Jangan panaskan kembali makanan berikut ini


Leafcoder.org : Jangan panaskan kembali makanan berikut ini - Pernah mencoba memanaskan kembali makanan sisa untuk dikonsumsi lagi dilain waktu? Memang benar tujuan agar lebih hemat dan tidak membuang makanan dengan sia-sia, tapi apakah kalian tahu beberapa makanan justru akan menimbulkan zat berbahaya jika di panaskan ulang? Yuk cek makanan apa saja yang dimaksud dibawah ini.

1. Gorengan dan Santan
Gorengan adalah salah satu makanan favorit di Indonesia, terbukti dari peminatnya yang tidak sedikit dan juga penjualnya yang ada dimana-mana. Tetapi apakah kalian tahu, dengan memanaskan kembali gorengan yang telah kalian beli, akan membuat kolesterol menumpuk didalam tubuh. Hal ini akan sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh kita dikarenakan bisa memicu penyakit berbahaya seperti penyakit jantung koroner, stroke, dan penyakit lainnya.

2. Telur dan Ayam
Bakteri yang secara umum terdapat pada telur dan ayam adalah bakteri Salmonella. Sesaat setelah kalian membeli telur dan ayam untuk dimasak, pastikan semua bagian dari telur dan daging ayam tersebut terkena panas yang cukup dan merata agar baketeri mati. Selain itu, telur dan ayam tidak boleh dipanaskan kembali. Alasannya yaitu karena zat protein yang terkandung didalam telur dan ayam akan pecah dan bisa memicu munculnya zat berbahaya untuk sistem pencernaan tubuh kita.

3. Bayam
Sayuran yang sering dimakan oleh karakter popeye ini merupakan jenis sayuran yang tidak bisa dipanaskan kembali untuk dikonsumsi, apa alasannya? karena ketika kita memanaskan kembali sayuran bayam akan membentuk senyawa nitrat yang berjumlah lumayan tinggi. Walaupun kandungan nitrat ini tidak berbahaya bagi tubuh kita, namun nitrat bisa berubah lagi menjadi nitrit dan berlanjut menjadi nitrosamin yang sifatnya karsinogenik. Perlu diketahui bahwa karsinogenik adalah sifat suatu zat yang mengendap dan dapat merusak organ dalam tubuh kita.

4. Jamur
Berdasarkan dewan kesehatan makanan eropa, jamur adalah jenis makanan yang tidak boleh dipanaskan kembali dengan alasan bahwa jamur akan mengalami perubahan rasa dan perubahan komposisi protein yang dikandungnya. Jadi bukan hanya rasanya yang berubah menjadi kurang sedap tetapi manfaat utama yang terkandung dalam jamurpun tidak akan bisa kita dapatkan. Jika harus terpaksa memanaskan kembali, coba dan pastikan jamur tersebut disimpan tidak lebih dari seharian didalam kulkas. Panaskan kembali dengan suhu 70 derajat celcius. Sebagai catatan, kandungan yang didapat dari jamur yang dipanaskan tadi tidak akan maksimal tentunya. 

5. Kentang
Kenapa kentang tidak baik dipanaskan kembali ? Karena jika kentang dipanaskan kembali maka kandungan gizi yang terdapat didalamnya akan berkurang secara signifikan. Hal lainnya adalah jika kita memaksa untuk memanaskan kembali dan mengkonsumsi kentang tersebut, maka akan memicu terbentuknya bakteri botulisme yang sangat berbahaya didalam tubuh kita.


Nah itu dia informasi seputar kuliner leafcoder dengan tajuk Jangan panaskan kembali makanan berikut ini. Semoga bermanfaat dan bisa membantu kalian bijak dalam mengkonsumsi makanan. 

2 Komentar untuk "Jangan panaskan kembali makanan berikut ini"

  1. Thanks infonya ya. Kadang suka pengen makanan anget. Ternyata ada yang ga baik kalau diangetin.

    BalasHapus
  2. Terkadang tindakan untuk menghemat makanan dengan cara memanaskannya ulang justru tidak baik bagi makanan itu sendiri ..selain gizi yg berkurang secara signifikan juga tidak bagus jikalau dikonsumsi kembali...

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel



Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel