaca.

5. Konten Asli Iklan yang Cocok

Ini pada dasarnya adalah rekomendasi konten dari Google AdSense dengan opsi untuk menghasilkan uang. Sebelumnya ada batasan untuk menampilkan iklan konten yang cocok. Namun, Google menghapus batasan ini dan memungkinkan semua penerbit membuat dan menampilkan iklan konten yang cocok. Anda dapat menyesuaikan iklan rekomendasi ini untuk memutuskan jumlah baris, kolom, dan parameter lainnya agar sesuai dengan tata letak situs Anda.
Contoh iklan Matched Contents - Leafcoder.org


6. Iklan Video (Perlu Persetujuan Terpisah)

Ada dua jenis iklan video - memutar iklan video dan iklan tertanam di dalam video streaming. Memutar iklan video milik iklan tampilan kaya yang menampilkan video alih-alih iklan gambar atau teks statis. Iklan video dapat dari jenis CPC atau tipe CPM dan keuntungan dari tipe CPM adalah bahwa tayangan dihitung untuk setiap pemuatan gambar pertama dan tidak harus bahwa seluruh video harus diputar oleh pengunjung. Pada hari-hari sebelumnya, Anda dapat mengaktifkan konten media kaya dengan memilih jenis iklan "Iklan teks & tampilan" untuk unit iklan individual. Seperti disebutkan, Google menghapus opsi ini dan memasukkan iklan video yang kaya di iklan bergambar secara default.

7. Iklan Game

Mirip dengan iklan video, Anda perlu persetujuan terpisah untuk menampilkan iklan di permainan. Anda dapat mengajukan permohonan ini dengan membuka "Iklan> Produk lain" di akun AdSense Anda.

8. Iklan Seluler [Stopped]

Jika Anda memiliki situs seluler yang dioptimalkan untuk perangkat kelas atas seperti iPhone dan Android, maka Anda tidak perlu membuat unit iklan seluler yang terpisah. Tampilan reguler atau unit iklan teks juga akan ditampilkan di perangkat seluler kelas atas karena mereka memiliki browser web built-in yang mampu menjalankan JavaScript. Jika Anda menjalankan situs seluler untuk peramban WAP apa pun, maka Anda perlu membuat iklan seluler dan menampilkannya di laman seluler Anda. Google menghentikan iklan seluler dan sekarang Anda dapat menggunakan iklan responsif sebagai gantinya di semua perangkat.

Format Iklan AdSense yang Disarankan

Saat ini, Anda memiliki dua opsi untuk memilih ukuran iklan Anda saat membuat iklan baru . Salah satunya adalah memilih format responsif dan lainnya adalah memilih ukuran tetap. Untuk meningkatkan pendapatan Anda, Google merekomendasikan untuk menggunakan ukuran iklan format tetap berikut ini bersama dengan penempatan yang tepat.
  • 336 x 280 - Kotak Besar
  • 300 x 250 - Persegi Panjang
  • 728 x 90 - Papan
  • 160 x 600 - Pilar Lebar
  • Iklan Responsif - Secara otomatis mengisi unit iklan yang tersedia agar sesuai dengan ukuran yang tersedia di halaman Anda
Iklan-iklan ini berbaur dengan konten secara mulus dan meningkatkan peluang mengklik karena ukurannya lebih besar dibandingkan dengan ukuran iklan yang lebih kecil. Pelajari lebih lanjut tentang kode iklan AdSense . Selain itu, iklan dengan ukuran yang lebih besar akan secara otomatis mengakomodasi ukuran yang lebih kecil ketika inventaris tidak tersedia. Namun, kami sangat menyarankan untuk menggunakan iklan responsif untuk mengubah ukuran otomatis berdasarkan perangkat dan lebar browser. Coba juga untuk menghindari ukuran iklan khusus, karena mungkin tidak ada inventaris iklan yang tersedia agar sesuai dengan ukuran tertentu yang menghasilkan pendapatan iklan yang lebih rendah.


Itu dia penjelasan lengkap Leafcoder.org tentang Jenis dan Format Iklan Google AdSense. Jika masih ada pertanyaan atau hal lain, silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah ya. Semoga bermanfaat.


Keyword : Jenis dan Format Iklan Google AdSense, Iklan AdSense, Jenis Iklan AdSense, Format Iklan AdSense, Jenis Iklan Google AdSense

Posting Komentar

0 Komentar