5 Alasan Mengapa Biaya Pembuatan Website Mahal

5 Alasan Mengapa Biaya Pembuatan Website Mahal


Pertanyaan mengapa biaya pembuatan website kok mahal? Adalah pertanyaan yang sangat sering dilontarkan oleh orang-orang yang baru pertama kali ingin memiliki website untuk bisnis ataupun tujuan lainnya. Jasa pembuatan website sudah sangat mundah ditemukan di internet ataupun di sekitar Anda, tapi jawaban dari pertanyaan diatas mungkin belum Anda dapatkan. 

Dalam artikel ini akan saya coba jelaskan point by point ke 5 alasan mengapa biaya pembuatan website yang baik itu lebih mahal. 

5 Alasan Mengapa Biaya Pembuatan Website Mahal 



1. Desain dan Teknologi Website

Point pertama adalah bagian yang sangat penting pada sebuah website Anda. Desain yang tidak hanyak baik dilihat, tapi juga bisa memberikan value lain dan identitas terutama jika website tersebut Anda gunakan untuk memaksimalkan bisnis Anda. Desain yang Anda sukai belum tentu desain yang ‘baik’ dimata Search Engine, untuk itu Anda perlu jasa pembuatan website yang tahu dan paham tentang standar wajib website agar website Anda bisa dipandang baik dimata mesin pencarian. 


Selain Desain, Teknologi yang dipakai juga mempengaruhi harga website Anda, semakin canggih teknologi yang ditanamkan, maka akan semakin tinggi juga harganya. Untuk mengetahui teknologi website yang dipakai, Anda bisa gunakan Extensions/Addon Wappalyzer di Browser Google Chrome / Firefox Anda. Baca : Cara Melihat Teknologi Website menggunakan Wappalyzer disini.


Pada umumnya, Developer (Pengembang) website akan melakukan penyesuaian desain website sesuai dengan brand, goals, dan pengalaman pengguna yang paling baik untuk bisnis Anda. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah agar tercipta website yang professional dan sesuai guideline. 


Website Developer yang baik pada umumnya memilih teknik manual / stratch build (membuat website dari nol) agar lebih mudah dikustomisasi jika ada penambahan dan pengurangan fitur. HTML, CSS, JavaScript, Ilmu Grafis, dan bahasa pemrograman lain wajib dikuasai oleh Jasa Pembuatan Website yang Anda percaya untuk membuat website impian Anda. Inilah mengapa nominal di Quotation terlihat cukup besar. Jika Anda ingin lebih murah, cost yang harus anda terima adalah pengurangan kualitas dan downgrade teknologi yang ditanam diwebsite nantinya. 

2. Kompleksitas Fitur Website 

Mengapa mahal? Jawabannya tentu karena untuk membuat website yang baik, tidak mudah untuk dilakukan. Untuk mendapatkan fitur-fitur website yang kompleks, selain butuh banyak script / coding yang kompleks, juga membutuhkan banyak plugins yang rumit dan bisa saja sifatnya adalah plugin premium (berbayar) dan harus membelinya terlebih dahulu sebelum memakainya.


3. Hosting Website 

Pada umumnya, developer website akan menggunakan host local / localhost atau server development untuk tempat sementara. Agar website bisa diakses secara public oleh pengunjung Anda, website tersebut wajib di upload di sebuah Hosting. Dibutuhkan hosting yang sesuai dan optimal agar website Anda bisa bekerja secara maksimal saat diakses oleh pengunjung. Hosting seperti ini, membutuhkan ruang penyimbanan dan bandwidth yang besar. Berbanding lurus dengan biaya yang tidak sedikit pastinya. 

4. Domain Website 

Setelah proses upload ke hosting selesai, hal selanjutnya yang wajib Ada pada website Anda adalah sebuah Domain sebagai nama identitas website saat diakses nantinya. Domain merupakan alamat dari website yang bisa diakses oleh pengunjung melalui mesin pencarian di browser. Tanpa domain, website Anda akan lebih sulit diakses oleh pengunjung awam pada umumnya. Untuk mendapatkan domain, seorang Developer Website harus melakukan riset dan memilih domain. Harga domain pun bervariasi terganting pada jenis dan jumlah huruf pada domain yang akan dipilih. 

5. Maintenance Website 

Maintenance adalah kegiatan yang dilakukan untuk menjaga agar website tetap berjalan dengan baik. Menjaga keamanan website agar terhindar dari hacking, melakukan backup data secara teratur, mengupdate konten, template, plugin, komponen website lainnya. 
Maintenance Website adalah hal wajib yang harus dilakukan agar kualitas website tetap bisa terjaga & website bisa tetap berjalan baik. Biaya maintenance berbeda-beda sesuai dengan standar jasa pembuatan website masing-masing.



Nah itu dia ke 5 Alasan Mengapa Biaya Pembuatan Website Mahal. Semoga dengan penjelasan sederhana diatas, bisa menambah literasi dan pemahaman Anda seputar dunia website di internet. Jika ada pertanyaan ataupun ingin sekedar berdiskusi tentang artikel ini, silakan tinggalkan pada kolom komentar dibawah ini. Semoga bermanfaat!





Posting Komentar

0 Komentar