Tips Menulis Lamaran Kerja yang Baik




Banyak teman-teman yang mencari informasi tentang Tips Menulis Lamaran Kerja yang Baik agar CV atau surat lamaran pekerjaanya bisa diterima di perusahaan yang dilamar, nah kali ini saya akan berbagi kepada teman-teman bagaimana cara agar surat lamaran yang kalian buat diterima. Selamat membaca.

Tips Menulis Lamaran Kerja yang Baik

1. Periksa ejaan dan tanda baca sebelum mengirim surat lamaran. 

Berdasarkan pengalaman yang saya dapatkan ketika menerima surat lamaran pekerjaan dari calon karyawan, poin pertama ini sangat sering saya jumpai. Kesalahan ejaan dan tanda baca atau sering kita ketahui dengan istilah "typo" memang terlihat sepele, tetapi bisa berdampak penolakan instan dari perusahaan.

2. Jangan 100% menyalin surat lamaran pekerjaan orang lain.

Poin kedua ini juga sering saya jumpai. Entah karena terburu-buru atau alasan lain, calon pelamar kerja menyalin semua isi lamaran kerja orang lain yang mungkin didapatkan dari internet atau dari sanak saudara,teman,dan lainnya dan hanya mengganti nama, alamat, dan data diri lainnya saja.
Cobalah kreatif dengan memodifikasi kalimat dengan kalimat sendiri agar tidak monoton.
Poin ini juga ikut menentukan akan diterima atau tidaknya surat lamaran pekerjaan  kalian nantinya.


3. Lampirkan data diri yang lengkap dan valid.

Ketika kalian membuat surat lamaran tertulis (dengan kertas), isikan data diri yang lengkap dan informasi diri yang valid. Jika kalian membuat surat lamaran elektronik (softcopy by email), kirimkan dengan alamat email yang mudah dibaca dan email utama kalian.
Hal ini bertujuan untuk melancarkan proses komunikasi antar perusahaan dan calon karyawan yang ingin melamar diperusahaan.

4. Cantumkan kelebihan kalian.

Kelebihan kalian akan menjadi pertimbangan penting oleh perusahaan untuk menentukan apakah kalian pantas atau tidak untuk lolos ke tahap selanjutnya. Jika kalian tidak mencantumkan kelebihan kalian, bagaimana cara perusahaan untuk mengetahui bahwa kalian adalah kandidat yang pantas untuk posisi tersebut? 

5. Buatlah CV yang padat dan lengkap.

Sebagian besar perusahaan tidak membutuhkan CV yang berlembar-lembar. Satu - dua halaman CV  sudah cukup asalkan berisi informasi diri yang lengkap. Untuk kalian yang melamar dibidang IT (semisal programmer,graphic designer,dll), saya sarankan buat CV online untuk menambah nilai plus dan menambah kesempatan diterima. Tentunya buat semenarik mungkin.


Nah itu dia informasi tentang Tips Menulis Lamaran Kerja yang Baik yang perlu kalian ketahui, selamat berjuang dan semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar