Ciri dan Cara Menangani Angin Duduk Angina Pectoris


Selamat sore, kali ini saya akan berbagi mengenai Ciri dan cara menangani Angin Duduk yang efektif (pertolongan pertama). Seperti yang kita ketahui bersama, penyakit angina duduk / Angina Pectoris adalah penyakit yang sangat mirip dengan masuk angina biasa. Perbedaannya terletak pada tingkat bahaya kematian pada korbannya. Ya, Angin duduk adalah penyakit  yang sering disepelekan dikarenakan mirip dengan Masuk Angin Biasa. Yuk kenali ciri-ciri Penyakit Angin Duduk dan Cara menangani Angin Duduk sekarang juga.

Ciri-ciri Angin Duduk / Angina Pectoris :

- Pusing, mual dan kembung yang dialami penderita Angina Pectoris memang nyaris serupa dengan penyakit masuk angin biasa. 
- Dada sesak, nyeri dibagian ulu hati, keluar keringat sebesar jagung, serta badan terasa dingin. 
Sayangnya, hal ini sering tidak disadari sebagai indikasi adanya gangguan pada jantung yang sifatnya kritis.

Menurut dr. Joko, 20% dari keluhan Angina Pectoris yang diperiksakan ke dokter atau rumah sakit ternyata terdeteksi sebagai penyakit jantung koroner akut. Penyakit ini merupakan gangguan pada jantung akibat adanya kelainan pada pembuluh koroner, sehingga darah tidak mampu mengantarkan zat-zat yang dibutuhkan oleh jaringan dinding rongga jantung. Karena itu, jika tidak terdeteksi sejak awal, penderitanya bisa mengalami sudden death / mati mendadak.

Penyakit  Angin duduk itu sendiri berupa perasaan tidak nyaman berkepanjangan, yang terjadi lebih dari 5 menit, akibat menurunnya tekanan darah yang memompa jantung. Akibatnya, jantung membutuhkan lebih banyak oksigen. Karena jantung tidak mampu memompa dengan sempurna, maka pembuluh darah mengadakan reaksi pemulihan berupa kontraksi guna mencukupi pengisian oksigen pada pompa jantung tadi, kontraksi itulah yang menimbulkan keringat dingin pada kulit.

Tips menangani Angin Duduk ketika seorang diri (Pertolongan Pertama) :

- Batuk secara terus menerus dengan semangat/kencang. Tarik nafas yang dalam setiap kali sebelum batuk. 
- Tarik nafas yang dalam dan batuk HARUS terus dilakukan sampai bantuan datang atau sampai detak jantung berasa normal kembali.
- Tarik nafas panjang dan dalam akan menarik banyak oksigen ke paru-paru dan batuk akan menekan jantung yang membuat darah tetap tersirkulasi.
- Tetap jaga kesadaran dengan cara menggaruk garuk jari kelingking dengan ibu jari.
-  Konsumsi Obat Aspirin untuk pertolongan pertama.
- Segera ke rumah sakit / dokter untuk tindak pengobatan lanjutan.

Nah itu dia Ciri dan Cara Menangani Angin Duduk Angina Pectoris. Semoga bermanfaat.



Belum ada Komentar untuk "Ciri dan Cara Menangani Angin Duduk Angina Pectoris "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel



Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel