Apa Perbedaan NFT dan Crypto? Simak Lengkapnya di Sini! - Digital Solutions by Leafcoder

Apa Perbedaan NFT dan Crypto? Simak Lengkapnya di Sini!

 


Semakin berkembangnya teknologi di dalam dunia trading sekarang ini sangat mempermudah siapapun untuk setiap orang memulai trading. Blockchain adalah salah satu teknologi yang salah satu perannya adalah sebagai tempat penyimpanan data digital. Selain itu, blockchain juga mengisi peran sebagai basis sistem yang digunakan dua instrumen aset digital, yaitu NFT dan Crypto. Non-Fungible Token atau NFT adalah token yang tidak bisa dipertukarkan, sedangkan Crypto adalah fungible token yang artinya token yang dapat dipertukarkan.

Perbedaan antara NFT dan Crypto

Dua instrumen aset digital tersebut sama-sama menggunakan blockchain sebagai basis sistemnya, lantas apa yang membedakan lebih jauh antara NFT crypto ini selain token yang tidak bisa dipertukarkan dan token yang dapat dipertukarkan?

Perbedaan Nilai

Pada setiap aset digital NFT nilainya berbeda antara satu NFT dengan NFT yang lainnya. Yang menyebabkan perbedaan masing-masing nilai ini adalah karena setiap aset NFT memiliki karakteristik dan keunikannya sendiri. Semakin suatu aset NFT memiliki tingkat keunikan dan karakteristik yang tinggi dan tingkat kelangkaan yang tinggi, maka nilai atau value NFT tersebut akan semakin mahal.

Sebagai contoh, cuitan pertama dari orang terkenal dunia, yaitu Jack Dorsey seseorang yang menciptakan twitter, berharga senilai puluhan miliar rupiah. Siapa yang sangka, tweet pertama dari orang terkenal di dunia memiliki harga yang sangat fantastis? Keunikan dan kelangkaan karya tersebutlah yang membuatnya memiliki harga fantastis. Belum tentu tweet pertama dari seseorang lainnya dihargai segitu bukan?


BACA JUGA:

5 Alasan Mengapa Biaya Pembuatan Website Mahal

Perbedaan ZIP dan RAR yang Harus Diketahui

Jenis-jenis Video Multimedia yang Wajib Anda Ketahui


Sedangkan pada crypto, nilai yang dimiliki pada setiap asetnya akan sama dengan yang lain. Sebagai contoh, apabila kamu memiliki 1 bitcoin, maka nilainya akan sama dengan 1 bitcoin lainnya yang dimiliki oleh orang lain bukan?

Perbedaan berdasarkan nilai adalah perbedaan yang paling signifikan antara NFT dan crypto.


Cara Mendapatkan

Perbedaan kedua antara NFT dan crypto terletak pada cara mendapatkannya. Biasanya, pada NFT, crypto digunakan sebagai alat transaksi untuk membeli setiap aset digital NFT. Untuk membeli NFT pun kamu harus memiliki dompet digital, setelah itu kamu dapat menghubungkan dompet digital kamu yang cocok dan sesuai yang bisa digunakan dengan platform NFT marketplace yang kamu inginkan. Karena biasanya, setiap platform marketplace NFT memiliki syarat sendiri untuk dompet digital yang digunakan pada platform marketplace NFT tersebut. Setelah itu, kamu bisa membeli crypto untuk mendapatkan NFT yang kamu mau.

Sedangkan untuk memiliki crypto, kamu perlu melakukan riset untuk menentukan platform cryptocurrency terbaik yang akan kamu gunakan. Setelah menentukan pilihan platform, kamu dapat melakukan registrasi pada platform cryptocurrency tersebut. Setelah registrasi, kamu bisa menunggu untuk mendapatkan verifikasi KYC, dan setelah verifikasi KYC di acc, kamu dapat melakukan deposito untuk pertama kalinya untuk membeli aset crypto yang kamu inginkan.

Kolektibel

Kolektibel adalah platform NFT pertama di Indonesia yang menampilkan dan menyediakan aksi dan momen terbaik khusus pada bidang olahraga, seni dan budaya, bahkan hingga lifestyle. Kolektibel sendiri menggunakan Vexanium blockchain sebagai basis tempat penyimpanan data-datanya.

Fyi, Vexanium blockchain adalah public blockchain yang dibuat dan asli dari Indonesia sejak tahun 2018, dan yang paling penting adalah Vexanium blockchain ini sudah menjadi entitas yang legal juga lho, menarik bukan menggunakan platform dan blockchain asli Indonesia?


Semoga dengan membaca artikel ini, dapat membantu kamu dalam mendapatkan NFT, ya!


Posting Komentar

0 Komentar




Hosting Unlimited Indonesia

Cloud Hosting Indonesia