5 Tips Pertimbangan Sebelum Membeli SSD

 

SSD adalah kependekan dari Solid State Drive atau perangkat penyimpanan data yang menggunakan serangkaian IC sebagai memori yang digunakan untuk menyimpan sebuah informasi. Selain mempunyai kelebihan utama memiliki kecepatan baca dan tulis melebihi Hardisk biasa sehingga bisa mempercepat proses booting sistem dan aplikasi Anda, SSD juga memiliki berat yang lebih ringan dibanding hardisk, kelebihan lain dari SSD adalah lebih hemat daya listrik dan lebih tahan terhadap goncangan. 
 

 
Nah sebelum Anda membeli SSD, ada baiknya simak ke 5 Tips ini. Berikut ini tips pertimbangan sebelum membeli SSD :

5 Tips Pertimbangan Sebelum Membeli SSD


1. Sesuaikan dengan Kebutuhan Pengguna

SSD berfungsi sebagai media penyimpanan, namun secara fisik SSD memiliki banyak varian form factor seperti SATA, M.2, Msata, M.2, NVMe, dan PCIE. Sebagian besar laptop tersedia form factor SATA, Msata, M.2, dan M.2 NVMe. Maka alangkah lebih baiknya sebelum membeli SSD kalian harus menentukan dukungan form factor yang tepat dengan perangkat yang digunakan. 


2. Kecepatan baca dan tulis

Kecepatan baca dan tulis merupakan hal yang sangat penting. Jika dilihat dari spesifikasi yang ada, form factor SATA memiliki kecepatan baca dan tulis sekitar 500MB/s, sedangkan untuk form factor M.2, M.2 NVMe memiliki kecepatan 5 kali lebih cepat jik dibandingkan dengan SSD SATA. 


3. Kapasitas

Sebelum membeli SSD, idealnya kalian perlu merencanakan pertimbangan kebutuhan jangka panjang di kemudian hari. Maka jika kalian memiliki budget lebih, alangkah baiknya jika membeli SSD dengan kapasitas yang besar guna untuk memenuhi kebutuhan komputasi di kemudian hari.

BACA JUGA :

 

4. Teknologi

Kebanyakan SSD memiliki teknologi yang berbeda dan teknologi akan sangat berpengaruh terhadap performa serta kualitas yang dihasilkan dari SSD itu sendiri. Teknologi SSD yang digunakan saat ini adalalah SLC atau single level channel dengan kecepatan lebih cepat jika dibandingkan dengan MLC atau multi level channel. Selain itu SLC memiliki umur yang lebih panjang, berbeda dengan MLC yang memiliki umur lebih pendek.

5. Budget

Secara analogi budget akan mengikuti kebutuhan, misalnya seorang conten creator maka akan dituntut untuk memiliki SSD yang berkapasitas besar. Untuk itu, hal ini perlu kalian pertimbangkan agar tidak salah dalam memilih sebuah SSD, dan jika kalian sudah memutuskan untuk membeli sebuah SSD harapanya uang yang kalian keluarkan tepat guna dalam rencana awal dalam membelu SSD. 

 

Nah itu dia  penjelasan singkat tentang 5 Tips Pertimbangan Sebelum Membeli SSD yang wajib Anda tahu. Jika ada pertanyaan atau ingin sekedar berdiskusi tentang artikel diatas, silakan tinggalkan pada kolom komentar dibawah ya. Semoga bermanfaat!


Belum ada Komentar untuk "5 Tips Pertimbangan Sebelum Membeli SSD"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel



Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel