Penjelasan lengkap Algoritma Google Bert Bahasa Indonesia


Penjelasan lengkap Algoritma Google Bert Bahasa Indonesia by leafcoder.org
Algoritma SEO Google Bert 2019

Update algoritma SEO Google Bert telah di rilis dan diumumkan pada tanggal 24 Oktober 2019 lalu. Google BERT adalah singkatan dari “Bidirectional Encoder Representations from Transformers”. Google mengatakan bahwa dengan rilisnya algoritma BERT ini nantinya akan mempengaruhi sekitar 10% dari total Queries di database Google, yang mana berarti update algoritma ini adalah salah satu update terbesar Algoritma Google dalam kurun waktu 5 tahun kebelakang.

Apa Update Google BERT itu?

Inti dari pembaharuan algoritma BERT difokuskan pada konteks penafsiran maksud permintaan pencarian (search queries) agar lebih baik dari sebelumnya.
Jika sebelumnya, algoritma google biasanya melakukan penafsiran kueri berdasarkan kata per kata, Google BERT memungkinkan Google untuk menginterpretasikan seluruh frasa dengan lebih baik untuk memberikan hasil yang lebih akurat kepada penggunanya.



Source video : https://edition.cnn.com/videos/business/2019/10/25/google-search-bert-upgrade-smarter-asher-gold-firstmove.cnn


Modifikasi sedikit bahkan kata-kata sederhana dalam search queries bisa secara dramatis mengubah maksud pencarian. Dengan adanya pembaharuan ini, Google menjadi lebih baik dalam menafsirkan apa yang sebenarnya di cari oleh pengguna.

Contoh kasus yang telah dipublikasikan Google mengenai Update Google Bert saat rilis kemarin :

Contoh 1 :
Pada contoh kasus pertama, Google menunjukan bagaimana hasil pencarian berubah saat menafsirkan ketika pengguna mencari informasi tentang traveling to the US vs. from the US.


Contoh 2 :
Dalam contoh kasus kedua, Google sebelumnya mengidentifikasi kata “Stand” dan mencocokannya dengan kueri “Stand-alone” yang merupakan kata yang kurang tepat untuk kueri tersebut. 
Padahal kenyataannya si pengguna justru fokus pada tuntutan fisik pekerjaan, jadi dengan Google BERT, Google menginterpretasikan kueri dengan lebih akurat lagi.


Seperti yang kalian lihat diatas, hasilnya berubah berdasarkan interpretasi yang lebih baik sesuai ekpektasi pengguna.

Apa pengaruh Google BERT terhadap SEO pada website kalian?

Hal terbesar yang perlu kalian indentifikasi adalah jika terjadi perubahan pada trafik website dalam beberapa hari dan beberapa minggu kedepan.
Google BERT adalah algoritma google yang tidak memberikan penalty terhadap website yang tidak sesuai dengan standar (guideline), Tujuan utama dari update algoritma ini adalah agar lebih memahami permintaan pengguna saat melakukan pencarian informasi.


Baca Artikel seputar SEO lainnya :


Tips dan cara terbaik untuk memastikan kalian memenangkan update Google BERT ini adalah dengan menciptakan dan mempunyai konten yang bisa menjawab pertanyaan pengunjung secara tepat dan lengkap.
Buatlah konten yang baik dan berkualitas (jangan terlalu singkat), dibawah ini adalah screenshot dari salah satu praktisi SEO yang telah membuktikan statement diatas tepat setelah update dirilis :



Apa yang harus dilakukan jika Traffic Website menurun akibat Update Google BERT ini?

Yang pertama, jangan panik. Ini dia tips yang bisa kalian lakukan diantaranya adalah :
1. Lakukan identifikasi kueri atau kata kunci (keyword) yang menyebabkan penurunan trafik websitemu.
Buka search console, jalankan comparison report.



Kemudian klik queries dan lihat table bagian Difference.




Ini akan menampilkan beberapa kueri yang perlu kalian update/perbaharui. 

Alternatif lain yang bisa kalian coba adalah dengan menggunakan SEO Tools seperti AHREFS traffic change report.




2. Tentukan apa yang yang ada diperingkat pertama Google pasca Update Algoritma ini.
Cari kueri di Google, dan lihat konten jenis apa yang berada di top rank sekarang.
- Apakah tipe kontennya berbeda?
- Apakah menampilkan sudut pandang yang berbeda?
- Apakah menjawab pertanyaan yang sedikit berbeda?

3. Ubah dan modifikasi konten website kalian
Modifikasi konten dengan cara menyesuaikan konten yang kini berada di top 10 SERP Google. Google selalu menampilkan konten di SERPnya sesuai dengan standard algoritmanya. So, tidak ada salahnya jika kalian untuk sedikit mengubah struktur konten sesuai dengan stadar terbaru agoritma Google Bert ini.

Nah, itu dia penjelasan lengkap tentang Algoritma SEO Google Bert yang wajib kalian ketahui! Setelah tahu apa itu Google Bert, sudah siapkah kalian untuk berada di top page SERP Google sekarang?

Baca artikel tentang SEO lainnya disini : Leafcoder SEO 



Keywords : Google bert, Algoritma Google bert, google bert adalah, kelebihan google bert, algoritma google bert, google bert 2019, penjelasan lengkap tentang Algoritma Google bert, Google bert update, Pengaruh google bert pada SEO, Dampak google bert, Trafik turun akibat google bert, google bert leafcoder, tips mengatasi algoritma google bert


2 Komentar untuk "Penjelasan lengkap Algoritma Google Bert Bahasa Indonesia"

  1. Sangat informatif, terakhir aku tau algoritma Google panda.. ini yang terbaru ya berarti min

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel



Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel