Cara Membedakan Bakso Daging Babi dengan Bakso Daging Sapi




Selamat sore, untuk pertama kalinya saya share informasi umum mengenai tips kuliner sederhana.

Artikel ini saya buat untuk teman-teman yang hobi bahkan freak dengan jajanan rakyat yang sangat populer yaitu Bakso / Meatball.


Yap, sudah sering terdengar ditelinga kita via berita TV maupun portal berita di internet bahwa tidak sedikit penjual "nakal" yang mengoplos daging bakso menggunakan daging Babi / Celeng (babi hutan).
Sungguh ironis, untuk itu ayo cermati baik-baik ciri-ciri Bakso Daging " Asli" dengan Bakso Daging Babi dibawah ini :


1. Cermati Warna bakso 


Perlu diketahui bahwa daging babi termasuk dalam golongan daging white meat karena berwarna pucat atau keabu-abuan, sedangkan daging sapi tergolong daging red meat dengan warna daging pada umumnya berwarna merah gelap, jadi secara kasat mata bisa kita lihat apabila bakso yang sudah matang yang menggunakan daging babi akan berwarna lebih putih/terang dibandingkan dengan bakso yang terbuat dari daging sapi. Akan tetapi ada salah satu daging babi yang memiliki warna mirip dengan daging sapi yaitu daging babi hutan atau celeng (bukan babi ternak), jadi untuk bisa lebih yakin membedakannya silahkan simak ciri selanjutnya.

2. Tekstur Bakso 
Daging babi umumnya lebih berminyak karena banyaknya kandungan lemak yang ada dalam daging, jadi secara kasat mata bisa dilihat apabila bakso tersebut kita ambil dari kuah dan coba di belah dan raba bagian tengah bakso dengan tangan, jika bagian tengahnya terasa berminyak berarti ada campuran daging babi pada bakso tersebut sedangkan bakso sapi bagian dalamnya saat di belah dan diraba lebih kesat.



3. Aroma Bakso 
Dikarenakan kadar lemak yang tinggi pada daging babi, biasanya aroma yang tercium akan lebih tajam dibandingkan dengan daging sapi. Pada bakso yang menggunakan daging babi, aroma yang tercium akan lebih amis walaupun sudah ditutupin oleh berbagai macam rempah-rempah tetap akan tercium bau amisnya, jadi cermati terlebih dahulu sebelum dimakan.


Nah mungkin itu aja yang bisa saya share, sedia payung sebelum hujan ... Jadilah konsumer yang baik dan bijak.

Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membedakan Bakso Daging Babi dengan Bakso Daging Sapi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel



Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel