Cara Mengatur dan Stop Iklan yang Sering Muncul di Youtube


Saat menulis artikel ini, saya merasa sangat lega karena berhasil menghentikan salah satu iklan yang cukup mengganggu pengalaman menonton video youtube pada smartphone (youtube apps).

Beda ceritanya jika kita gunakan laptop / komputer, untuk memblokir atau menghentikan iklan kita bisa gunakan extensions, add-ons atau plugins Adblock sehingga pengalaman menonton video bisa lebih leluasa tanpa iklan.

Tentu saja trik diatas tidak bisa kita lakukan saat kita menonton youtube menggunakan smartphone, harus mencari cara lain pastinya. 

Sebelum saya bahas tentang tips & Cara Mengatur dan Stop Iklan yang Sering Muncul di Youtube, Anda wajib tahu terlebih dulu mengenai GDN dan hubungannya dengan iklan yang muncul pada akun youtube Anda.

Tentang Google Display Network



GDN adalah akronim dari Google Display Networks, GDN adalah salah satu fitur atau layanan yang di sediakan oleh Google yang mana mempunyai kemampuan untuk menargetkan iklan secara spesifik. Fitur ini akan melacak cookies semua pengguna internet sehingga calon pelanggan yang di target bisa mendapatkan exposure dari produk / brand yang Anda iklankan. 

Masih bingung dengan penjelasan singkat diatas?

Anda mengunjungi sebuah website X yang menjual produk suplemen fitnes (website ini menjalankan GDN) di hari senin. Pada hari selasa, Anda membuka website Y atau mungkin membuka Youtube dan mencari video dengan topik yang masih berhubungan dengan olahraga misalnya, kemudian muncul iklan dalam bentuk video tentang website X yang melakukan promosi produknya. Inilah gambaran nyata bagaimana GDN bekerja.


Selain bisa muncul di website lain, konten GDN juga bisa muncul sebagai iklan di Youtube, Google Search Engine, dan media Google lainnya. Sangat canggih.

Hubungan GDN dengan Iklan yang muncul di Youtube secara terus menerus

Apakah Anda pernah mengalami pengalaman yang sama dengan saya? Disaat kita sedang membuka aplikasi youtube di smartphone kita, kemudian muncul iklan yang sama secara terus menerus dan kita tidak bisa menutupnya sebelum 5 detik berlalu? Sesuai dengan yang sudah saya jelaskan diatas, konten iklan GDN tentunya sangat berhubungan dengan iklan pada youtube. Sesuai dengan yang dijelaskan oleh Google di halaman tutorial Menampilkan iklan Display Network Anda di YouTube, keduanya saling terkait satu sama lain.

Bagaimana Cara Mengatur dan Menghentikan Iklan yang Sering Muncul di Youtube?


Tentu sangat menyebalkan dan ingin segera menghentikannya, dibawah ini saya bagikan Cara Mengatur dan Stop Iklan yang Sering Muncul di Youtube yang mungkin bisa menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan diatas.

1. Login ke akun Google Anda, buka Youtube.com (pada tutorial ini Saya gunakan versi Desktop), klik foto akun google Anda, lalu pilih Your data in Youtube.


2. Scroll kebawah, cari section Ads personalization, klik Update Ad Settings.


BACA JUGA :


3. Akan muncul banyak informasi tentang data seperti pada dibawah ini. Data ini adalah preferensi iklan yang kemungkinan bisa muncul saat Anda menonton video di youtube (khususnya pada smartphone).


4. Klik pada salah satu list yang ingin Anda takeout, misalnya dalam hal ini Saya ingin tidak ada lagi iklan dari Warframe. Klik Turn off.


5. Akan muncul pop up konfirmasi seperti dibawah, klik Nonaktifkan / Turn off. Selesai.


Untuk melihat list apa saja yang sudah Anda matikan, scroll kebawah lihat section What you've turned off. 



Nah, itu dia penjelasan singkat tentang GDN, iklan youtube, dan Cara Mengatur dan Stop Iklan yang Sering Muncul di Youtube. Semoga bermanfaat, selamat mencoba dan semoga berhasil!



4 Komentar untuk "Cara Mengatur dan Stop Iklan yang Sering Muncul di Youtube"

  1. Sangat membantu.. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel disini. You're welcome..

      Hapus
  2. Balasan
    1. Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel disini. Mancing mania...

      Hapus

Iklan Atas Artikel



Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel