Tutorial Backup dan Restore Semua Post Blogger



Selamat pagi, kali ini saya akan berbagi mengenai Tutorial Backup dan Restore Semua Post Blogger. Tutorial yang akan saya bahas disini adalah tutorial lengkap dari langkah awal yaitu restore/import data full post hingga restore data full post di blog lain dengan platform blogger. Yuk langsung saja disimak dan dipraktekan.

FYI (For Your Information) : 
Backup : adalah hal yang dilakukan untuk memindahkan data dari tempat A(misal dari server blog) ke tempat B (misal ke komputer kita).
Restore : adalah menggembalikan data dari tempat A (komputer kita) ke tempat B/C (misal ke blog lama atau blog baru kita)

1. Login ke dashboard blogger.com, klik tanda panah kebawah yang ada disebelah kanan menu blog yang akan kalian backup. Disini misal saya ingin membackup data semua post dari leafcoder.org.
Klik Setelan/Setting (lihat gambar dibawah)



2. Selanjutnya klik menu "Lainnya/Others" (lihat gambar dibawah), setelah itu maka akan muncul interface Import & Cadangkan Konten / Restore & Backup. Pilih Cadangkan Konten.



3. Setelah mengklik tombol Cadangkan Konten, maka akan muncul pop up seperti dibawah ini. Klik Simpan ke komputer untuk melakukan backup data semua post blogger.



4. Lihat dibagian pojok kiri bawah, jika sudah berhasil maka akan muncul file download seperti pada gambar dibawah ini. Proses backup data semua post blogger telah selesai.




5. Pada langkah kelima ini adalah tahap restore (sebagai contoh disini saya coba import data semua post lama ke blog baru), Klik Setelan > Lainnya > Import & cadangkan > Klik Import Konten.


6. Checklist captcha yang muncul (1), lalu pilih file backup (2), Klik Open (3), tunggu hingga proses selesai. 


7. Setelah selesai, maka semua data post akan muncul seperti gambar dibawah ini.





Nah itulah Tutorial Backup dan Restore Semua Post Blogger. Jika ada pertanyaan, silahkan tinggalkan pada kotak komentar dibawah. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar